Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Jhon LBF (Instagram/@jhonlbf)

Matamata.com - Jhon LBF belakangan mencuri perhatian karena muncul di setiap pemberitaan viral. Sebut saja Tiko anak yang merawat ibunya tanpa listrik belasan tahun, eks karyawan minimarket yang viral ditegur atasan, serta sosok di balik konten TikTok mandi lumpur, semuanya ditawari pekerjaan oleh Jhon LBF.

Namun ketika namanya sedang naik, tabiat Jhon LBF yang sebenarnya malah dibongkar mantan karyawannya sendiri. Jhon LBF dibuktikan kerap berkata-kata kasar dan memotong gaji karyawan sesuka hati.

Profil Jhon LBF lantas banyak dicari tahu. Simak ulasan yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

Baca Juga:
Dikenal Dermawan, 'Aib' Pengusaha John LBF Dibongkar Mantan Karyawan: Suka Mecatin Orang

1. Biodata Jhon LBF

Profil Jhon LBF (Instagram/@jhonlbf)

Jhon LBF bernama asli Henry Kurniadi Sutikno. Pengusaha berdarah Jawa-Chinese ini lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 1985. Ia menikah dengan Kiki Ulandari pada November 2019 dan telah dikaruniai seorang putra.

Jhon LBF merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ia dan dua saudaranya diceritakan telah menjadi mualaf, sedangkan orangtuanya masih beragama Kristen.

Baca Juga:
Perjuangan Tiko Rawat Ibu ODGJ, 12 Tahun di Rumah Tanpa Listrik dan Air

2. Perjalanan Karier Jhon LBF

Profil Jhon LBF (Instagram/@jhonlbf)

Selain pengusaha, Jhon LBF kini dikenal sebagai kreator konten. Akun TikTok @jhon.lbf_official miliknya telah memiliki 4,2 juta followers pada Januari 2023.

Jhon LBF diketahui sebagai pemilik banyak perusahaan, di antaranya Jhontraktor, Jhontainment, Jhonskin, Jhontax, Mevol, dan Hivefive. Sebelum punya perusahaan sendiri, Jhon LBF ternyata seorang pekerja kantoran biasa saat merantau ke Jakarta pada 2007.

Baca Juga:
Lama Putus Sekolah karena Rawat Ibu, Isi Akun Instagram Tiko Terungkap: Dia Aslinya Emang Cerdas!

Pada 2019, Jhon LBF mengaku masih menjadi pengangguran karena dipecat dari perusahaan lama tempatnya bekerja. Jhon LBF juga pernah menjalani profesi MC di berbagai perlombaan burung.

Hive Five menjadikan Jhon LBF sebagai mitra bisnis pada 2020 karena kinerjanya yang baik. Bahkan bos Hive Five memberikan hadiah mobil sebelum Jhon LBF menjadi mitra bisnisnya.

Dalam waktu singkat, Jhon LBF memiliki beragam bisnis yang sukses. Padahal gelar sarjana bahkan tidak disandang Jhon LBF yang mengaku putus kuliah di tengah jalan.

3. Kontroversi Jhon LBF

Profil Jhon LBF (Instagram/@jhonlbf)

Saat kebaikannya ramai diperbincangkan, mantan karyawan Jhon LBF justru memberikan testimoni sebaliknya. Jhon LBF diceritakan suka memotong gaji dan memecat karyawan tanpa alasan yang jelas.

Menanggapi pengakuan mantan karyawannya tersebut, Jhon LBF tampak kecewa. Pasalnya Jhon LBF mengenal baik eks karyawan yang ia didik dari nol sampai punya gaji belasan juta.

Jhon LBF pun mengaku masih menyimpan bukti transfer sebelum karyawannya tersebut resign, yakni sekitar Rp14 juta per bulan. Menurut Jhon LBF, mantan karyawannya itu resign dengan alasan ingin membuka usaha.

Meski kecewa karena namanya dijelekkan, Jhon LBF siap menerima mantan karyawannya itu kembali ke perusahaannya. Jhon LBF menduga mantan karyawannya menyesal telah resign saat melihat perusahaannya semakin sukses sehingga berbagi cerita buruk.

Itu dia sekilas profil Jhon LBF yang namanya sedang ramai diperbincangkan. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More