Ade Wismoyo | MataMata.com
Fakta Kiki Fatmala. (Instagram/@qq_fatmala)

Matamata.com - Aktris senior Kiki Fatmala meninggal dunia di usia 56 tahun, Jumat (1/12/2023).

Kabar duka ini diumumkan oleh keluarga melalui akun Instagram Kiki Fatmala, @qq_fatmala. Dalam unggahan tersebut, pihak keluarga mengunggah foto hitam putih.

"Kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang," bunyi unggahan.

Baca Juga:
Seperti Merasakan Firasat bahwa Kiki Fatmala akan Pergi Selama-lamanya, Sang Suami: Aku udah Merelakanmu dengan Tuhan

Kiki Fatmala meninggal dunia karena penyakit kanker kanker. Sebelumnya Kiki sempat menjalankan kemoterapi untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Namun takdir berkata lain. Kiki Fatmala harus menyerah setelah berjuang melawan penyakitnya.

Semasa hidup, mendiang dikenal sebagai aktris film dan sinetron yang hits di era 90-an. Berikut perjalanan karier Kiki Fatmala yang baru saja tutup usia.

Baca Juga:
Suami Minta Kiki Fatmala Buat Surat Wasiat, Antisipasi Ribut-ribut soal Harta

1. Debut Akting tahun 1988

Perjalanan Karier Kiki Fatmala (imdb)

Kiki Fatmala mengawali karier aktingnya pada 1988 lewat film Permainan di Balik Tirai. Dalam setahun, Kiki tercatat membintangi 5 film sekaligus.

Selain Permainan di Balik Tirai, Kiki Fatmala juga bermain dalam film Pengakuan, Malu-Malu Mau, Bayar tapi Nyicil dan Akibat Terlalu Genit.

Baca Juga:
Kiki Fatmala Meninggal karena Komplikasi Kanker, Tak Rasakan Gejala Ternyata Sudah Stadium 4

2. Terjun ke Layar Kaca

Perjalanan Karier Kiki Fatmala (imdb)

Setelah membuat namanya dikenal sebagai bintang film, Kiki Fatmala mencoba peruntungan di layar kaca. Sinetron pertama yang dibintanginya adalah Ada Ada Saja pada 1992.

Meski bermain sinetron, Kiki Fatmala tetap eksis di industri layar lebar. Bahkan sebelumnya dia telah berperan dalam belasan judul film.

Baca Juga:
Kiki Fatmala Meinggal Dunia, Ronnie Sianturi Sematkan Bela Sungkawa

3. Populer sebagai Si Manis Jembatan Ancol

Perjalanan Karier Kiki Fatmala (imdb)

Kiki Fatmala memang telah membintangi banyak film sejak debutnya pada 1988. Namun namanya mulai melambung saat menggantikan Diah Permatasari berperan sebagai Mariam dalam sinetron Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2 pada 1994

Sinetron horor yang sangat populer pada masanya itu sukses bertahan hingga tahun 1999. Bahkan setelah tamat, Kiki masih sering dipanggil dengan nama Si Manis Jembatan Ancol.

4. Pensiun dari Dunia Akting

Perjalanan Karier Kiki Fatmala (imdb)

Kiki Fatmala tetap eksis meski banyak bermunculan nama-nama baru di dunia akting. Namun aktris kelahiran 1967 itu memutuskan pensiun dari industri yang membesarkan namanya itu pada 2014.

Film terakhir yang dibintanginya adalah Kesurupan Setan. Sedangkan sinetron terakhirnya adalah Oh Ternyata yang ditayangkan pada 2012.

5. Alih Profesi jadi Guru Aerobik

Perjalanan Karier Kiki Fatmala (instagram/@qq_fatmala)

Pensiun dari dunia akting tak lantas membuat Kiki Fatmala berdiam diri. Kiki mencoba profesi baru sebagai guru aerobik dan mendirikan satu sanggar aerobik yang diberi nama Kifa.

Kiki Fatmala eksis sebagai guru aerobik hingga kesehatannya menurun karena kanker yang dideritanya sejak 2021. Kiki berjuang melawan kanker paru-paru stadium 4 hingga tutup usia pada 1 Desember 2023.

Itu dia perjalanan karier Kiki Fatmala, aktris senior yang populer di era 90-an.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More