Nur Khotimah | MataMata.com
Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/reza_zakarya_daa)

Matamata.com - Pepatah yang menyebut jika hidup berputar sepertinya benar adanya. Hal itu sebagaimana yang dialami oleh sejumlah artis Indonesia. Pasalnya sebelum tenar seperti sekarang, beberapa artis pernah hidup susah dan mengadu nasib ke negeri orang.

Ya, sejumlah artis dan YouTuber tenar Indonesia memiliki pengalaman menjadi seorang Tenaga Kerja Indonesia atau TKI. Pengalaman hidup sebagai buruh migran membuat mereka mengerti betapa beratnya hidup mereka sebelum sukses seperti sekarang.

Bahkan ada yang sampai mengalami kejadian mengerikan seperti disekap hingga dianiaya majikan. Tapi kini mereka telah menuai buah kerja keras dan berhasil meraih sukses. Penasaran siapa saja artis yang sempat jadi TKI? Intip langsung daftarnya berikut.

Baca Juga:
7 Artis Pria Gak Jaim Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga, Ferry Irawan Rajin Nyapu hingga Ngepel

1. Cinta Penelope

Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/princess_cinta_penelope)

Cinta Penelope kini hidup bahagia bersama suaminya yang berasal dari Turki. Ia juga perlahan meninggalkan dunia hiburan yang sempat membesarkan namanya sebagai penyanyi dangdut. Dulu Cinta Penelope pernah bekerja sebagai asisten rumah tangga alias ART selama 2 tahun. Ia juga mengalami kejadian tak menyenangkan karena terlantar dan dianiaya majikan saat kerja di luar negeri. Ia sempat dinobatkan menjadi Duta TKI oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi lho.

2. Reza Zakarya

Baca Juga:
9 Artis Rayakan Imlek 2023, Audi Marissa Tampil Cantik Pakai Cheongsam

Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/reza_zakarya_daa)

Sebelum dikenal sebagai pedangdut jebolan D'Academy, Reza Zakarya pernah bekerja di Arab Saudi sebagai TKI. Saat itu Reza hanya memiliki keinginan untuk membantu ekonomi keluarga dengan mengadu nasib di luar negeri. Sayangnya, Reza mendapat perlakuan yang tidak baik. Ia bahkan mengaku pernah disekap oleh majikan lantaran mencoba kabur. Jika ingin pulang, Reza harus ditebus dengan uang Rp21 juta. Untungnya berhasil pulang ke Indonesia usai ditinggalkan di terminal bus.

3. Prista Apria Risty

Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/pristaristy)

Seleb yang pernah tenar dan viral dan mengaku sempat bekerja sebagai TKI adalah Prista Apria Risty. Hongkong menjadi negara tempat Prista mengadu nasib sebelum terjun ke dunia hiburan. Saat ini, Prista menjadi salah satu penyanyi dangdut populer yang sukses. Salah satu lagu yang berhasil melambungkan namanya adalah Rumangsamu Yo Penak. Saat ini namanya mulai jarang didengar di panggung hiburan meski sempat begitu populer.

Baca Juga:
10 Artis Pilih Cerai Usai KDRT, Venna Melinda Menyusul?

4. Zul Zivilia

Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/zulzivilia814)

Vokalis band Zivilia, Zul juga sempat merasakan pahitnya hidup sebagai TKI dan jauh dari keluarga. Pencipta dan pelantun lagu Aishiteru itu bekerja sebagai TKI di Jepang pada tahun 2003 silam. Aishiteru yang dinyanyikan olehnya langsung booming ketika rilis dan membuatnya tenar. Ternyata lagu itu merupakan curahan hati Zul saat berada di Jepang dan menanggung rindu pada keluarga.

5. Duo Sabun Colek

Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/duosabuncolekevidina)

Dua personil Duo sabun Colek, Dina dan Windy menjadi artis selanjutnya yang bekerja sebagai TKI sebelum tenar. Tepatnya pada tahun 2011, Dina dan Windy menjadi TKI di Hongkong. Keduanya kemudian memutuskan banting setir menjadi penyanyi dangdut. Lagu yang membuat mereka tenar adalah Gatal, Gatal, Gatal. Pada 2015 silam, Windy dikabarkan meninggal dunia karena mengidap penyakit kelenjar getah bening. Dina sendiri tetap melanjutkan kariernya dengan Duo Sabun Colek bersama anggota baru, Evi.

6. Farida Nurhan

Artis yang Sempat jadi TKI. (Instagram/farida.nurhan)

YouTuber tenar Farida Nurhan beberapa waktu sempat bikin publik heboh. Pasalnya ia mengaku pernah bekerja sebagai TKI di luar negeri. Farida Nurhan telah bekerja sebagai TKI di beberapa negara seperti Singapura dan Hongkong. Hal itu diungkap sendiri oleh Farida Nurhan lewat postingan Instagram. Perempuan kelahiran Lumajang, Jawa Timur itu memutuskan jadi TKI karena terdesak masalah ekonomi. Apalagi ia juga putus sekolah karena kehamilan yang tidak direncanakan. Kini ia telah sukses sebagai YouTuber dengan jutaan subscriber.

Kesuksesan seseorang tidak bisa diketahui bagaimana prosesnya. Ada yang harus memulai dari nol seperti sejumlah artis tadi. Namun, mereka membuktikan jika dengan kerja keras maka semua usaha akan terbayar.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More