Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/rinanose12)

Matamata.com - Selama ini memiliki anak dianggap sebagai suatu keharusan dalam kehidupan masyarakat. Padahal keputusan untuk menikah atau memiliki anak merupakan hak pribadi dan personal.

Beberapa tahun ke belakang anggapan tersebut mulai goyah seiring munculnya wacana childfree atau hidup tanpa memiliki anak. Beberapa artis papan atas dari Indonesia hingga mancanegara bahkan telah menyuarakan dengan lantang keinginan mereka untuk tidak punya anak.

Ada banyak alasan yang membuat para artis enggan punya anak. Mulai dari trauma masa kecil, kesadaran akan banyaknya populasi manusia, sampai karena tak ingin menambah masalah. Nah, berikut daftar artis yang tak ingin punya anak baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Baca Juga:
Diduga Selingkuh Selama Setahun, Adam Levine Berniat Namai Anaknya dengan Nama Selingkuhan

1. Cinta Laura

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/claurakiehl)

Kondisi bumi yang kelebihan populasi menjadi alasan utama Cinta Laura tak ingin punya anak. Cinta merasa tak perlu baginya untuk satu lagi manusia dari rahimnya, sebab dapat mengadopsi dan mengasuh anak-anak lain yang tak dapat kasih sayang. 

2. Gita Savitri

Baca Juga:
Fuji Bikin Konten Mukbang Bareng TikToker Una, Outfit Kecenya Sedot Atensi, Murah Jadi Mewah

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/gitasav)

Keputusan Gita Savitri untuk tidak memiliki anak sempat menjadi sorotan netizen Indonesia. Gita Savitri dan suaminya Paul Andre Partohap yang kini menetap di Jerman merasa merawat anak butuh tanggung jawab besar. Hingga keduanya sepakat untuk hanya hidup berdua tanpa anak. 

3. Anya Dwinov

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/anyadwinov)

Anya Dwinov tak ingin punya anak dengan alasan yang cukup mirip Cinta Laura. Menurutnya populasi manusia yang tinggal di bumi begitu. Ia tak ingin menambah 'beban' di bumi. 

Baca Juga:
Sinopsis Till Death, Aksi Megan Fox Hadapi Pembunuh Bayaran

4. Miley Cyrus

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/mileycyrus)

Penyanyi asal Amerika Serikat, Miley Cyrus mengaku tak punya rencana dan keinginan memiliki anak. Hal itu ia sampaikan dalam wawancaranya dengan majalah Elle di tahun 2019 silam. Kondisi bumi yang tak lagi sehat jadi alasan ia ingin hidup tanpa anak.  

5. Oprah Winfrey

Baca Juga:
10 Potret Lamaran Glenca Chysara dan Rendi Jhon, Rilis Lagu Duet sebagai Kado

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/oprah)

Presenter kondang Oprah Winfrey juga putuskan untuk childfree. Ia merasa bahwa punya anak bukan hal yang tepat baginya. Jadi ia pun memutuskan untuk hidup tanpa anak kandung. Tapi Oprah juga punya banyak anak asuh yang ia cukupi kebutuhannya.

6. Jennifer Aniston

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/jenniferaniston)

Bintang serial Friends, Jennifer Aniston menyuarakan kesadaran bahwa perempuan akan tetap utuh meski tak menikah dan tidak punya anak. Dirinya sendiri memang memilih untuk tidak memiliki anak. 

7. Ashley Judd

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/ashley_judd)

Seperti Cinta Laura, Ashley Judd pun beranggapan bahwa mengadopsi anak-anak yatim lebih baik daripada memiliki anak sendiri. Baginya masih banyak anak di luar sana yang butuh kasih sayang.

8. Alison Brie 

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/alisonbrie)

Meski sudah menikah, Alison Brie memilih tidak punya anak. Ia sudah sepakat dengan suaminya, Dave Franco atas keputusannya itu. Alasannya karena Alison merasa tak akan mampu untuk mengasuh bayi.

9. Rina Nose

Artis yang Tak Ingin Punya Anak. (Instagram/rinanose12)

Terbaru ada Rina Nose, ia tak ingin memiliki anak, padahal ia sudah 3 tahun menikah dengan Josscy Vallazza Aartsen. Rina pun sering ditanya kapan punya momongan. Hal ini ia ungkap saat berbincang dengan Melaney Ricardo. Alasannya karena ia ingin mengeliminasi masalah dalam rumah tangganya. Kehadiran anak pasti akan membawa masalah, tapi ia memuji orang tua yang bisa merawat anak sambil tetap bekerja.

Mengetahui berbagai alasan tadi, jadi lebih paham mengapa para artis memutuskan untuk tidak ingin punya anak. Memiliki anak atau tidak adalah keputusan pribadi dengan pasangan. Namun, semua perempuan harus yakin bahwa dirinya akan tetap utuh dengan atau tanpa anak. Bagaimana denganmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More