Nur Khotimah | MataMata.com
Daniel Mananta dan Ustaz Abdul Somad [Instagram/ustadzabdulsomad_official]

Matamata.com - Daniel Mananta sempat membahas soal dukun dengan Ustaz Abdul Somad alias UAS untuk kanal YouTube miliknya. Hal ini sempat Daniel Mananta panik.

Awalnya, Daniel Mananta menyinggung pengakuan UAS yang enggan mengikuti salat istisqa atau salat minta hujan. Pembahasan lantas menjurus ke pawang hujan dan dukun.

Baca Juga:
Baim Wong Temui Bocah SD yang Viral karena Kutu, Paras Bu Guru Bikin Salfok: Wajah dan Hati Cantik

Daniel Mananta menanyakan pendapat UAS soal fenomena orang yang lebih percaya kepada dukun dibandingkan Tuhan. Hal ini langsung ditanggapi dengan tegas oleh UAS.

"Saya sendiri penasaran sih karena sekarang ini banyak orang yang mereka lebih berserah sama dukun daripada berserah sama Allah. Pandangan ustaz sendiri bagaimana?" kata Daniel Mananta melansir YouTube Daniel Mananta Network, Sabtu (3/9/2022).

"Apa beda ustaz dengan pawang hujan? Toh dua-duanya melakukan sesuatu yang tidak scientific, yang tidak logis. Ustaz, ulama, kiai, dia berdoa minta sama Allah. Sedangkan dukun, dia minta sama setan. Permintaan itu sama setan, sama musuh Tuhan," jawab UAS.

Baca Juga:
Aurel Hermansyah Disanjung Tak Malu Jualan di Medsos Meski Sudah Tajir Melintir, Netizen Protes: Jangan Dibandingin!

Lebih lanjut, UAS memberikan contoh beberapa cerita tentang fenomena dukun dari zaman dulu. Ia lantas mengucapkan sebuah kalimat yang berhasil membuat Daniel Mananta panik.

Daniel Mananta (MataMata.com/Revi Cofans Rantung)

"Orang lupa bahwa di abad 15 di Eropa itu, di antaran gerakan Renaissance itu menangkap dukun-dukun. Semua dukun-dukun itu dibakar," cerita UAS.

"Jauh sebelum itu, pada masa Umar (Umar bin Khattab) semua dukun ditangkap, disuruh bertaubat. Jadi setelah kira-kira berapa ratus tahun setelah itu, barulah Eropa terinspirasi. 'Kalau kita mau bersih, maka dukun-dukun ini mesti ditangkap'," imbuhnya.

Baca Juga:
Dewi Perssik Disindir usai Umbar Alasan Tak Punya Anak dari Angga Wijaya: Tiga Suami Berantem Terus Kah?

Ucapan UAS inilah yang membuat Daniel Mananta panik karena takut diteror dengan "kiriman". UAS pun tak masalah jika cuplikan dirinya membahas dukun tidak ditayangkan demi keamanan bersama.

Kendati begitu, Daniel Mananta memutuskan untuk tetap menayangkan bagian tersebut. Ia tak gentar jika nantinya benar-benar mendapat teror, sebab punya Tuhan yang lebih kuat.

Ustaz Abdul Somad tak tertarik masuk politik. (YouTube/Danie Mananta Network)

"Ini bakal problem sih," ujar Daniel Mananta sambil tertawa.

Baca Juga:
Penampilan Terbaru Reza Rahadian Bikin Para Fans Geger!

"Boleh di-cut untuk tidak di-upload," timpal UAS juga sambil tertawa.

"Enggak, gue lebih mikirnya kayak kita bakal dikirim-kirimin apa. Tapi itu sih, kalau misalnya dikirimin, ya udahlah. Tuhan gue lebih kuat daripada mereka," tegas Daniel.

"Keyakinan itulah yang membuat setan tidak masuk," kata UAS.

Sementara itu, Daniel Mananta dan UAS membahas banyak hal dalam tayangan Daniel Tetangga Kamu tersebut. Termasuk beberapa cerita pribadi dan masa kecil UAS.

Load More