Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Matamata.com - Sejumlah publik figur turut memberikan komentar ihwal kerusuhan yang menewaskan 127 korban di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022).

Berikut adalah 7 publik figur yang memberikan komentar berupa ucapan belasungkawa hingga kritik pedas soal tragedi Kanjuruhan.

1. Gus Miftah 

Baca Juga:
Najwa Shihab Tanggapi Kerusuhan di Kanjuruhan: Ini Tragedi Luar Biasa Besar

Gus Miftah. (Instagram/@gusmiftah)

Seraya mengisakan tangis, Gus Miftah mengucapkan belasungkawa kepada 127 korban wafat akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

"Innalillahi wa innailahi rajiun. Tidak layak kiranya nilai satu nyawa pun melayang gara-gara sepakbola. Apa yang kita bela? Sepakbola bukan agama," katanya.

2. Krisdayanti 

Krisdayanti (instagram/@krisdayantilemos)

Sebagai anggota DPR sekaligus penyanyi, Krisdayanti mengutarakan ekspresi duka kepada 127 korban wafat akibat tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga:
127 Korban Wafat di Tragedi Kanjuruhan, Ernest Prakasa Speechlees: Ya Tuhan!

"Satu nyawa pun sudah terlalu banyak, sudah amat sangat banyak. Apalagi ini. Tidak ada sepakbola yang seharga nyawa," ujarnya.

3. Yuni Shara 

Yuni Shara. (Instagram/yunishara36)

Selaras dengan sang kakak, Yuni Shara juga mengaku terpukul dengan kabar duka wafatnya 127 korban dalam insiden di Kanjuruhan.

Baca Juga:
Yuni Shara Berduka untuk Kanjuruhan, Perlihatkan Momen Mencekam saat Muncul Gas Air Mata

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Turut Belasungkawa sedalam dalamnya Atas kejadian yang menimpa para pecinta Bola Tanah Air yang berada di Stadion Kajuruhan Malang," tuturnya.

4. Young Lex 

Young Lex (MataMata.com/Alfian Winanto)

Sementara itu, Young Lex mengaku geram dengan oknum supporter yang memicu kerusuhan sehingga terkesan menodai Hari Kesaktian Pancasila.

Baca Juga:
Malang Berduka, Young Lex Ngaku Marah Sekaligus Sedih soal Tragedi Stadion Kanjuruhan

"Gue jarang banget bangun pagi, sekalinya bangun pagi liat berita buruk kaya gini semua rasa bercampur aduk. MARAH SEDIH KESAL GERAM 1 Oktober harusnya memperingati hari KESAKTIAN PANCASILA," ucapnya.

5. Ernest Prakasa 

Ernest Prakasa. (Instagram/ernestprakasa)

Selain ucapan duka, Ernest Prakasa mengkritik penggunaan gas air mata yang dilakukan polisi untuk meredakan kerusuhan.

"Mohon maaf nih Pak Kapolda, tapi gas air mata di dalam stadion itu dilarang oleh FIFA. Mungkin alasannya ya supaya tragedi seperti ini enggak terjadi," katanya.

6. Najwa Shihab 

Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Di sisi lain, Najwa Shihab lantang mengkritik pihak otoritas yang bertanggung jawab dalam gelaran Liga sepakbola di Indonesia.

"Langkah-langkah luar biasa mutlak dilakukan oleh semua otoritas tertinggi di negeri ini untuk menghukum yang bersalah, merombak yang memang harus dirombak," tuturnya

7. Eko Maung 

pengamat sepakbola Eko Maung (Instagram/@ekomaung69)

Terakhir, pengamat sepakbola Eko Maung mendesak adanya revolusi pengamanan sepakbola di Indonesia yang jauh lebih baik sesuai standar FIFA.

"Jangan cuma ditunda! Perlu ada revolusi terkait pengamanan sepakbola di Indonesia," ucapnya.

Load More