Daniel Mananta dan Ustaz Abdul Somad [Instagram/ustadzabdulsomad_official]

Matamata.com - Pada saat mengundang ustaz Abdul Somad ke konten YouTube-nya, Daniel Mananta menyinggung ihwal kontroversi ceramah lawas sang pendakwah.

Seperti diketahui, potongan ceramah ustaz Abdul Somad ihwal ada jin kafir di salib Yesus sempat viral pada tahun 2019 silam. 

"Tahun 2019, ada orang yang bilang 'ustaz Abdul Somad bilang ada jin kafir di salib Yesus. Itu saya enggak persue," kata Daniel Mananta.

Baca Juga:
Ustaz Syam Sentil YouTuber Zavilda yang 'Paksa' Wanita Pakai Hijab: Ayolah Dakwah dengan Cerdas

Mulanya, Daniel Mananta mengaku sempat enggan ambil pusing dengan potongan video ceramah kontroversi ustaz Abdul Somad tersebut.

"Saya kayak 'ya sudah lah hak-hak dia kalau mau ngomong apa, terserah dia'. Sampai akhirnya tadi pagi, baru saya memberanikan diri nonton video tersebut," sambungnya.

Ustaz Abdul Somad alias UAS. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

Seiring waktu berjalan, Daniel Mananta akhirnya memberanikan diri menonton potongan video ceramah kontroversi ustaz Abdul Somad.

Baca Juga:
Ustaz Abdul Somad Jawab Tragedi Dideportasi Singapura, Ungkap Fakta Lain soal Isu Radikalisme

Usai menontonnya, Daniel Mananta menilai ada intensi tersembunyi di balik ceramah kontroversi ustaz Abdul Somad.

"Ketika saya nonton, saya ngerasa ada 2 momen di mana ustaz kayak terkena masalah. Dan 2 momen tersebut adalah ketika ustaz lagi menjawab pertanyaan dari orang," tuturnya. 

Daniel Mananta (Youtube.com)

Selaras dengan Daniel Mananta, ustaz Abdul Somad mengungkap ceramah lawasnya sengaja diviralkan oleh orang tidak bertanggung jawab demi kepentingan politik.

Baca Juga:
Ustaz Abdul Somad Bicara soal Dukun dengan Daniel Mananta: Kalau Kita Mau Bersih, Harus Ditangkap

Oleh karena itu, ustaz Abdul Somad memberikan klarifikasi melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) ihwal potongan video ceramahnya yang disunting oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Saya pun tidak ingat rekaman itu sekitar tahun 2015/2016. Tapi, karena politik bisa didapat. Lalu di-cut, dipotong, diedit dan sebagainya," kata UAS.

Perihal itu, sejumlah netizen turut memberikan respons dan komentar yang beragam.

Baca Juga:
Dituding Radikal, Ustaz Abdul Somad Bongkar Sikapnya ke Teman Non Muslim: Chat WA Jadi Bukti!

"Luar biasa UAS sangat menginspirasi," tulis seorang netizen, "Kalimat UAS menggetarkan hati saya," ujar netizen lain, "Seorang ulama yang cerdas," ucap netizen yang lainnya.

Load More