Ade Wismoyo | MataMata.com
Rizky Billar. (MataMata.com/Adiyoga Priyambodo)

Matamata.com - Pihak Polres Metro Jakarta Selatan menyampaikan perkembangan terkini terkait proses restorative justice Rizky Billar dan Lesti Kejora dalam kasus KDRT.

Meskipun sudah dicabut oleh Lesti, tetap ada potensi kasus itu terus dilanjutkan prosesnya.

"Lagi berlangsung, masih berproses," ujar Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi, Senin (17/10/2022).

Baca Juga:
Arie Untung Buru Lokasi Guru SMA yang Viral Hajar Murid: Gemes Lihatnya

Rizky Billar. (MataMata.com/Adiyoga Priyambodo)

Nurma menerangkan, Rizky Billar dan Lesti Kejora masih berusaha memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk pemberlakuan restorative justice.

"Semua kan ada persyaratannya, ada materiil dan formil. Nah, itu syarat-syarat itu yang harus dipenuhi dan masih kami proses," ujarnya.

Nurma kemudian membeberkan bentuk syarat yang harus dipenuhi Rizky Billar dan Lesti Kejora untuk mencapai restorative justice.

Baca Juga:
'Bisa Buat Bayar Kontrakan Setahun', Harga Kemeja Sederhana Aurel Hermansyah Bikin Syok

Diantaranya seperti dukungan masyarakat bagi Rizky Billar dan Lesti Kejora untuk menyelesaikan kasus KDRT lewat jalur damai yang sampai saat ini masih jadi kendala.

"Kalau materiil itu, salah satu kendalanya ada penolakan dari masyarakat. Kalau formalnya, sudah cabut laporan, sudah ada perdamaian," katanya.

Lesti Kejora bersama ayahnya Endang Mulyana. (MataMata.com/Oke Atmaja)

Bahkan bila pada akhirnya masyarakat tetap menolak adanya perdamaian antara Rizky Billar dan Lesti Kejora, proses restorative justice tidak bisa dilakukan.

Baca Juga:
Wanda Hamidah Puji Sikap Kapolsek Menteng, Usir Satpol PP dan Preman dari Kediamannya: Semua Bubar

Namun untuk saat ini, polisi masih meminta awak media untuk bersabar menunggu upaya Rizky Billar dan Lesti Kejora dalam memenuhi syarat restorative justice.

"Itu yang lagi kami tunggu, proses dulu," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Lesti Kejora membuat laporan KDRT yang dilakukan Rizky Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan pada 28 September 2022.

Baca Juga:
Nagita Slavina Pakai Tas 'Sejuta Umat', Harganya Disorot: Gila Mahal Banget

Dalam kronologi kejadian di berkas laporan, Lesti Kejora mengaku dicekik hingga dibanting karena minta dipulangkan ke rumah orang tuanya usai mendapati bukti perselingkuhan Rizky Billar.

Dari hasil pemeriksaan, Rizky Billar kemudian ditetapkan sebagai tersangka pada 12 Oktober 2022 dan ditahan satu hari setelahnya.

Namun setelah Rizky Billar ditahan, Lesti Kejora datang ke Polres Metro Jakarta Selatan untuk memproses pencabutan laporan KDRT dan meminta penahanan suaminya ditangguhkan.

Meski begitu, Lesti Kejora juga membuat surat perjanjian dengan Rizky Billar. Di mana sang pedangdut akan langsung bertindak andai suaminya mengulang kesalahan yang sama.

Saat ini, Rizky Billar dan Lesti Kejora sudah tinggal satu rumah lagi seperti sebelumnya. (Adiyoga Priyambodo)

Load More