Rabu, 15 Mei 2024
Ade Wismoyo | MataMata.com Sabtu, 14 Januari 2023 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Perjuangan pemuda bernama Tiko dalam merawat ibunya, Eny, sukses menarik perhatian publik. Ia merawat ibunya di rumah mewah tanpa listrik dan air selama 12 tahun.

Ibu Eny mengalami depresi berat setelah ditinggal pergi suami. Meski kondisi mental ibunya tak stabil, Tiko tetap merawatnya dengan sabar.

Lantas bagaimanakah kisah perjuangan Tiko menjaga ibunda tercinta di tengah segala keterbatasannya? Simak selengkapnya di sini!

Baca Juga:
Nathalie Holscher Belikan Tiko dan Ibu Eny Emas, Malah Tuai Kritikan Pedas

Tiko merupakan anak tunggal dari pasangan suami istri yang sudah bercerai pada 2011 lalu. Sejak perceraian orang tuanya, Tiko tinggal bersama ibunya yang bernama ibu Eny di sebuah rumah mewah.

Ayah Tiko dulu merupakan seorang pejabat dan memiliki bisnis yang menjanjikan. Para tetangga menuturkan bahwa kediaman mereka dulu paling mewah di kompleks.

Ibu Eny mengalami depresi berat setelah bercerai dan ditinggal sang suami. Tiko merawat ibunya sendirian di rumah mewah sambil menjadi tulang punggung keluarga.

Baca Juga:
7 Fakta Rumah Mewah Ibu Eny dan Tiko, Hidup Belasan Tahun Tanpa Listrik dan Air Bersih

Sejak bercerai, ayah Tiko sama sekali tidak pernah mengunjungi anak dan mantan istrinya. Hanya rumah mewah saja yang ditinggalkan untuk mereka.

Meski tinggal di rumah mewah, kehidupan Tiko dan Ibu Eny berubah drastis sejak ditinggal sang Ayah. Selain hidup tanpa listrik, Tiko harus menampung air hujan dalam ember yang diletakkan di depan rumah untuk kebutuhan sehari-hari.

Tak hanya mengalami kesulitan ekonomi, Tiko harus menghadapi sikap ibunya yang berubah. Ibu Eny sering berbicara sendiri dan marah-marah tanpa sebab.

Baca Juga:
9 Fakta Perjuangan Tiko Merawat Ibu Eny, 12 Tahun Hidup Tanpa Listrik dan Air

Demi bertahan hidup, Tiko melakukan segala macam cara, mulai dari menjual perabot rumah, berjualan makanan, hingga sekarang menjadi satpam di komplek perumahan yang mereka tinggali.

Tiko selalu menyisihkan uang dari penghasilannya jadi satpam untuk memenuhi kebutuhan perawatan ibu Eny yang mengalami depresi berat.

Mau tidak mau, Tiko harus putus sekolah sejak SMP akibat kondisi ekonomi yang memburuk membuatnya jadi tulang punggung keluarga. Namun kini Tiko melanjutkan pendidikannya dengan mengambil kelas paket C tanpa biaya.

Diketahui rumah mewah yang ditinggali Ibu Eny dan Tiko tidak dilengkapi dengan listrik dan air bersih. Selama 12 tahun tinggal di rumah tersebut, Tiko merawat sang ibu yang diduga mengalami depresi sejak tahun 2010 silam.

Kisah viral rumah mewah Ibu Eny berawal dari sebuah konten YouTube. Keberadaan Tiko dan Ibunya pun mulai terkuak ke hadapan publik berkat konten horor milik Bang Brew TV. Konten di sebuah rumah kosong inilah yang akhirnya membuat petugas Damkar mengirimkan bantuan.

Sejak videonya viral, rumah itu pun kini ramai jadi tempat bikin konten. Masyarakat sekitar mulai melakukan siaran langsung hingga mengambil foto bersama di depan rumah tersebut.

Sebelum dibersihkan dengan bantuan damkar, ternyata rumah Ibu Eny hampir pernah disita. Hal ini dilaporkan oleh seorang YouTuber yang sempat membuat konten di rumah tersebut.

Selain dibersihkan, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur juga menyemprotkan disinfektan ke rumah Ibu Eny dan Tiko. 

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. Penyemprotan pun dilakukan di seluruh ruangan, mulai dari bagian lantai bawah, kamar mandi, dapur, hingga ke lantai atas.

Meski telah dibersihkan pada 4 Januari 2023 lalu, namun rencananya petugas Damkar akan kembali membersihkan ruang tersebut. Hal ini diungkap oleh Kepala Pleton Jakarta Timur, Hery Widy. Selama rumahnya diperbaiki, Kini Tiko diketahui tinggal di post satpam untuk sementara waktu.

Sejak kisah rumahnya viral, Tiko mulai mendapat berbagai jenis bantuan dari para warga maupun konten kreator. Ia juga mendapat pekerjaan dari John LBF dan ditawari gaji hingga 10 juta rupiah.

Demikianlah kisah Tiko merawat ibunda yang mengidap gangguan jiwa di rumah tanpa listrik. Ulasan selengkapnya bisa disimak lewat video di atas ya!