Teuku Ryan dan Ria Ricis. (Instagram/@studiokencana)

Matamata.com - Teuku Ryan Heran Moana Anteng Banget saat Naik Jet Ski, Langsung Diulti Psikolog: Ya Dia Takut Pak!

Aksi Ria Ricis mengajak anak naik jet ski masih menuai komentar dari berbagai pihak. Kini giliran seorang psikolog yang buka suara menyampaikan pendapatnya terkait aksi Ria Ricis.

Psikolog bernama Indah Sundari Jayanti itu mengungkapkan pendapatnya lewat akun TikTok @sundarindah. Sebagai ahli, dia menyoroti gelagat Moana anak Ria Ricis yang tetap anteng saat naik jet ski.

Baca Juga:
7 Artis Indonesia Disorot Media Asing, Terbaru Aksi Ria Ricis Bawa Anak Naik Jetski

Dalam video yang dibagikan oleh Ria Ricis, Moana memang terlihat hanya terdiam saat digendong Teuku Ryan menggunakan satu tangan saat naik jet ski.

Ketika Teuku Ryan menambah sedikit kecepatannya, Moana terlihat mencengkeram lengan baju Teuku Ryan sambil memejamkan mata.

Melihat reaksi sang anak, Teuku Ryan pun bertanya kepada Moana, "Kok diam aja? Gimana sih? Nggak ada ketawa-ketawanya."

Baca Juga:
Heboh Ria Ricis Diliput Media Asing, Auto Kena Sentil: Noraknya Go Internasional

Psikilog Indah kemudian mengatakan bahwa sebenarnya Moana sedang dalam ketakutan. Hal itu terlihat dari cara dia memejamkan mata dan meremas baju sang ayah.

"Jawabannya sederhana, ya anaknya takut pak," ujar Indah, mengutip konten TikTok-nya yang tayang Sabtu (7/1/2023) lalu.

Indah pun mulai menjelaskan tahapan emosi manusia. Menurutnya, bayi hanya memiliki emosi dasar seperti senang, marah, sedih, terkejut, jijik, hingga takut.

Baca Juga:
Mirip Ria Ricis, Aksi Selebgram Malaysia Ajak Anak Naik Flying Fox Banjir Cibiran: Bodohnya Serumpun

"Dari video tadi jelas terlihat bahwa dari ekspresi dan genggaman erat yang dimunculkan sang bayi menunjukkan bahwa sebenarnya bayi itu merasa ketakutan dengan proses yang sedang dialami," sambungnya.

Tidak hanya takut, Moana juga terlihat sedang merasa tidak aman serta tidak nyaman sehingga berpegangan erat kepada sosok yang dirasa dapat melindunginya, yakni sang ayah.

Bila aksi menakutkan itu tidak dilakukan secara terus-menerus, Indah mengatakan itu tidak akan berdampak buruk pada perkembangan emosi Moana. Meski begitu, kegiatan tersebut justru meningkatkan risiko bahaya bagi Moana.

"Alangkah lebih baik jika melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih berisiko kecil dan membuat anak lebih merasa nyaman dan aman untuk mempelajari hal yang ada di sekitarnya," tandasnya.

Sementara itu, Ria Ricis dan Teuku Ryan sudah mengaku salah karena mengajak Moana yang masih berusia 5 bulan untuk naik jet ski. Mereka pun membenarkan bahwa hal tersebut tidak sesuai aturan.

Load More