Diwanna Ericha | MataMata.com
Rio Motret [Instagram/riomotret]

Matamata.com - Rio Motret ikut mengawal kasus pelecehan yang dialami oleh para finalis Miss Universe Indonesia 2023. Baru-baru ini Rio membongkar identitas fotografer yang disebut ditugaskan untuk memotret para finalis dalam keadaan tanpa busana.

Sosok yang melakukan pemotretan adalah perwakilan dari ajang kecantikan tersebut yang memiliki jabatan sebagai Chief Operating Officer (COO).

"(Yang motret) perwakilan dari Miss Universe, yaitu COO jabatannya. Cewek (fotografernya)," ungkap Rio Motret dikutip pada Kamis, (10/08/2023).

Ayu Ting Ting dan Rio Motret. (YouTube/RIOMOTRET)

Rio menegaskan bahwa pelaku pelecehan adalah seorang perempuan, yang tidak lain fotografer itu sendiri. 

"Jadi cewek yang melecehkan cewek. Kita juga tidak ada di lokasi, yang memotret adalah perempuan. Jadi di sini boleh ditekankan perempuan melecehkan perempuan," sambungnya.

Adanya permasalahan ini membuat Rio miris. Pasalnya, ajang Miss Universe Indonesia 2023 yang dipimpin oleh Poppy Capella itu menjadi organisasi yang kerap menjunjung tinggi nilai-nilai perempuan.

"Menurut saya, ini pelecehan yang parah karena menurut saya yang melecehkan justru perempuan ya, di mana organisasi ini harusnya mengangkat derajat wanita tapi malah perlakuan ini merendahkan dan melecehkan perempuan. Apalagi ini organisasi perempuan yang menjunjung tinggi women empowering force for good yang segala macam transformal leadership yang paling, lantang prinsip itu di dalam organisasi itu, tetapi tidak dan dia memilih bersembunyi," jelas Rio.

Celine Evangelista pemotretan bareng anak tanpa Stefan William. (YouTube/Rio Motret)

Rio menganggap kasus ini adalah pelecehan yang parah. Ia yang namanya juga tercemarkan karena permasalahan ini akan melaporkan kasus pelecehan tersebut ke Kementerian PPPA. 

Load More