Ade Wismoyo | MataMata.com
Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Matamata.com - Baim Wong mungkin memulai karier sebagai model dan aktor. Tapi kini ia lebih dikenal sebagai YouTuber dan konten kreator dengan subscribers mencapai lebih dari 20 juta. Sayang konten yang dibuatnya dinilai nir-empati alias minim rasa empati, terutama konten terbarunya prank KDRT.

Seperti diketahui Lesti Kejora tengah disorot karena menjadi korban dugaan KDRT oleh Rizky Billar. Namun, tak lama setelah pemberitaan Lesti yang menghebohkan Baim Wong justru membuat konten prank polisi dengan meminta Paula berpura-pura menjadi korban kekerasan..
Konten itu segera saja menuai kecaman tak hanya dari netizen tapi juga dari rekan sesama selebriti. Banyak yang menuduh Baim rela melakukan apa saja demi cuan hingga menghilangkan empatinya pada korban-korban kekerasan di Indonesia. 

Ini bukan kali pertama Baim Wong menuai kecaman karena kontennya. Dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa konten kontroversial Baim Wong yang bikin gerah netizen.

Baca Juga:
Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula Verhoeven: Ini Pembodohan Masyarakat!

1. Prank tukang parkir

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Konten prank menjadi konten yang cukup banyak digarap oleh Baim Wong dan timnya. Salah satu kontennya yang jadi kontroversi adalah prank tukang parkir di Surabaya. Si tukang parkir yang tidak tahu siapa Baim, dikerjai dengan dirinya pura-pura sebagai anak dari Gubernur Jawa Timur. Anehnya konten prank ini didukung oleh pihak kepolisian terdekat yang juga bekerja sama dengannya. Si tukang parkir dikerjain bahwa dirinya akan masuk ke penjara sampai membuatnya ketakutan.

2. Konten memarahi Kakek Suhud

Baca Juga:
7 Potret Rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar, Garasi Dipenuhi Mobil Mewah!

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Baim sering melakukan aksi bagi-bagi duit bagi mereka yang membutuhkan untuk kontennya. Namun, saat bertemu dengan Kakek Suhud, Baim justru mendapat kecaman sampai kehilangan sekitar 300 subscribers. Hal ini karena dalam konten itu, Baim tidak membantu Kakek Suhud dan justru memarahinya. Padahal ia sendiri yang membangun citra sebagai orang dermawan hingga banyak yang minta tolong padanya termasuk Kakek Suhud. Setelah ramai dikecam, Baim meminta maaf dan berdamai dengan Kakek Suhud.

3. Borong burung untuk dilepaskan

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Baim merasa kasihan dengan burung-burung yang dikurung dalam sangkar dan diperjual belikan. Hal tersebut membuatnya memborong delapan burung yang dijual di pinggir jalan seharga Rp 500 ribu. Baim Wong mendapatkan kecaman dari netizen usai membuat konten tentang burung. Baim membawa burung yang sudah diborongnya itu dan dilepaskan di depan istri dan putranya. Bukannya mendapat pujian, Baim justru menerima hujatan. Banyak yang merasa ia membeli burung itu dengan harga terlalu murah sampai membuat penjual merugi. 

Baca Juga:
Celine Evangelista Doakan Lesti Sambil Bermukena, Penampilannya Adem Banget

4. Bongkar identitas gadis SD berkutu

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Seorang siswi SD di Kota Solo pernah viral karena memiliki banyak kutu di rambutnya. Baim dihujat atas kunjungannya ke rumah Tamara, sebab ia tidak menyamarkan wajah Tamara dan keluarganya. Meski Baim membelikan sepeda lipat untuk gadis kecil itu dan juga uang untuk ibunya, hujatan tetap diterima Baim. Ia dinilai memanfaatkan Tamara dan keluarga. Ia pun dibandingkan dengan Vera, guru dalam video Tamara yang viral. Sebab dalam video, Vera sama sekali tidak menampilkan wajah dari Tamara.

5. Beli 500 juta pada Bonge

Baca Juga:
Raffi Ahmad Beri Rizky Billar Wejangan, Berkaca dari Pengalaman Tertangkap BNN

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Baim dan Paula pernah sempat mendapat pujian karena memberikan uang senilai Rp 500 juta untuk Bonge, ikon Citayam Fashion Week. Bahkan Paula datang sendiri ke rumah Bonge untuk mengantar uang tersebut. Hal ini terungkap dari salah satu konten di kanal YouTube miliknya. Uang tersebut diungkap untuk menggelar Citayam Fashion Week dan banyak yang mengira Bonge beneran menerima uang itu. Tapi nyatanya lewat akun TikTok @BongeCitayem, ia memberikan klarifikasi bahwa tak menerima uang dari Baim. 

6. Daftarkan Citayam Fashion Week jadi merk dagang

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Usut punya usut, setelah mendekati Bonge dan menawarkan uang setengah miliar, Baim dan Paula mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merk dagang. Sontak saja mereka menjadi sasaran hujatan netizen, Banyak yang menuduh mereka ingin menguasai apa yang sebenarnya dimulai dan dimiliki oleh rakyat kecil. Alhasil Baim menarik pendaftaran tersebut dan meminta maaf.

7. Kunjungi lokasi kebakaran kawasan Simprug

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Sebagai orang dengan citra dermawan, Baim Wong berkunjung ke lokasi kebakaran di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Ia mendatangi sebuah warteg yang selamat dari musibah itu. Ia penasaran mengapa warteg itu bisa utuh tak terbakar, sang pemilik warteg juga meminta bantuan pada Baim untuk dibantu memperbaiki listrik agar bisa kembali jualan. Sayangnya usai kunjungan Baim itu, warteg tersebut justru menjadi sasaran vandalisme warga. Banyak coretan berisi protes dari warga setempat di dinding warteg.

8. Prank KDRT

Konten Kontroversial Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Terkini Baim Wong menuai hujatan dan kecaman dari netizen se-Indonesia karena konten terbarunya. Bahkan rekan sesama seleb pun mengkritik aksi Baim yang dinilai tak berempati pada korban kekerasan dalam rumah tangga. Konten ini dibuat persis setelah Lesti Kejora melaporkan suaminya Rizky Billar atas dugaan KDRT. Tak main-main, yang diprank oleh Baim adalah polisi. Paula berpura-pura menjadi korban KDRT dan melaporkan Baim. Sadar aksinya dikecam, Baim dan Paula pun segera menghapus kontennya lalu meminta maaf pada polisi. Keduanya juga meminta maaf pada masyarakat lewat akun Instagram masing-masing. 

Walau diunggah ke kanal YouTube pribadi, sudah seharusnya konten yang dibuat memberikan manfaat. Apalagi dengan status seleb yang disandangnya, ada tanggung jawab besar atas apa yang dilakukan. Sebab sebagai publik figur semua tindakannya akan dilihat dan dicontoh oleh orang lain terutama mereka yang mengidolakan. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More