Yohanes Endra | MataMata.com
Sarah Sechan. (Instagram/sarahsechan)

Matamata.com - Sarah Sechan Skakmat Gitasav soal Childfree Resep Awet Muda: Kita Bukan Patung Lilin

Sarah Sechan blak-blakan tak setuju dengan opini Gita Savitri Devi atau Gitasav yang menyebut bahwa childfree (tak memiliki anak setelah menikah) adalah resep awet muda alami.

Semula, Sarah Sechan mengaku bahwa tak masalah dengan orang-orang yang memilih untuk childfree, mengingat itu adalah hak mereka.

Baca Juga:
Sebelum Heboh Childfree, Ternyata Gita Savitri Pernah Pengen Punya 2 Anak

"Sesungguhnya semua orang punya hak untuk memilih jalan hidup sendiri, mau nikah atau nggak, mau punya anak atau childfree, mau kerja atau jadi pengangguran. None has the right to tell you otherwise," tulisnya di Instagram, Kamis (9/2/2023).

Lebih lanjut, hal yang digarisbawahi oleh Sarah Sechan, yaitu soal childfree disebut Gitasav sebagai anti-aging alami.

"Yang perlu dipahami adalah: natural anti-aging (natural ya, nggak ada urusan sama perawatan salon dll) atau stress-free life (hidup anti stres) sebetulnya bukan dari hal-hal eksternal. Itu tergantung pikiran kita, bagaimana kita menjalani hidup dan menghitung berkat yang kita dapat," ungkap mantan VJ MTV itu.

Baca Juga:
Gita Savitri Tak Ingin Punya Anak, Anji Ikut Berkomentar: Terserah, Tapi...

Menurut Sarah Sechan, menjalani hidup tidak perlu takut menua, karena semua manusia akan tua dan keriput. "Kita bukan koleksi museum patung lilin Madame Tussaud," ujarnya.

Dari pengalamannya sendiri, Sarah Sechan mengambil kesimpulan bahwa perempuan tidak perlu takut kehilangan kebebasan jika pintar memilih pasangan yang baik.

"Setelah menikah saya tetap bisa kerja, punya uang sendiri, travel, dll. Setelah punya anak tetap bisa tidur cukup karena anak saya nggak pernah 'screaming in the morning,' rewel berlebihan atau tantrum," tutur artis yang menikah beda agama ini.

Baca Juga:
Gita Savitri Kekeh Gak Mau Punya Anak, Fiersa Besari Beri Respon Berkelas!

"Punya anak bukan sekedar hamil dan melahirkan, tapi belajar bonding (membangun ikatan) dengan manusia baru, komunikasi, dan harus selalu usahakan punya/pinjam sebutan anak jaman sekarang, 'chill vibes' (santuy)," lanjutnya.

Semua tergantung bagaimana kita menjalani hidup, kata Sarah Sechan. Jika dibuat ribet, tentu akan menimbulkan stres. Sebaliknya, hidup akan terasa nyaman jika kita melihat segala hal dari sisi yang berbeda.

"Silakan pilih jalan hidupmu sendiri, tapi nggak perlu membandingkan pilihanmu dengan pilihan orang lain. Semua manusia punya alasan dan pengalaman hidup berbeda yang akhirnya menentukan pilihan masing-masing," pungkasnya.

Sementara itu, Sarah Sechan menikah dua kali. Pertama dengan Emir Hakim yang berujung perceraian. Dia kemudian menikah lagi dengan Neil G Furuno dan menetap di Singapura. Sarah diketahui memiliki satu anak.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More