Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Ivan Gunawan. (Instagram/@ivan_gunawan)

Matamata.com - Desainer kondang Ivan Gunawan akhir-akhir sering menjadi perbincangan warganet. Kali ini pria yang akrab disapa Igun itu mencuri perhatian dengan aksinya yang baru membangun masjid di Afrika. Proses pembuatan masjid yang terletak di Uganda tersebut kabarnya telah selesai dalam waktu kurang dari satu tahun.

Berawal dari melihat postingan seorang teman di Afrika, Ivan Gunawan ungkap alasannya bangun masjid di Afrika. Tak hanya membangun, Igun juga memperkerjakan beberapa orang untuk merawat masjid tersebut.

Ivan Gunawan mengungkapkan bahwa masjid tersebut telah diresmikan beberapa waktu lalu. Masjid yang didominasi warna putih tersebut diberi nama Masjid Indonesia.

Baca Juga:
Park Eun Bin Akhirnya Bikin Nama Penggemar Official, Maknanya Sangat Mendalam

Tak segan menolong, penasaran dengan sosoknya? Yuk, simak profil Ivan Gunawan berikut ini!

Profil dan Biodata

Profil Ivan Gunawan. (Instagram/@ivan_gunawan)

Ivan Gunawan merupakan desainer sekaligus presenter yang kelahiran Jakarta, 31 Desember 1981. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini lahir dari pasangan Bambang Cahyo dan Erna Gunawan.

Baca Juga:
Ivan Gunawan Ungkap Unek-Unek selama Bunda Corla Nginep di Rumah: Gue Gedeg Banget

Mewarisi perawakan tinggi besar kedua orang tuanya, Ivan Gunawan memiliki tinggi badan 185 cm. Saat masih kecil, Ivan mengaku pernah tinggal bersama dengan kerabat karena keluarganya belum memiliki rumah sendiri.

Di kediaman tersebutlah ia mulai belajar mendesain baju. Pasalnya di lantai satu rumah ini butik paman designernya berada. Paman Igun sendiri merupakan seorang desainer terkenal, yakni Adjie Notonegoro.

Menjadi anak diplomat membuat Ivan Gunawan kerap berpindah-pindah negara. Awal-awal bersekolah saja Igun harus berpindah dari Singapura, Hongkong, Ukraina, bahkan Rusia.

Baca Juga:
Bunda Corla Skakmat Farhat Abbas, Curhatan Deva Mahenra usai Nikah Disorot

Perjalanan Karir

Profil Ivan Gunawan. (Instagram/@ivan_gunawan)

Memulai karirnya sebagai desainer, Ivan pun mulai merambah ke dunia presenter. Sederet acara TV yang pernah dipandunya diantaranya adalah Espresso, D'Academy, hingga Brownis.

Tak hanya itu, ia juga pernah membintangi sederet film di tahun 2002-2008. Selain disibukkan dengan aktifitas sebagai desainer, pria 41 tahun ini juga masih aktif sebagai presenter bahkan juri di acara Dangdut Academy.

Kontroversi

Profil Ivan Gunawan. (Instagram/@ivan_gunawan)

Selama berkarir di dunia hiburan, Ivan Gunawan tidak terlepas dari kontroversi. Nah, berikut adalah sederet kontroversi yang sempat menbuat dirinya menjadi sorotan.

1. Populerkan spirit doll

Pada tahun 2022 lalu, trend mengadopsi boneka arwah atau spirit doll sempat jadi perbincangan. Meski sebelumnya sempat booming, namun trend tersebut kembali ramai lantaran aksi adopsinya yang dibagikan di instagram.

2. Terseret kasus investasi bodong

Desainer satu ini juga sempat jadi sorotan karena kasus investasi robot trading DNA Pro hingga diperiksa sebagai saksi oleh polisi.

3. Sindir Keisya Levronka

Sempat sindir suara Keisya Levronka saat menyanyi, Ivan Gunawan kembali terlibat kontroversi lantaran sang penyanyi merasa sakit hati dengan komentarnya.

4. Pertikaiannya dengan Nikita Mirzani

Belum lama ini, presenter satu ini juga sempat terlibat pertikaian dengan artis kontroversial Nikita Mirzani. Nikmir menyebut Igun berkomplot dengan Maharani Kemala untuk mengiriminya guna-guna.

Terlepas dari kontroversi yang melibatkannya itulah profil Ivan Gunawan yang dikenal dermawan hingga membangun masjid di Uganda Afrika.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More