Ade Wismoyo | MataMata.com
Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Matamata.com - Ustaz Solmed lagi-lagi membuat kontroversi setelah memamerkan rumah barunya yang sangat mewah. Sebagai seorang pendakwah, tindakan Ustaz Solmed dianggap riya'.

Sumber kekayaan Ustaz Solmed jadi ikut dipertanyakan gara-gara memamerkan rumahnya yang super mewah itu. Sebab kabarnya, honor pendakwah yang juga bermain sinetron "Pesantren & Rock n' Roll" ini 'hanya' Rp10 juta sekali mengisi acara.

Sejumlah kontroversi mengiringi perjalanan karier Ustaz Solmed sebagai figur publik. Berikut ini berbagai kontroversi Ustaz Solmed dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga:
Ternyata dari Bisnis Rokok, Ustaz Solmed Bisa Bangun Rumah Mewah Seharga Puluhan Miliar

1. Hubungan Gelap dengan Mantan Istri

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Ustaz Solmed diketahui menikah dengan April Jasmine pada November 2011. Sebelumnya, Ustaz Solmed berumah tangga dengan wanita bernama Dewi Yuliawati pada 2006-2010.

Namun, menurut Dewi Yuliawati, Ustaz Solmed masih mengajaknya berhubungan selayaknya suami istri hingga awal tahun 2011. Tudingan itu telah dibantah oleh pemilik nama Sholeh Mahmoed Nasution tersebut.

Baca Juga:
Punya Hunian Mewah Bak Resort, Ustad Solmed Pernah Tuai Polemik Gegara Pasang Tarif Tinggi - Nominalnya Gak Kira kira

2. Interaksi dengan Wanita

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Sebelum menikah dengan April Jasmine, Ustaz Solmed sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan Syahrini. Kekaguman terhadap Ustaz Solmed pun sempat diungkapkan istri Reino Barack tersebut kala itu.

Ketika taaruf dengan April Jasmine pun, Ustaz Solmed juga ramai dikritik bahkan oleh FPI. Ustaz Solmed dan April Jasmine dinilai terlalu sering mempertontonkan kemesraan di layar kaca.

Baca Juga:
Tak Hanya dari Dakwah, Ini 6 Sumber Kekayaan Ustaz Solmed

3. Naikkan Tarif Ceramah

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Pada 2013, seorang TKI menuliskan surat terbuka kepada Ustaz Solmed yang awalnya meminta honor seikhlasnya serta dua tiket pesawat untuk mengisi ceramah di Hongkong.

Majelis yang menggelar acara lantas menyiapkan honor Rp8 juta, tetapi Ustaz Solmed disebut meminta Rp10 juta. Selain itu, ada pula surat terbuka karena Ustaz Solmed menyinggung TKI Hongkong sebagai komunis.

Baca Juga:
Ustaz Solmed Bayar Cash Rumah Mewah Harga Puluhan Miliar Rupiah di Bogor

4. Gabung FPI

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Keterlibatan Ustaz Solmed dengan Forum Pembela Islam (FPI) pun sempat menuai kontroversi. Ustaz Solmed kala itu menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen).

Pada 2013, FPI menyatakan telah memecat Ustaz Solmed karena kontroversi memasang tarif tinggi. Ada juga kabar yang menyebut alumni UIN Syarif Hidayatullah ini memilih keluar dari FPI karena fokus berdakwah di televisi.

5. Menghina Narji

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Ustaz Solmed pernah pula bikin geger gara-gara menyebut takdir Narji seperti iblis yang diciptakan untuk menggoda dan dicaci maki manusia. Komentar itu dilontarkan Ustaz Solmed di salah satu acara musik televisi.

Ustaz Solmed sampai ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena 'candaan' tersebut. KPI menganggap candaan Ustaz Solmed kepada Narji amat keterlaluan.

6. Berseteru dengan Panitia Pengajian

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Panitia pengajian di Cisewu, Garut, Jawa Barat, menuding Ustaz Solmed melanggar perjanjian kontrak kerja berceramah pada 2021. Sebaliknya, Ustaz Solmed menuding panita membawa 25 slop rokok herbal senilai Rp5 juta tanpa membayar.

Fitnah tersebut membuat Ustaz Solmed tak segan membuat laporan ke Polda Metro, Jawa Barat. Pada akhirnya mereka berdamai. Bapak tiga anak itu pun mencabut laporannya terhadap panitia.

7. Dianggap Riya'

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Ustaz Solmed baru-baru ini menanggapi tudingan riya' karena memamerkan rumah barunya. Menurut Ustaz Solmed, ada ayat yang membolehkan untuk memberitahukan nikmat yang didapatkan dari Tuhan.

Bukan kali ini saja, Ustaz Solmed sebenarnya sudah beberapa kali dianggap riya'. Sebelumnya Ustaz Solmed memamerkan mobil sport Lamborghini Gallardo, Rubicon, hingga motor tiga roda seharga 3 unit Toyota Avanza.

Itu dia sederet kontroversi Ustaz Solmed sebagai pendakwah selama kurang lebih 23 tahun. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More