Nur Khotimah Rena Pangesti | MataMata.com
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram/@kaesangp)

Matamata.com - Rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono disiarkan di stasiun TV. Siaran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo ternyata menuai protes dari beberapa pihak.

Salah satu yang memprotes adalah konten Irvina Lioni. Lewat Instagram Story, Irvina menyentil peran KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) yang dinilai bertanggung jawab atas pengawasan siaran televisi.

Siaran langsung pernikahan Kaesang Pangarep dikritik [Instagram]

"Lagi-lagi frekuensi publik untuk menayangkan yang tidak perlu. Yakin deh KPI nggak berani ngapa-ngapain," kata Irvina Lioni di Instagram Story yang dikutip dari @dunianeti, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga:
Heboh Kakak Cowok Erina Gudono Jadi Pusat Perhatian, Mirip Banget Kaesang Pangarep

Lantas bagaimana tanggapan KPI? Apakah lembaga ini memperbolehkan pernikahan seseorang, termasuk anak Presiden tayang di televisi?

Nuning Rodiyah selaku Komisioner KPI mengatakan pihaknya memperbolehkan tayangan tersebut. Namun, ada beberapa pertimbangan yang mengutamakan publik.

"Program siaran itu harus menjawab dari kepentingan publik. Kedua, kita harus melihat konteksnya, ada public need dan public interest," kata Nuning Rodiyah saat dihubungi MataMata.com, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga:
Erina Gudono Anggun di Pengajian, Nadya Mantan Kaesang Kena Sentil: Bude Nangis di Pojokan

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ini dianggap memenuhi unsur tersebut. Pertama dari kepentingan publik, di mana masyarakat penasaran seperti apa pernikahan dari putra seorang Presiden Indonesia, Joko Widodo.

"Putra Pak Jokowi sedang menikah hari ini. Ini juga menjembatani keinginan publik yang penasaran karena jauh dari Yogyakarta," ujar Nuning Rodiyah.

Baca Juga:
Inul Daratista Bocorkan 'Isi Amplop' untuk Nikahan Kaesang dan Erina Gudono

Kedua, soal bagaimana unsur public need dan interest. Di mana masyarakat juga membutuhkan tayangan yang bukan hanya sekadar hiburan tapi juga memberikan edukasi.

"Masyarakat tahu budaya yang ada di Indonesia, ritual pernikahan di Jawa. ini akan menjadi berbeda saat pesan budaya itu disampaikan melalui program pelajaran budaya di sekolah," katanya.

Televisi sebagai lembaga penyiaran, lanjut Nuning, berperan membagikan informasi tersebut kepada masyarakat.

"Tidak semata-mata mengeksploitasi pernikahan atau mengumbar hal-hal yang privat," ujar Nuning Rodiyah.

Seperti diberitakan sebelumnya, pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono siap digelar Sabtu (10/12/2022) besok di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Load More