Ade Wismoyo | MataMata.com
Doa agar dipertemukan dengan Bulan Ramadhan (pexels)

Matamata.com - Doa Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadan.

Tak terasa saat ini sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Suka cita menyambut hari raya Idulfitri dibarengi dengan kesedihan karena Ramadan akan segera berakhir. Namun sebenarnya ada doa agar dipertemukan dengan bulan Ramadan kembali.

Setiap muslim pasti berharap agar dapat bertemu dengan bulan Ramadan. Sebab bulan suci ini penuh dengan keberkahan sehingga banyak orang yang berharap bisa mendapatkan keberkahan tersebut. Namun usia seseorang tiada yang tahu sehingga sudah sepatutnya untuk memanfaatkan hari-hari terakhir di Ramadan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:
5 Doa Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan di Bulan Ramadan, Dijamin Ampuh!

Di lain sisi Allah Yang Maha Penyayang memberi kesempatan umat Islam untuk berdoa dan memohon supaya dapat dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan. Berikut beberapa kumpulan doanya.

1. Doa dipertemukan dengan Bulan Ramadan dari hadits

Doa berikut diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidina Ubadah bin al-Samith. Adapun sanad haditsnya sendiri masuk dalam kategori hasan. Doa ini dapat dibaca saat menyambut Ramadan.

Baca Juga:
Doa Dijauhkan dari Sikap Boros dan Godaan Belanja jelang Lebaran

Allahumma sallimni ilaa romadhona wa sallimli romadhona wa taslamhu minni mutaqobbalan.

Artinya: Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.

2. Doa agar dipertemukan dengan bulan ramadhan dari hadits dhaif

Baca Juga:
Kumpulan Doa Sehari-hari yang Mudah Dihafal dan Amalkan

Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu. Dan masuk dalam kategori hadits dhaif atau lemah, walau demikian Imam Nawawi mengizinkan mengamalkan doa dari hadits tersebut. Sebab para ulama sepakat bahwa hadits dhaif dapat diamalkan kecuali pada penetapan hukum dan akidah. Walau begitu, doa ini tidak boleh diyakini sama persis dengan doa yang diucapkan oleh Nabi SAW karena sanadnya yang dhaif. Bunyi lafalnya yaitu:

Allahumma baariklana fii rojaba wa sya'bana wa ballighnaa romadhona.

Artinya: Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami pada Ramadhan.

Baca Juga:
Doa Meluluhkan Hati Mertua, Agar Akur dan Disayang

3. Doa ketika melihat hilal

Hilal adalah pertanda jika bulan Ramadan telah datang, ketika melihatnya berdoalah agar Ramadan yang dijumpai dapat dijalani dengan selamat.

Allahumma ahillahu 'alaina bil amni, wal imani, wassalamati, wal islami. Rabbi wa rabbukallahu. Hilalu rusydin wa khairin.

Artinya: Ya Allah, pertemukan bulan Ramadan yang telah mendatangi kami dalam keadaan aman dan beriman, dalam keadaan selamat dan Islam. Wahai bulan sabit! Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Dan sungguh engkau adalah bulan yang baik dan telah memberi petunjuk kepada kami.

4. Doa memohon berjumpa dengan Ramadan menurut Imam Ad-Dailami dan Imam At-Thabrani

Dari riwayat yang disampaikan oleh Imam Ad-Dailami dan Imam At-Thabrani, Rasulullah SAW mengajarkan umat muslim untuk membaca doa berikut ketika menyambut Ramadan.

Allahumma sallimnii li Ramadhaana, wa sallim li Ramadhaana, wa sallimhu minnii.

Artinya: Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku dari maksiat di Bulan Ramadhan.

5. Doa ketika Ramadan telah datang

Bacaan doa yang dipanjatkan saat Ramadan yang mulia datang selain doa-doa sebelumnya yaitu:

Allahumma adhalla syahru ramadhana wa hadhara, fa sallimhu li wa sallimni fihi wa tasallamhu minni. Allahummarzuqnii shiyamahu wa qiyamahu shabran wahtisaban, warzuqni fihil jadda wal ijtihada wal quwwata wan nasyatha, wa a'idznii fihi minassaamati wal fatrati wal kasali wan nu'asi, wawaffiqnii fihi li lailatil qadri waj'alha khairan min alfi syahrin.

Artinya: Ya Allah, bulan Ramadan sudah membayangi dan datang. Maka sampaikanlah Ramadan kepadaku, dan sampaikanlah aku dengan selamat ke dalamnya, dan terimalah amal ibadahku saat Ramadan. Ya Allah, anugerahilah aku kesabaran dan niat ikhlas mengharap pahala dan ridhoMu atas puasaku dan salat malamku. Anugerahilah aku di bulan Ramadan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan semangat. Lindungilah aku di bulan Ramadan ini dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan banyaknya kantuk. Berikanlah aku taufiq agar aku mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadan, dan jadikanlah pahala di malam itu lebih baik dari seribu bulan.

6. Doa agar dipertemukan kembali dengan Ramadan

Doa berikut dapat dibaca ketika sudah mulai memasuki hari-hari akhir Ramadan. Harapannya agar Ramadan ini bukan menjadi yang terakhir bagi kita. 

Allahumma laa taj'alhu akhiral’ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman.

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.

Semoga dengan melafalkan doa-doa tadi secara rutin, Allah SWT akan mengabulkan dan mempertemukan kita semua pada Ramadan selanjutnya dan menerima ibadah kita selama berpuasa.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More