Ade Wismoyo | MataMata.com
Ustad Solmed pernah tuai polemik gegara pasang tarif tinggi saat diundang ceramah ke Hongkong.

Matamata.com - Ustaz Solmed sedang disorot karena dicap hobi pamer kekayaan. Mulai dari rumah bak istana hingga barang mewah, seperti motor Can-Am Spyder F3-S yang dibanderol sekitar Rp700 juta.

Tak heran jika julukan sebagai ustaz yang riya pun disematkan oleh para netizen yang jengah melihat aksi Ustaz Solmed dan sang istri April jasmine.

Tak tinggal diam, sang ustaz lantas menyampaikan pembelaan. Menurutnya, apa yang dilakukannya juga pernah diterapkan oleh Nabi Sulaiman serta Nabi Muhammad di zaman dahulu.

Baca Juga:
Persilahkan Orang Marah-marah karena Konten Rumah Mewah, Ustaz Solmed Anggap Kritik Netizen Sebagai Hiburan: Mungkin Lagi Dicari Debt Colector

Kata-kata tersebut meluncur dari mulut Ustaz Solmed saat hadir di program Pagi-Pagi Ambyar Trans TV.

"Seseorang itu kalau kaya atau menunjukkan sesuatu menjadi tidak baik, siapa yang tahu? Kalau Nabi Sulaiman itu kaya, semua orang tahu. Berarti kekayaannya tampak, Abdurrahman bin Auf, tampak kekayaannya," ujar Ustaz Solmed.

"Tampak atau menampakkan?" tanya Rian Ibram sebagai host, dikutip pada Selasa (16/1/2024).

Baca Juga:
Ustaz Solmed dan Istri Pamer Bagi-bagi Duit Sampai Ejek Orang Berbeban Hidup Berat, Dikecam Netizen: Dulu Nangis Gak Bisa Bayar Listrik

"Menampakkan, sehingga orang jadi tahu bagaimana Rasulullah memberikan mahar 20 ekor unta terbaik kepada Khadijah," ucap dai 40 tahun ini.

Ustaz Solmed menyebut, harga satu unta berkisar di angka Rp35 miliar jika dikonersi menggunakan kurs Khalifah Dubai.

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

"Berarti Rasulullah miskin atau kaya? Nabi Muhammad itu kaya, bisa kasih unta terbaik kepada Khadijah," imbuhnya.

Baca Juga:
Punya Rumah Megah bak Istana, Bisnis Ustaz Solmed Ternyata Mirip MLM: Anggota Wajib Setoran Awal Rp5 Juta

Tak hanya itu, Ustaz Solmed juga menyinggung sebuah ayat yang mengajarkan orang untuk memamerkan nikmat ke publik. Yakni ayat ke-11 dari surat Ad-Dhuha.

"Ya, pertama ada ayat 'wa amma bini'mati rabbika fa haddits'. Kalau kamu dapat nikmat, kasih tahu. 'Fa haddits' itu kalau bahasa sekarang 'update status', informasikan ke orang," lanjutnya.

Dengan demikian ustaz Solmed menyimpulkan bahwa memamerkan kekayaan akan membuat orang-orang tidak mampu tahu ke mana mereka dapat meminta bantuan.

Baca Juga:
Punya Bisnis yang Mirip-mirip, Ternyata Cara Ustas Yusuf Mansur dan Ustaz Solmed Kontras

Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

"Supaya kalau ada orang susah, ada orang yang tidak punya, dia tahu ke mana harus meminta," bebernya menjelaskan.

Sebelumnya, Ustaz Solmed menuai gunjingan netizen karena dinilai melakukan aksi pamer harta saat memperlihatkan rumah mewahnya. 

Tak sampai di situ saja, ia juga terkesan meremehkan netizen dengan menyinggung banyak dari mereka mungkin sedang menghadapi tagihan pinjol. Hal itu ia lakukan sambil mengumumkan kalau ia baru saja bagi-bagi uang secara cuma-cuma.

Load More