Nur Khotimah | MataMata.com
Mayang (instagram)

Matamata.com - Adik Vanessa Angel, Mayang Lucyana terancam lima tahun penjara buntut kelakuannya dan teman-temannya menertawakan tayangan upacara HUT RI.

Dalam video yang beredar, Mayang seolah tidak kuasa menahan tawanya saat komandan paskibra meneriakkan komandan ke barisan paskibra. Bahkan, Mayang tampak terdengar meniru apa yang diucapkan komandan itu.

Selain itu, Mayang tampak ikut hormat bendera, namun sambil tiduran di sebuah ranjang dengan memakai mengenakan kaos hitam ketat dan hot pants hitam.

Baca Juga:
Mayang Akan Dipolisikan Gegara Tertawakan Upacara Bendera, Doddy Sudrajat Singgung Keusilan Pak Bas: Sekelas Menteri...

Dikutip dari akun intipseleb, Jaenudin selaku pakar hukum mengatakan bahwa putri Doddy Sudrajat tersebut dapat dilaporkan ke polisi atas dugaan penghinaan.

Mayang (instagram)

"Apabila memang tujuan mereka untuk melecehkan atau menghina apapun itu yang ada di dalamnya, paling tidak fokusnya jelas yang mereka lihat itu adalah upacara 17 Agustus yang memang itu merupakan momen sakral. Bisa saja hal ini dilaporkan atas dugaan penghinaan dan sebagainya," jelas Jaenudin.

Atas dasar tersebut, Mayang terancam lima tahun penjara. "Terkait bendera dan lagu kebangsaan sendiri itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009, bahkan hukumannya bisa sampai lima tahun penjara," ungkapnya.

Baca Juga:
Penampilan Terbaru Fuji Usai Pasang Gigi Kelinci Bikin Pangling: Besok Mayang Ikutan

Begitu pula Lolly Unyu, teman Mayang yang mengunggah konten tersebut ditahan dengan ancaman empat tahun penjara. "Terkait akun yang sudah meng-upload video ini juga bisa dikenakan sanksi pidana dengan Undang-undang ITE Pasal 27 Ayat 3 dengan ancaman sampai empat tahun penjara," jelasnya.

Adapun Mayang dan Lolly dapat dipenjara apabila ada pihak yang melaporkannya terlebih dahulu. "Kalau memang jelas- jelas terbukti, harus ada yang melaporkan dulu dari masyarakat terkait hal ini," bebernya.

Jaenudin mengaku heran dengan perilaku Mayang dan Lolly tersebut. Ia bahkan menilai Mayang tidak pernah sekolah karena tidak bisa menghargai peringatan sakral tersebut. "Tanggapan pribadi saya sangat menyesalkan ya, kok bisa berperilaku seperti itu? Memang dia tidak pernah sekolah?"

Baca Juga:
Jauh dari Kalem, Tabiat Mayang saat Live Mendadak Jadi Sewot

Mendengar hal itu, warganet ramai-ramai memberikan komentarnya . Tak sedikit yang menyayangkan perilaku Mayang dan teman-temannya yang terkesan tidak menghargai peringatan HUT RI.

"Ancur emang moralnya," tulis warganet. "Cantik-cantik attitudenya nol besar," ungkap warganet. "Kalian pernah sekolah apa nggak sih?" komentar warganet. "Gue kesel liat orang-orang macam begini. Apa yang lucu. Parah," tulis warganet lain.

Kontributor: Anistya Yustika
Load More