Nur Khotimah | MataMata.com
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bersama Jokowi. (Instagram/@erinagudono)

Matamata.com - Jokowi Kasih Hadiah Rumah Mewah Rp98 Miliar buat Erina Gudono, Benarkah?

Beredar video yang mengeklaim bahwa Presiden Jokowi (Joko Widodo) memberikan hadiah rumah mewah Rp98 miliar untuk Erina Gudono, sang menantu. Benarkah kabar tersebut?

Kabar Jokowi menghadiahkan rumah nyaris Rp100 miliar untuk Erina Gudono tertera dari video yang diunggah oleh akun YouTube Haba Artis.

Baca Juga:
Erina Gudono Hamil Anak Kaesang?

Narasi dalam video tersebut berbunyi, "Penuh kasih sayang pada Erina Jokowi hadiahkan rumah mewah 98 Miliar".

Video tersebut diunggah dengan judul yang juga mengeklaim soal pemberian rumah mewah untuk Erina Gudono. "HARI INI || RESMI MENIKAH JOKOWI HADIAHKAN RUMAH MEWAH SEHARGA 98 MILIYAR UNTUK ERINA GUNDONO," bunyi judul video tersebut.

Jokowi kasih rumah mewah buat Erina Gudono? (YouTube/Haba Artis)

Sementara di thumbnail video, nampak foto Jokowi yang disandingkan berfoto bersama dengan Erina Gudono dengan latar belakang sebuah rumah mewah.

Baca Juga:
Erina Gudono Ketagihan Lihat Foto Nahyan Pakai Singlet, Akui Mirip Kaesang Pangarep

"Kabarnya Jokowi menberikan hadiah rumah yang sangat mewah untuk menantunya tersebut. Erina sempat terkejut pasalnya ia mendapatkan hadiah pernikahan yaitu rumah yang sangat mewah dari orang nomor satu tersebut. Dikabarkan bukan hanya mendapat rumah mewah, dikabarkan Erina juga mendapatkan beberapa perhiasan mewah dari Ibu Iriana. Hadiah itu diberikan untuk kelangsungan hidup mereka berdua antara Erina dan Kaesang," bunyi narasi yang ada di thumbnail video Youtube Haba Artis seperti dikutip pada Rabu (4/1/2023)

"Mendapatkan hadiah yang sangat mewah tersebut Erina hanya terdiam dan Kaesang juga terlihat tetap dengan sikapnya yang sangat santai," sambung narasi dalam video tersebut.

Penjelasan

Baca Juga:
Ditanya Dibercandain Apa sama Kaesang Pangarep di Pelaminan, Erina Gudono Beberkan Faktanya

Berdasarkan penelusuran dengan melihat secara lengkap video tersebut 3 menit, tidak ditemukan bahwa Jokowi menghadiahkan rumah untuk Erina. Tak ada juga video wawancara Kaesang dan Erina perihal hadiah rumah mewah yang diberikan Jokowi.

Dalam video ini justru berisi beberapa klip video berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Beberapa video tersebut meliputi penampakan sebuah rumah mewah, potongan video Jokowi yang berada di Istana dan video wawancara Kaesang dan Erina Gudono serta momen Erina dan Kaesang saat menghadiri upacara peringatan 17 Agustus 2022 lalu yang memakai pakaian adat.

Ada juga potongan video Jokowi dan Iriana yang tengah berada di sebuah acara.

Selain itu terdapat potongan video saat Jokowi menerima Agnez Mo di Istana Merdeka pada 2019. Lalu ada juga potongan video Kaesang yang tengah hadir di sebuah podcast.

Selanjutnya terdapat swafoto Erina dan Kaesang bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi. Tak hanya itu ada juga foto prewedding Erina dam Kaesang yang dimunculkan dalam video tersebut.

Sejauh ini belum ada berita atau konfirmasi maupun pernyataan dari Jokowi atau Kaesang perihal hadiah rumah mewah yang diberikan untuk Erina Gudono.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiahkan rumah mewah seharga Rp 98 Miliar untuk Erina Gudono adalah hoaks atau tidak benar. Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. (Ummi H S)

Load More