Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/isyanasarasvati)

Matamata.com - Kondisi kesehatan Isyana Sarasvati tengah jadi perhatian setelah dirinya mengungkap penyakit yang diidapnya. Penyanyi cantik satu ini ternyata mengidap autoimun jenis SLE atau yang lebih umum disebut sebagai lupus. Isyana Sarasvati rupanya tidak sendiri, sebab ada cukup banyak artis berjuang lawan autoimun.

Sebelumnya sudah ada beberapa artis yang juga mengidap penyakit autoimun hingga harus sering bolak-balik menjalani perawatan. Autoimun sendiri adalah penyakit dimana sistem imun atau kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat dalam tubuhnya sendiri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah daftar artis berjuang lawan autoimun.

1. Cantika Abigail

Baca Juga:
Cita Citata Ungkap Sederet Pengobatan yang Dijalani untuk Atasi Autoimun

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/abigailcantika)

Mantan vokalis GAC, Cantika Abigail adalah seorang penyintas autoimun jenis psoriasis. Penyakitnya ini menyerang bagian kulitnya sehingga memunculkan bercak merah, membuat kulit kering, dan menyebabkan rasa gatal. Cantika sudah mengidap psoriasis sejak tahun 2011. Ia sempat merasa terpuruk karena tak kunjung sembuh meski sudah berulang kali berobat.

2. Andrea Dian

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/andreadianbimo)

Salah satu penyebab Andrea Dian mudah sakit hingga sempat terinfeksi Covid-19. Rupanya salah satu alasannya adalah karena kekebalan tubuhnya yang lemah lantaran ia juga mengidap penyakit autoimun. Walau begitu ia tetap semangat dengan rajin olahraga dan yoga untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Baca Juga:
7 Seleb Atasi Autoimun, Muncul Bercak Merah Sampai Kulit Mengelupas!

3. Qory Sandioriva

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/qorysandioriva)

Puteri Indonesia 2009 mengidap penyakit lupus sejak berusia 12 tahun. Tak hanya lupus, ia ternyata juga memiliki riwayat penyakit autoimun sjogren's syndrome. Penyakitnya itu membuat kekebalan tubuhnya lemah hingga menjadikan kulit dan mulutnya kering.

4. Ashanty

Baca Juga:
Autoimun Ashanty Kambuh: Kata Dokter Parah Semua Hasilnya

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/ashanty_ash)

Sering sakit kepala, cemas, stress, dan mudah lupa menjadi gejala yang dirasakan Ashanty sebelum didiagnosis mengidap autoimun. Karena penyakitnya ini, Ashanty pun sempat harus bolak-balik menjalani pengobatan di rumah sakit. Ia juga pernah harus mengalami beberapa kali keguguran.

5. Cita Citata

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/cita_citata)

Autoimun juga diidap oleh penyanyi dangdut Cita Citata. Akibat sakitnya itu, kulitnya sering merah-merah seperti orang terkena alergi. Meski begitu belum diketahui jenis autoimun yang diidapnya.

6. Raditya Dika

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/raditya_dika)

Ketika merasa stres, Raditya Dika akan mengalami kulit kering hingga nyeri di persendian. Usut punya usut Dika mengidap autoimun. Komika, penulis, dan produser ini sampai harus menjalani pengobatan di Singapura untuk mengobati penyakitnya.

7. Cici Panda

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/pandasuper)

Presenter Cici Panda diketahui mengidap autoimun jenis vaskulitis yang mengakibatkan peradangan saraf bawah kulit. Ia sudah menderita penyakit itu sejak tahun 2015. Untuk mengatasi kondisinya agar tidak kian buruk, Cici Panda pun mengatur pola makannya.

8. Cornelia Agata

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/perempuanpanggung)

Artis senior Cornelia Agata menderita autoimun jenis radang sendi. Penyakitnya itu ia idap sebelum menikah dan menjadi salah satu penyebab ia mengalami kenaikan berat badan sebagai efek samping pengobatan.

9. Isyana Sarasvati

Artis Berjuang Lawan Autoimun. (Instagram/isyanasarasvati)

Lewat Instagram pada (20/4/2023) kemarin, Isyana Sarasvati mengabarkan jika dirinya didiagnosis mengidap SLE atau Systemic Lupus Erythematosus. Isyana menerima vonis penyakitnya itu pada akhir 2022 lalu. Sebelumnya publik dibuat cemas karena ia sering keluar masuk rumah sakit. Lupus yang diidap Isyana sendiri merupakan penyakit autoimun kronis dan menyebabkan peradangan pada tubuh misalnya sendi, kulit, ginjal, bahkan otak.

Itu tadi sederet artis mengidap autoimun dan masih terus berjuang untuk melawan penyakitnya. Perjuangan melawan autoimun tidaklah mudah sebab penyakit ini tidak dapat benar-benar sembuh. Pengobatan dilakukan hanya hanya menekan penyakitnya supaya tidak menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More