Yohanes Endra | MataMata.com
Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/rizkybillar)

Matamata.com - Artis yang terseret skandal kini akan langsung berhadapan dengan cancel culture. Istilah cancel culture sendiri telah sering didengar penggemar KPop. Namun di industri Tanah Air, cancel culture memang masih cukup asing meski mulai diterapkan.

Cancel culture sendiri dapat diartikan sebagai fenomena menolak seseorang, produk, acara, atau bahkan film. Cancel culture diberikan sebagai hukuman bagi seseorang maupun produk yang melanggar norma sosial di sebuah negara.

Lantas siapa saja artis yang nyaris kena cancel culture tahun 2022 di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Rizky Billar Semringah Nyanyi Lagu Lesti Sayang Billar, Aldi Taher Melongo: I Love You Adikku Sayang

1. Rachel Vennya

Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/rachelvennya)

Di awal tahun 2022, Rachel Vennya masih disorot atas kasus pelanggaran karantina Covid-19. Sejumlah warganet bahkan meng-cancel produk yang masih meng-endorse ibu dua anak tersebut. Lambat laun, Rachel Vennya mulai bangkit dan kini bisa menjalani kehidupannya sebagai selebgram lagi.

2. Pamungkas

Baca Juga:
Niat Bungkam Haters, Rizky Billar Singgung Netizen Bodoh: Emang Si Paling Bener!

Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/pamunqkas)

Sedangkan Pamungkas hampir kena cancel culture setelah video penampilannya di panggung viral. Pelantun "To the Bone" tersebut kedapatan menggesekkan ponsel penggemar di alat kelaminnya sebagai bentuk fans service. Meski menolak minta maaf, fans setia Pamungkas tetap mendukung kariernya hingga sekarang.

3. Rizky Billar

Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/@rizkybillar)

KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora membuat Rizky Billar kini tak pernah terlihat lagi muncul di layar kaca. Namun karena Lesti Kejora telah mencabut laporan dan memutuskan memaafkan sang suami, Rizky Billar diterima kembali oleh penggemar. Sempat off, Billar pun sudah terlihat main media sosial lagi.

Baca Juga:
Masih Mau Terima Rizky Billar, Lesti Kejora Disebut Jilat Ludah Sendiri

4. Lesti Kejora

Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/@lestykejora)

Keputusan Lesti Kejora untuk mencabut laporan KDRT Rizky Billar bikin publik yang membelanya mengaku kecewa. Kendati begitu, fans yang menamakan diri sebagai Leslar tetap setia mendukung Lesti dan Billar. Beda dari Billar, Lesti lebih cepat dimaafkan sehingga sudah beberapa kali terlihat bernyanyi di atas panggung.

5. Baim Wong

Baca Juga:
Rizky Billar Sentil Orang Bodoh, Spill Chat Lesti Kejora Berujung Blunder?

Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/@baimwong)

Sedangkan Baim Wong nyaris kena cancel culture atas idenya membuat prank terhadap polisi. Kala itu, Paula Verhoeven pura-pura menjadi korban KDRT di tengah ramainya pemberitaan Lesti Kejora dan Rizky Billar. Karena Lesti dan Billar berbaikan, Baim Wong tidak jadi kena cancel culture.

6. Arawinda

Artis yang Nyaris kena Cancel Culture Tahun 2022 (Instagram/@arawindak)

Terakhir ada Arawinda Kirana yang diduga menjalin hubungan dengan suami orang. Meski agensi Chicco Jerikho yang menaunginya sudah membantah tudingan tersebut, Arawinda masih dipercaya sebagai perebut laki orang alias pelakor. Alhasil, film terbaru Arawinda "Like & Share" juga ramai kena cancel meskipun masih ada penonton yang tetap menyaksikan.

Itu dia sederet artis yang nyaris kena cancel culture tahun 2022. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More