Nur Khotimah | MataMata.com
Ustaz Syam. (Insytagram/@syam_elmarusy)

Matamata.com - Publik belakangan dibuat heboh dengan unggahan YouTuber Zavilda. Pemilik kanal YouTube Zavilda TV itu dinilai memaksa wanita untuk berhijab dalam salah satu kontennya.

Unggahan tersebut lantas membuat gaduh hingga Ustaz Syam ikut angkat bicara. Melalui akun TikTok miliknya, Ustaz Syam mengaku banyak diminta netizen untuk mengomentari aksi YouTuber Zavilda.

"Ada beberapa netizen yang nge-tag saya di kontennya Zavilda itu yang ngasih orang hijab, ngasih orang cadar, (ngasih) hijab panjang untuk dipakai," buka Ustaz Syam dalam video TikToknya, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga:
Harga Beskap Baby Leslar Ternyata Murah, Netizen Takjub: Dipakai Dia Kelihatan Mahal!

"Dalam Islam memang (ada perintah) saling menghadiahilah kalian maka kalian saling mencintai. Tapi saya rasa di Indonesia ini khususnya, tidak ada satu pun muslimah yang tidak tahu bahwa hijab itu wajib," imbuhnya.

Ustaz Syam kemudian mengingatkan bahwa bukan hanya wanita, tapi aurat laki-laki juga seharusnya ikut diperhatikan. Ayah satu anak ini lantas menyentil teman YouTuber Zavilda yang terlihat mengenakan celana robek-robek saat membuat video klarifikasi.

"Malah lebih banyak yang tidak tahu untuk menutup aurat laki-laki. Contohnya temannya Mbak Zavilda itu tadi. Lututnya kelihatan. Nabi SAW itu lebih banyak berdakwah dengan akhlak perbuatan dibanding dengan ucapan," lanjut Ustaz Syam.

Baca Juga:
Ustaz Abdul Somad Jawab Tragedi Dideportasi Singapura, Ungkap Fakta Lain soal Isu Radikalisme

Youtuber Zavilda TV atau Vilda Emon siap klarifikasi soal konten paksa wanita berhijab. (Instagram/vilda_emon)

Dalam videonya, Ustaz Syam juga mengingatkan agar tidak merendahkan untuk meninggi, apalagi ketika berdakwah. Ia pun mengajak siapa pun untuk berdakwah dengan cara yang santun dan cerdas.

"Apalagi banyak orang dengan bergaya merendahkan dirinya. Padahal orang merendahkan dirinya di depan umum itu artinya dia sedang meninggikan dirinya. Ayolah kita berdakwah dengan santun, dengan indah, dengan cerdas, gitu ya," pungkas Ustaz Syam.

Tanggapan Ustaz Syam cukup banyak mencuri perhatian di media sosial TikTok hingga berhasil ditonton lebih dari 600 ribu kali dan mendapat ratusan komentar dari netizen.

Baca Juga:
5 Film Rachel Amanda, Perannya di Mencuri Raden Saleh Menarik Banget

"Dia lupa harunya mengingatkan yang dekat dulu baru yang jauh," ujar netizen. "Mantap stad, akhirnya speak up juga," imbuh yang lain. "Akhirnya yang ditunggu-tunggu," komentar lainnya.

"Masya Allah, ustaz dapet aja ultinya," celetuk netizen. "Padahal dakwah paling baik adalah akhlak yang baik," komentar yang lain lagi. "Setuju," ujar netizen sepakat. "Bener banget," pungkas yang lain.

Baca Juga:
Soimah Bikin Foto Keluarga Pakai Adat Jawa, Posenya Kocak Banget: Anaknya Kok Nurut Aja?

Load More