Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Pernah Ikut Demo (instagram/@jefrinichol)

Matamata.com - Aksi demonstrasi kini tak hanya diikuti oleh para mahasiswa atau buruh. Sejumlah artis pun ikut terjun langsung dalam aksi demo melawan pemerintahan.

Bahkan ada artis yang ikut demo lebih dari sekali. Hal ini membuktikan bahwa figur publik kita masih peduli dengan masalah yang terjadi di Tanah Air.

Lantas siapa saja artis yang pernah ikut demo? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga:
Jefri Nichol Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja, Semangat Lempar Bangkai Tikus ke Gedung DPR

1. Jefri Nichol

Artis Pernah Ikut Demo (instagram/@jefrinichol)

Jefri Nichol ikut berpartisipasi dalam aksi demo untuk menolak UU Cipta Kerja yang telah disahkan DPR. Selain isinya yang dinilai merugikan kalangan pekerja, UU ini juga dianggap mengeksploitasi pekerja.

Demo penolakan UU Cipta Kerja tersebar di sejumlah kota besar. Jefri Nichol tertangkap kamera saat ikut demo penolakan UU Cipta Kerja bersama mahasiswa.

Baca Juga:
Karyawan Geprek Bensu Tagih Gaji yang Tak Kunjung Dibayar: Mau Pada Demo Pakai Spanduk

2. Awkarin

Artis Pernah Ikut Demo (instagram/@narinkovilda)

Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan nama Awkarin juga pernah ikut demo pada 2020 lalu. Selebgram hits tersebut turut menolak pengesahan kitab undang-undang hukum pidana.

Tak hanya sekadar ikut demo, Awkarin juga membagikan tiga ribu nasi kotak kepada para pendemo sebagai bentuk solidaritas. Aksinya ini menuai beragam pujian publik.

Baca Juga:
Terungkap Cekcok dengan Meldi Usai Keciduk Ikut Demo di Sidang Nikita Mirzani, Tabiat Isa Zega Dikuliti

3. Rachel Amanda

Artis Pernah Ikut Demo (instagram/@auroramanda95)

Rachel Amanda juga pernah ikut demo bersama para mahasiswa. Bintang film Mencuri Raden Saleh itu turun ke jalan dalam aksi demonstrasi di depan gedung DPR Jakarta pada 2019 lalu.

Rachel Amanda membagikan fotonya saat ikut demo pengesahan RUU KUHP di media sosial, mengundang beragam komentar netizen.

4. Melanie Subono

Artis Pernah Ikut Demo (instagram/@melaniesubono)

Melanie Subono dikenal sebagai aktivis yang vokal terhadap isu-isu terhangat di Tanah Air. Putri promotor Adri Subono ini sering ikut demo menuntut keadilan untuk rakyat.

Salah satunya pada 2018 lalu, saat heboh eksekusi hukuman pancung terhadap Muhammad Zaini Misrin Arsyad (53) TKI yang berada di Arab Saudi. Melanie terjun langsung ke dalam aksi demonstrasi.

5. Andovi dan Jovial da Lopez

Artis Pernah Ikut Demo (instagram/@andovidalopez)

Andovi dan Jovial da Lopez pernah terlibat aksi unjuk rasa memperjuangkan kebebasan pers. Mereka merasa kebebasan pers sangat penting karena dapat menjaga demokrasi.

Kakak beradik ini juga tak ketinggalan ikut demo menyoal RKUHP pada 2019 lalu. Mereka terjun ke jalan bersama para mahasiswa lainnya.

Itu dia sederet artis yang pernah ikut demo.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More