Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Matamata.com - Cynthia Riza yang merupakan istri Giring Ganesha diketahui menjadi caleg DPR RI. Sama-sama jadi calon anggota dewan dari PSI, Cynthia Riza membutuhkan suara di dapil Jawa Tengah V, sementara Giring di dapil Jawa Barat 1. Di dapil tersebut, Cynthia harus bersaing dengan Puan Maharani dari PDIP yang merupakan petahana dan ketua DPR RI saat ini.

Hasil Quick Count menunjukkan bahwa suara sementara yang diperoleh Cynthia Riza lebih unggul dari sang suami. Cynthia Riza mendapat lebih dari 30 ribu suara warga Solo dan sekitarnya, sementara Giring hanya belasan ribu saja.

Perbedaan tersebut membuat Giring Ganesha dibilang memalukan oleh warganet. Namun Giring justru mengaku bangga melihat suara sementara yang diperoleh Cynthia Riza lebih besar darinya.

Baca Juga:
Giring Ganesha Kasih Semangat ke Gibran jelang Debat Cawapres, Beri Saran Pakai Jurus Ini Hadapi Lawan

Cynthia Riza pun mengungkap rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan Giring Ganesha kepadanya. Pencapaian Cynthia Riza dirasa tak lepas dari restu dan dukungan sang suami.

Perjalanan Cynthia Riza meraih suara tinggi pun tak lepas dari cobaan, salah satunya dilaporkan ke Bawaslu. Simak ceritanya melalui profil Cynthia Riza berikut ini.

1. Biodata dan Agama Cynthia Riza

Baca Juga:
Anggap Naura Ayu Giring Opini Lewat Lagu, Devano Danendra Protes: Gue Nggak Boleh Punya Pacar Lagi?

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Cynthia Riza merupakan istri dari Giring Ganesha serta ibu dari empat anak. Lahir pada 12 Juli 1988, Cynthia Riza merupakan kakak dari Tyna Kanna mantan istri Kenang Mirdad. Wanita yang memiliki darah Jawa tersebut beragama Islam seperti sang suami.

2. Pernikahan Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Pernikahan Cynthia Riza dan Giring Ganesha dulunya sempat ditentang hingga tercipta lagu "Dosakah Aku" yang dibawakan Nidji. Orang-orang terdekat menentang lantaran status Cynthia Riza kala itu adalah seorang janda.

Baca Juga:
Giring Ganesha Dilarikan ke IGD, Wajah Pucatnya Bikin Sang Istri Khawatir

Berkat kesabaran dan perjuangan yang tanpa henti, Cynthia Riza dan Giring Ganesha menikah pada 2010 setelah berhasil mendapat restu. Rumah tangga mereka pun terbilang harmonis selama 14 tahun terakhir ini.

Sebelum menjadi istri Giring Ganesha, Cynthia Riza menikah muda dengan pria yang identitasnya sampai saat ini belum terungkap. Dari pernikahan tersebut, Cynthia dikarunia seorang putra.

Cynthia Riza bercerai lantaran mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Sempat menutupi dari almarhum sang ayah, Dwi Handoyo, Cynthia Riza pada akhirnya ketahuan jadi korban KDRT sehingga dipaksa bercerai.

Baca Juga:
Giring Ganesha Berikan Dukungan Buat Tiktokr Bima, Gibran Beri Tantangan: Samperin ke Lampung

3. Perjalanan Karier Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Cynthia Riza mulai dikenal publik sebagai istri Giring Ganesha. Sebelum terjun ke dunia politik, Cynthia Riza menjadi ibu rumah tangga sekaligus influencer dengan jumlah followers Instagram nyaris 300 ribu.

Data goodkind.id menyebut Cynthia Riza pernah menjadi Brand Ambassador Permata Bank pada 2017. Sedangkan akun Instagram @puspenpol mendata istri Giring sebagai Brand Ambassador (BA) Liga Solo.

Cynthia Riza mengaku tertarik menjadi BA Liga Solo karena adanya pembinaan basket sejak kecil. Oleh sebab itu, Cynthia Riza berharap Liga Solo menjadi wadah untuk anak-anak mengasah sportivitas, kejujuran, serta bermain adil dalam berolahraga khususnya basket.

Dunia politik selanjutnya dipilih Cynthia Riza, menyusul karier Giring Ganesha sebagai kader PSI sekaligus Caleg DPR RI. Tiga tokoh politik idola Cynthia Riza rupanya adalah Giring, Presiden Jokowi, dan Cawapres Gibran Rakabuming.

Solo dan Boyolali menjadi dapil Cynthia Riza bukan tanpa sebab. Selain Solo sebagai kampung halaman Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming, Eyang Kakung Cynthia Riza berasal dari Boyolali.

Sebagai penyintas KDRT, Cynthia Riza semakin mantap ikut berjuang bersama PSI. Kini langkah Cynthia Riza sudah semakin dekat dengan perolehan lebih dari 30 ribu suara masyarakat dapil Jawa Tengah V yakni Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Surakarta.

4. Kontroversi Cynthia Riza

Profil Cynthia Riza (Instagram/@cynthiaganesha)

Pada Desember 2023, Cynthia Riza sempat dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Laporan itu terkait dugaan Cynthia Riza berkampanye tanpa izin.

Itu dia profil Cynthia Riza yang mengikuti jejak Giring Ganesha sang suami terjun ke dunia politik. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More