Yohanes Endra | MataMata.com
Potret Kaesang dari masa ke masa. (Instagram/kaesangp)

Matamata.com - Publik dihebohkan dengan kabar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dijaga oleh 10.800 personel aparat gabungan. Gara-gara itu, pernikahan Kaesang dibandingkan dengan pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris.

Netizen di Twitter mengeluhkan kehadiran aparat yang dinilai mengganggu. Dalam cuitannya, pernikahan putra presiden ini dinilai tidak pantas dijaga oleh begitu banyak aparat.

"Kalau pernikahan Pangeran Charles dan Lady Di dijaga 10.800 lebih pasukan Royal Navy di gedung kerajaan Inggris Raya itu wajar dan pantas, karena mereka memang anak Raja dan Ratu yang berdarah biru dan cara itu memang ada hubungannya dengan Kerajaan, kalau anak Presiden pantas nggak?" tulis akun @Ananda******* dikutip pada Kamis (8/12/2022).

Baca Juga:
Erina Gudono Siraman Pakai Air Zam Zam Jelang Dinikahi Kaesang

Cuitan akun Twitter yang membandingkan pernikahan Kaesang dengan Pangeran Charles dan Putri Diana itu menjadi sorotan. Pasalnya, Inggris dan Indonesia memiliki sistem pemerintahan yang berbeda. Oleh karena itu, warganet lain menilai meski bukan keturunan kerajaan pengawalan pernikahan Kaesang Pangarep pantas karena ia anak presiden.

Terkait pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana memang menjadi acara yang menarik perhatian kala itu, tidak hanya warga Inggris tetapi masyarakat dunia. Lantas seperti apa sih pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana? Melansir laman Smith Sonian Magazine, berikut beberapa fakta pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana.

1. Pangeran Charles dan Putri Diana hanya beberapa kali bertemu

Baca Juga:
Kaesang Pangarep Pakai Celana Motif Cinde Jelang Siraman, Maknanya Mak Jleb!

Berdasarkan hitungan Putri Diana, ia dan Pangeran Charles hanya pernah bertemu sebanyak 13 kali sebelum memutuskan untuk menikah. Keduanya kenal saat Pangeran Charles berkencan dengan kakak Putri Diana pada 1977. Namun, Pangeran Charles baru melihat Putri Diana pada 1980. Setelah berkencan, Pangeran Charles melamar Putri Diana pada 1981.

2. Sama-sama ragu

Menjelang pernikahan, Pangeran Charles dan Putri Diana sama-sama mengungkapkan perasaan ragunya. Namun, setelah dapat peringatan dari sang ayah, Pangeran Philip, ia akhirnya menikahi Putri Diana meskipun ragu. Keraguan ini juga dirasakan Putri Diana, apalagi Pangeran Charles disebut masih sering komunikasi dengan Camilla.

Baca Juga:
Terkuak Isi Hampers Nikahan Kaesang untuk 54 Sahabat Erina dan Putri Indonesia, Super Elegan!

Meja kerja Putri Diana di Istana Kensington. [Tolga Akmen/AFP]

3. Menjadi warga negara yang menikahi pewaris tahta

Putri Diana menjadi warga Inggris pertama yang menikahi pewaris tahta sejak 1660. Wanita terakhir yang menyandang gelar ini adalah Anne Hyde, putri seorang penasehat raja Inggris yang digulingkan Charles II . Dia bertemu dengan pewaris adik laki-laki Charles, calon James II ketika keduanya diasingkan di Belanda. Setelah itu, keduanya diam-diam menikah pada tahun 1660.

4. Diadakan di Katedral St. Paul

Baca Juga:
7 Sumber Mata Air untuk Siraman Kaesang dan Erina, Ada Makna Mendalam!

Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana juga spesial karena keduanya menjadi sosok yang menikah di Katedral St. Paul sejal 1501. Padahal, biasanya pernikahan dilakukan di Westminster Abbey. Katedral St. Paul juga dinilai memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan Westminster.

5. Disaksikan 750 juta orang

Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana disebut disaksikan 750 juta orang di 74 negara. Pernikahan keduanya disiarkan di televisi dan disaksikan 28,4 juta orang di Inggris Raya. Sementara itu, 600 ribu orang turun ke jalan di London untuk melihat kereta pengantin baru.

6. Menelan biaya besar

Dikatakan pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana menelan biaya sekitar 48 juta dolar. Untuk saat ini yaitu sekitat 137 juta dolar atau sekitar Rp 2,1 triliun. Disebutkan, lebih dari 5.000 polisi berpartisipasi dalam pengendalian massa di sepanjang rute dua mil pasangan kerajaan itu.

7. Ada 27 kue pernikahan

Terdapat 3.500 tamu, termasuk Ibu Negara Nancy Reagan , Perdana Menteri Margaret Thatcher dan Putri Monako Grace Kelly , menghadiri upacara di Katedral St. Paul. Namun, hanya sekitar 120 orang yang menerima undangan ke jamuan pernikahan resmi. Dalam jamuan yang disajikan, terdapat makanan seperti stroberi dan krim beku, brill dalam saus lobster, dan krim jagung.

Untuk hidangan penutup, para tamu dapat mencicipi salah satu dari 27 kue yang disajikan. Kue yang disajikan terbuat yaitu adonan dan buah setinggi 5 kaki, seberat 200 pon yang dirancang oleh David Avery, kepala pembuat roti di Royal Naval Cookery School.

8. Sumpah pernikahan tidak seperti biasanya

Dalam sumpah pernikahan, Pangeran Charles dan Putri Diana tidak mengucapkan secara formal seperti biasanya. Bahkan, karena gugup Putri Diana mengacaukan nama Pangeran Charles saat pengucapan sumpah itu.

9. Pangeran Charles lupa mencium Putri Diana

Sebab rasa gugup, ketika disahkan Pangeran Charles lupa mencium Putri Diana. Namun, ia menebus dan mencium Putri Diana di balkon Istana Buckingham di hadapan masyarakat.

10. Gaun terpanjang

Seperti layaknya dongeng, gaun yang dikenakan Putri Diana yaitu sepanjang 25 kaki 7,6 meter.b Sementara itu, dalam gaun yang dikenakannya itu terdapat 10.000 mutiara. Gaun tersebut juga berhasil memecahkan rekor gaun dan kerudung terpanjang yaitu sekitar 459 kaki. Pada sandal yang dikenakannya, dihiasi 542 payet dan 132 mutiara.

11. Terdapat tapal kuda 18 karat pada gaun

Rupanya, pada gaun yang dikenakan terdapat tapal kuda emas 18 karat dengan berlian putih. Tapal kuda ini dijahit ke dalam label gaun itu.

12. Parfum tumpah di gaun

Berdasarkan, penata rias hari pernikahan, Barbara Daly, kala itu itu Putri Diana menumpahkan parfum Quelques Fleurs. Parfum tersebut ditumpahkannya saat Putri Diana ingin mengenakan parfum itu. (Fajar Ramadhan)

Video yang Mungkin Anda Sukai

Load More