Yohanes Endra | MataMata.com
Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/ferdinan_sule)

Matamata.com - Kabar tak terduga datang dari Entis Sutisna atau yang lebih dikenal dengan nama Sule. Pada Rabu, 23 November 2022, komedian satu ini dilaporkan ke polisi atas dugaan kasus penistaan agama dan UU ITE oleh ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (AMPERA).

Penyebabnya adalah reaksi tertawa Sule saat Budi Dalton menyebut miras sebagai singkatan dari minuman Rasulullah dalam sebuah konten YouTube. Nah, selain Sule ternyata ada beberapa artis yang juga pernah terseret kasus serupa.

Siapa saja? Yuk, simak daftar seleb terseret kasus penistaan agama berikut ini!

Baca Juga:
Ngakak Dengar Miras Minuman Rasulullah, Sule Kini Dangdutan di Acara Maulid Nabi: Miris!

1. Andre Taulany

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/andreastaulany)

Rekan sesama komedian Sule, Andre Taulany juga pernah dilaporkan oleh PA 212 karena salah satu guyonanya di televisi. Perkataannya tentang "Nabi Muhammad itu badan atau kebon?" Itupun akhirnya menyeretnya dalam kasus penistaan agama.

2. Joshua Suherman

Baca Juga:
Potret Bayi Nathalie Holscher Terkuak, Pantas Adzam Tak Mirip Sule

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/jojosuherman)

Pelantun lagu Diobok-obok ini juga pernah dilaporkan ke Bareskrim lantaran materi stand up komedi yang dibawakannya. Dalam video di kanal YouTube Majelis Lucu Indonesia itu, Suherman diduga menyebut Anisa lebih unggul dari Cherly eks Cherrybele karena beragama Islam.

3. Ahmad Dhani

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/ahmadbandofficial)

Musisi satu ini juga pernah dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun setelah diduga menistakan agama dan menyebarkan ujaran kebencian. Kasus ini pun berawal dari tiga cuitannya di Twitter hingga akhirnya dinyatakan bersalah.

Baca Juga:
Momen Menegangkan Ulang Tahun Sule: Nathalie Bawa Pacar, Adzam Nangis Kejer

4. Atta Halilintar

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/attahalilintar)

Atta Halilintar juga pernah terseret kasus dugaan penistaan agama pada tahun 2019 lalu. Karena aksinya menjadikan praktik ibadah sebagai konten YouTube, suami Aurel Hermansyah ini pun dilaporkan oleh LSM KPK.

5. Ernest Prakasa

Baca Juga:
Sule Terancam 5 Tahun Penjara, Diduga Tertawakan 'Miras Minuman Rasulullah'

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/ernestprakasa)

Tak beda jauh dengan Ahmad Dhani, Ernest Prakasa juga terlibat kasus dugaan penistaan agama karena cuitannya. Salah satu cuitannya diduga telah menistakan seorang tokoh ulama hingga menyebabkan dirinya diboikot.

6. Ge Pamungkas

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/gepamungkas)

Ge Pamungkas terseret dugaan kasus serupa lantaran potongan video yang menampilkan dirinya saat berkata, "Sesungguhnya Allah memberi cobaan kepada yang Dia cintai. Cintai apaan?" Hal inipun akhirnya menyebabkan kontroversi.

7. Budi Dalton

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/artgram)

Youtuber sekaligus aktor Budi Dalton juga dipolisikan karena perkataannya yang diduga menyinggung Rasulullah SAW. Budayawan Sudna satu ini diduga menyebut bahwa miras merupakan singkatan dari minuman Rasulullah.

8. Sule

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/ferdinan_sule)

Masih berkaitan dengan ucapan Budi Dalton yang kontroversial, kini Sule juga dilaporkan karena diduga melakukan penistaan agama. Ayah Rizky Febian ini dilaporkan ke Metro Jaya pada Rabu, 23 November 2022 lalu karena tertawa dengan perkataan Budi Dalton tentang Rasulullah SAW.

9. Mang Saswi

Seleb Terseret Kasus Penistaan Agama (Instagram/mangsaswireal)

Berada dalam satu drama dengan Sule dan Budi Dalton, Mang Saswi akhirnya ikut terseret dalam dugaan kasus serupa. Sama halnya Sule, dirinya juga hanya tertawa terhadap perkataan Budi dimana sikapnya tersebut sangat disayangkan.

Ketiganya pun terancam hukuman maksimal lima tahun penjara akibat laporan tersebut.

Itu dia sederet seleb terseret kasus penistaan agama bahkan hingga dihukum penjara.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More