Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Syakir Daulay. (Instagram/@syakirdaulay)

Matamata.com - Aktor muda Syakir Daulay dianggap melecehkan proses dan teks proklamasi lewat unggahan terbarunya di Instagram. Akibatnya, Syakir disomasi oleh dua organisasi pemuda di Indonesia.

Video parodi proklamasi yang dibuat Syakir Daulay ini diunggah pada Sabtu, (26/08/2023). Adik dari Zikri Daulay ini berdandan sebagai tokoh proklamator Indonesia, Soekarno lengkap dengan peci.

Suasana proklamasi semakin terasa dengan bendera merah putih Indonesia yang menjadi latar belakang video yang merupakan salah satu media promosi film terbaru Syakir Daulay, Imam Tanpa Makmum.

"PROKLAMASI. Kami jomblo-jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, keprihatinan kami terhadap perfilman Indonesia. Hal-hal mengenai film percintaan dan perhororan membuat kami semakin kesepian, karena tidak ada yang mau diajak jalan," ucapnya meniru gaya bicara Soekarno,

Syakir Daulay (instagram)

"Maka dari itu, kami jomblo-jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, akan merilis film yang berperikejombloan. Hidup jomblo, hidup jomblo. Hal-hal mengenai judul film, penayangan dan lain lain akan kami nyatakeun dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," tutup Syakir.

Sejak diunggah, video parodi proklamasi Syakir Daulay banjir kritik dari warganet. Syakir dihujat tak menghargai sejarah Indonesia.

"Gue menyatakan keprihatinan kepada otak Anda si paling jomblo, karena memainkan hal hal sakral macam ini. Kalo nggak pernah ikut berjuang dulu, setidaknya hormati dan jaga apa yang sudah diperjuangkan pahlawan kita. Jangan ditonton filmnya," komentar akun @syaifnarsw.

"Waduh, kacau nih. Nggak boleh begini, sebaiknya Anda segera minta maaf dan batalkan tayangan film ini. Jika tidak, maka siap-siap akan ada tindakan hukum," ujar akun @arisastragurun.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More