Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (YouTube/Netflix)

Matamata.com - Dirilisnya film Blonde oleh Netflix segera menjadi perhatian pecinta film di seluruh dunia. Betapa tidak, film yang menceritakan sisi kelam kehidupan seorang Norma Jeane Mortenson atau lebih dikenal dengan Marilyn Monroe.

Blonde yang fokus mengisahkan kepedihan hidup Marilyn Monroe bukan satu-satunya film tentang dirinya. Sebelumnya sudah banyak film yang mengangkat tentang kisah hidup Marilyn Monroe. Sederet artis Hollywood pun didapuk untuk memerankan sosok artis dan penyanyi asal Amerika Serikat tersebut.

Termasuk Ana de Armas yang menuai pujian atas totalitas aktingnya di film Blonde. Ya dari banyaknya ulasan negatif tentang Blonde, Ana de Armas justru banjir pujian atas aktingnya. Ana de Armas bukan artis pertama yang meraih pujian atas perannya sebagai Marilyn Monroe. Penasaran siapa saja artis yang pernah memerankan Marilyn Monroe? Ini dia daftarnya.

Baca Juga:
8 Potret Rachel Vennya Momong Anak, Tetap Modis Meski Repot

1. Misty Rowe dalam Goodbye, Norma Jean (1976)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (IMDb)

Aktris pertama yang memerankan karakter Marilyn Monroe adalah Misty Rowe. Mendapat peran ini membuat Rowe tertekan lantaran publik masih ingat dengan jelas sosok ikonik Marilyn Monroe. Goodbye, Norma Jean mendapat ulasan kurang positif lantaran dianggap kurang akurat. Namun, akting Misty Rowe banjir pujian karena membawa penonton bernostalgia pada sosok Marilyn Monroe.

2. Susan Griffiths dalam Marilyn and Me (1991)

Baca Juga:
5 Artis Indonesia yang Punya Nama Belakang Sama dengan Seleb Luar, Ada Hubungan Darah?

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (IMDb)

Marilyn and Me mengangkat kisah cinta Marilyn Monroe dengan jurnalis yang mengklaim pernah menikah dengannya. Sosok Marilyn Monroe diperankan oleh Susan Griffiths, yang dikenal sebagai tiruan Monroe sebelum terjun jadi artis. Tak heran jika Griffiths mampu menunjukkan ekspresi, gaya bicara, sampai gerak tubuh Monroe secara akurat.

3. Melody Anderson dalam Marilyn and Bobby: Her Final Affair (1993)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (IMDb)

Totalitas Melody Anderson saat bermain dalam Marilyn and Bobby: Her Final Affair patut dipuji. Dalam persiapannya, Anderson membaca banyak buku biografi dan menonton film Monroe. Sementara untuk ceritnya sendiri berfokus pada hubungan asmara antara Marilyn Monroe dengan keluarga Kennedy.

Baca Juga:
7 Drama Korea Tentang Nikah Kontrak, Dari Full House Hingga Love In Contract

4. Mira Sorvino dalam Norma Jean & Marilyn (1996)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (YouTube/PVR Pictures)

Norma Jean & Marilyn melibatkan dua artis yang memerankan sosok Marilyn Monroe dan Norma Jean. Adalah Mira Sorvino yang memerankan versi Marilyn Monroe yang tenar dan jadi artis di industri hiburan. Marilyn Monroe yang diperankan Sorvino ini diceritakan mencoba menghapus masa lalunya sebagai Norma Jean. Berkat aktingnya, Mira Sorvino sukses membawa pulang penghargaan sebagai Aktris Terbaik dalam ajang Golden Globe Awards juga lewat ajang Primetime Emmy Awards.

5. Ashley Judd dalam Norma Jean & Marilyn (1996)

Baca Juga:
Rizky Billar Dipecat D Academy, Baim Wong Minta Maaf soal Prank KDRT

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (IMDb)

Selain Mira Sorvino, Norma Jean & Marilyn juga menggandeng Ashley Judd. Ia memerankan versi Norma Jean yang merupakan masa lalu sebelum dirinya menjadi artis. Ashley Judd pun meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam ajang Golden Globe Awards dan Primetime Emmy Awards.

6. Michelle Williams dalam My Week with Marilyn (2011)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (IMDb)

My Week with Marilyn berkisah tentang hubungan asmara Marilyn Monroe dengan sutradara Colin Clark. Sosok Marilyn Monroe diperankan oleh Michelle Williams yang sangat total dalam aktingnya. Ia memakai gesper di bagian lututnya agar bisa berjalan seperti mendiang sang diva. Totalitasnya diganjar dengan masuknya Williams dalam nominasi Aktris Terbaik Oscar 2012.

7. Poppy Montgomery dalam Blonde (2001)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (People.com)

Sebelum Andrew Dominik menggarap Blonde (2022), miniseri berjudul sama yang juga diangkat dari novel karya Joyce Carol Oates pernah digarap pada 2011. Kala itu sosok Monroe dimainkan oleh aktris berkebangsaan Australia Poppy Montgomery. 

8. Kelli Garner dalam The Secret Life of Marilyn Monroe (2015)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (IMDb)

The Secret Life of Marilyn Monroe merupakan miniseri yang menceritakan masa muda Monroe. Dibintangi Kelli Garner sebagai Monroe, miniseri ini juga menghadirkan trauma yang dirasakan sang diva. Garner dianggap berhasil memperlihatkan sisi kelam kehidupan Monroe yang belum terungkap sebelumnya.

9. Ana de Armas dalam Blonde (2022)

Artis yang Pernah Memerankan Marilyn Monroe. (YouTube/Netflix)

Terbaru ada Ana De Armas yang bermain dalam film Blonde. Ana de Armas mendapat banyak pujian atas aktingnya sebagai Monroe di saat filmnya sendiri banjir kritik. Hal ini tak lepas dari totalitasnya, Ana de Armas harus dirias selama sekitar 3,5 jam. Sebelum memakai wig, kepalanya harus ditutup dengan latek agar rambut aslinya tertutup. Selain itu, ia telah berlatih bicara dengan aksen Marilyn selama 9 bulan. Hasilnya ia mampu bicara dengan lembut dan menggoda mirip dengan Monroe agar bisa bicara dengan lembut dan menggoda.

Dari sederet artis yang pernah berperan sebagai Marilyn Monroe tadi, mana yang paling memukau?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More