Ade Wismoyo | MataMata.com
Film Indonesia Dicekal di Malaysia (imdb)

Matamata.com - Film Siksa Neraka yang sukses di dalam negeri ternyata dicekal di Malaysia dan Brunei Darussalam. Film horor religi arahan sutradara Anggy Umbara tersebut dipastikan tidak akan bisa disaksikan oleh warga negara tetangga.

Kabar tersebut diumumkan oleh Antenna Entertainment, distributor film-film Indonesia di dua negara tersebut.

"Untuk kalian yang sudah menunggu, Siksa Neraka dicekal di Malaysia dan Brunei," tulisnya seperti dikutip pada Rabu (10/1/2024).

Baca Juga:
Laku Keras di Indonesia, Kenapa Film Siksa Neraka Dilarang Tayang di Malaysia dan Brunei Darussalam?

Belum diketahui secara jelas apa yang membuat Siksa Neraka sampai dilarang tayang di sana. Padahal penduduk dua negara tersebut mayoritas beragama Islam.

Siska Neraka merupakan film horor religi tentang orang-orang yang mendapatkan balasan penyiksaan di akhirat atas perilaku buruk mereka selama di dunia.

Seharusnya film semacam ini bisa menjadi teguran untuk umat Islam. Oleh karena itu banyak yang bertanya-tanya kenapa Siksa Neraka dicekal.

Baca Juga:
Cerita Waria Tobat setelah Tonton Film Siksa Neraka, Akui Ditemui Malaikat buatnya Merangkak Minta Ampun

Ini bukan pertama kalinya film Indonesia dilarang tayang di Malaysia. Sebelumnya ada dua film yang bernasib sama. Apa saja?

1. Rumah Dara (2009)

Film Indonesia Dicekal di Malaysia (imdb)

Rumah Dara merupakan film horor garapan sutradara Kimo Stamboel. Film ini dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle.

Baca Juga:
Lucinta Luna Ketakutan Nonton Film Siksa Neraka, Auto Berjanji Ingin Berubah di Tahun 2024: Sebelum Terlambat

Cukup sukses di tanah air, Rumah Dara diputar di Singapura, Amerika Utara, dan Korea. Namun film ini tak lulus sensor di Malaysia sehingga dilarang tayang di Negeri Jiran.

Rumah Dara menceritakan sekelompok pemuda yang terjebak di rumah seorang pembunuh misterius. Banyak adegan gore alias berlumuran darah yang cukup sadis.

2. The Raid 2: Berandal (2014)

Baca Juga:
Film Siksa Neraka Sukses Bikin Seorang Waria Insaf, Ivan Gunawan Ngeles saat Disuruh Nonton: Hidayah Itu Mahal

Film Indonesia Dicekal di Malaysia (imdb)

Selain Rumah Dara, The Raid 2: Berandal menjadi film yang dicekal di Malaysia. Film ini awalnya akan ditayangkan pada 27 Maret 2014, tapi urung dilakukan.

Pemerintah Malaysia melarang penayangan sekuel The Raid (2011) ini tanpa mengungkap sebabnya. Netizen menduga alasannya karena banyak adegan yang mengandung kekerasan.

Plot cerita film ini memang berpusat pada balas dendam Iko Uwais sebagai Rama terhadap Bejo (Alex Abbad), pembunuh kakaknya. Cukup banyak adegan aksi yang penuh darah.

Itu dia dua film selain Siksa Neraka yang dicekal di Malaysia. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More