Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/agnezmo)

Matamata.com - Ada cukup banyak penyanyi yang mendapat larangan untuk membawakan lagu hits yang dulu mereka populerkan. Pelarangan tersebut terjadi karena masalah hak cipta serta larangan khusus yang dikeluarkan oleh pencipta lagu.

Dilarangnya pada penyanyi membawakan lagu-lagu hits mereka membuat penggemar kecewa. Lantaran lagu tersebut sudah sangat melekat dengan para penyanyi.

Mulai dari penyanyi luar negeri Taylor Swift hingga terbaru Agnes Mo dan Stinky mengalami hal tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar artis dilarang nyanyikan lagu lamanya.

Baca Juga:
Tampil Duet Bawakan Lagu Agnez Mo, Dewi Perssik Puji Aldi Taher Sebagai Mantan Terindah

1. Taylor Swift

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/taylorswift)

Penggemar taylor Swift dibuat kecewa berat lantaran idola mereka dilarang membawakan lagu-lagu lamanya. Terutama lagu yang dirilis saat sang artis masih berada dalam naungan Big Machine Records. 

Larangan itu dikeluarkan oleh mantan pimpinan Big Machine Records yaitu Scott Borchetta dan Scooter Braun pada 2019. Hak atas lagu lawas Taylor Swift setelah album Fearless memang dipegang oleh Big Machine Records. Pemicu pelarangan itu lantaran Taylor hengkang dari Big Machine pada 2018. 

Baca Juga:
Agnez Mo Ganti Gaya Rambut Jadi Pendek dan Hitam: Aku Kira Denada

Taylor Swift akhirnya merekam ulang semua album lamanya yang berada dalam naungan Big Machine Records menggunakan konsep Taylor's Version agar bisa menyanyikan lagu-lagu hits miliknya itu.

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/taylorswift)

2. Kris Dayanti 

Baca Juga:
Cinta Laura Tanggapi Video Dicsueki Agnez Mo, Netizen Respect: Dewasa Banget

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/krisdayantilemos)

Setelah perpisahannya dengan Anang Hermansyah, Krisdayanti dilarang untuk menyanyikan lagu-lagu lamanya. Padahal lagu lawas yang diciptakan oleh Anang itu menjadi salah satu poin yang mengantarkan Kris Dayanti ke puncak kesuksesan. 

Anang Hermansyah dengan tegas mengharamkan mantan istrinya untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Kris Dayanti sendiri tidak merasa keberatan atas larangan yang ia terima tersebut.

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/krisdayantilemos)

Baca Juga:
Agnez Mo Posting Foto Pakai Gaun Putih Mesra sama Pacar, Tunangan atau Nikah?

3. Mulan Jameela

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/mulanjameela1)

Pada tahun 2007 silam, Mulan Jameela dilarang untuk membawakan lagu lamanya yang dipopulerkan bersama Ratu. Alasan mengapa Mulan Jameela dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya adalah karena masalah hak cipta.

Pasalnya lagu lawas itu hak ciptanya dipegang oleh label Ratu yang digawangi oleh Maia Estianty. Jika Mulan ingin menyanyikan lagu tersebut, maka ia harus membayar royalti senilai Rp1 juta untuk setiap lagu. 

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/mulanjameela1)

4. Anji

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/duniamanji)

Setelah hengkang dari band Drive, Anji dilarang untuk menyanyikan lagu-lagu dari band yang membesarkan namanya. Hal itu terjadi pada tahun 2011, saat personel Drive menuduh Anji membawakan lagu-lagu hits Drive. Anji sendiri membantah tudingan itu dan mengaku hanya menyanyikan dua lagu saja dan itu pun yang ia ciptakan sendiri. 

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/duniamanji)

5. Once Mekel

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/oncemekelofficial)

Ahmad Dhani secara mengejutkan mengeluarkan larangan pada Once Mekel untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Larangan tersebut diungkapkan pada Maret 2023 lantaran Dhani tidak ingin ada konser lain yang menghadirkan lagu Dewa 19 saat pihaknya sedang tur. 

Ahmad Dhani memang memegang hak cipta dari lagu-lagu hits dari Dewa 19. Walau demikian, Once Mekel masih boleh menyanyikan lagu ciptaan Dhani dari Ahmad Band, T.R.I.A.D, atau lagu yang diciptakan untuk penyanyi lain seperti Reza Artamevia.

Jika Once melanggar dan tetap membawakan lagu Dewa 19, maka Once akan mendapat sanksi dengan nominal maksimal hingga Rp1 miliar.

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/oncemekelofficial)

6. Agnez Mo

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/agnezmo)

Penyanyi cantik Agnez Mo disorot setelah dilarang untuk membawakan sejumlah lagu andalannya yang diciptakan oleh Ari Bias. Larangan itu diungkapkan Ari Bias pada (28/12/2023).

Beberapa lagu yang dilarang untuk dinyanyikan oleh Agnez Mo adalah Bilang Saja, Ku Di Sini, Bukan Milikmu Lagi, hingga Tak Akan Sampai Di Sini. Menurut Ari Bias, pihaknya sudah menginfokan berlakunya direct license mulai Juli 2023, tetapi pihak Agnez Mo tidak memberikan respon positif. 

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/agnezmo)

7. Stinky dan Andre Taulany

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/andreastaulany)

Selanjutnya ada band Stinky dan Andre Taulany yang dilarang nyanyikan lagu lamanya. Larangan itu dikeluarkan oleh Ndhank Surahman Hartono pada (31/12/2023). Ia adalah pencipta lagu Mungkinkah, yang merupakan lagu paling populer dari Stinky. 

Andre Taulany sendiri masih cukup sering membawakan penggalan lagu tersebut di sejumlah acara. Pelarangan disampaikan Ndhank dalam sebuah video yang diunggah di Instagram. 

Artis Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya. (Instagram/andreastaulany)

Adakah penyanyi favoritmu dari daftar artis yang dilarang bawakan lagu lama mereka tadi?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More