Sabtu, 27 April 2024
Nur Khotimah | MataMata.com Selasa, 07 Februari 2023 | 19:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari Nunung Srimulat. Jarang terdengar sakit, Nunung mengabarkan bahwa dirinya divonis menderita kanker payudara.

Bukan cuma Nunung, sebelumnya juga ada beberapa artis yang lebih dulu terungkap mengidap penyakit yang sama. Lantas, siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nunung

Baca Juga:
Pilunya Reaksi Sule Tangisi Nunung Srimulat yang Divionis Idap Kanker Payudara: Kalo Ada Apa-apa Bilang

Nunung Srimulat mengungkap penyakitnya saat jadi bintang tamu di kanal YouTube MOP Channel milik Ruben Onsu. Ia mengaku begitu sedih saat pertama kali divonis mengidap kanker payudara oleh dokter.

"Nah, tiba-tiba ada sakit yang baru didiagnosa. Ada kanker payudara. Ya, pasti saya sedih, saya sedih tapi enggak boleh marah," tutur Nunung dalam tayangan YouTube Ruben Onsu.

Gejala awal yang dirasakan oleh Nunung adalah pegal-pegal di bagian lengan. Ia juga menemukan benjolan di bagian tubuhnya sejak lama. Namun karena tidak mengganggu aktivitas, Nunung tak begitu ambil pusing dengan benjolan tersebut.

Baca Juga:
4 Artis Berjuang Lawan Kanker Payudara, Terkini Nunung Srimulat

"Sebetulnya sudah lama (menemukan benjolan). Aku pikir awalnya benjolan biasa saja karena selama ini enggak ganggu. Aku ada curiga karena keluarga aku ada genetik cancer, ibu, bapak sama kakak, dia sama kayak saya," lanjut Nunung.

Setelah memeriksakannya di rumah sakit, benar saja. Komedian berusia 59 tahun itu didiagnosa mengidap kanker payudara. Saat ini dia tengah menjalani pengobatan biopsi yang disebutnya sangat menyakitkan hingga membuat dirinya berteriak.

Karena harus fokus dengan pengobatan dirinya, Nunung pun terpaksa memulangkan anggota keluarganya ke Solo. Ia memberi pengertian kepada mereka tentang kondisi yang kini sedang dihadapi olehnya.

Baca Juga:
Idap Kanker Payudara, Nunung Pulangkan Keluarga Ke Solo: Tak Mampu Nafkahi?

"Anak-anak sementara kan sudah saya pulangin ke Solo semua, keluarga. Jadi, aku sama suami biar fokus di sini buat pengobatan dulu," tutup Nunung.

2. Aida Saskia

Selain Nunung, artis lain yang juga berjuang melawan kanker payudara adalah penyanyi dangdut Aida Saskia. Ia berjuang melawan kanker payudara stadium 3 sejak Oktober 2021 lalu. Aida melakukan berbagai upaya untuk bisa sembuh dari salah satu penyakit mematikan di Indonesia ini, salah satunya dengan kemoterapi.

Akibat dari kemoterapi yang dijalani, Aida memangkas habis rambutnya. Ibu dua anak itu juga melakukan operasi pengangkatan payudara. Ia sempat menuliskan curhatan pilu di media sosial miliknya.

"Segala kekhawatiran kini mulai menjadi nyata. Namun aku terus mencoba menikmati prosesnya, walaupun ternyata butuh mental dan fisik yang lebih kuat lagi," tulis Aida Saskia sambil membagikan foto dirinya berkepala plontos di Instagram pada April 2022 lalu.

"Semoga Allah terus menambahkan kekuatan yang ekstra dalam proses yang masih panjang ini. Ini bukan hal yang mudah bagiku, tapi ini tidak juga terasa sulit jika masih ada yang menganggpmu berharga. Walau seluruh dunia berkata kau tak lagi berharga," imbuhnya.

Sebelumnya, Aida Saskia menjalani beberapa kali operasi demi bisa sembuh dari kanker payudara yang dideritanya. Walau telah diizinkan pulang, Aida masih diharuskan untuk melakukan sejumlah perawatan. Ia masih harus menjalani kemoterapi yang dilakukan secara berkala.

"Proses kemoterapi adalah proses yang paling menakutkan bagi saya, tapi saya bisa apa selain pasrah dan menjalaninya, berharap ada keajaiban dan Allah mau berbaik hati mengangkat segala penderitaan yang sedang kujalani," tulis Aida lagi.

3. Rima Melati

Artis Tanah Air yang pernah berjuang melawan kanker payudara adalah mendiang Rima Melati. Rima Melati divonis mengidap kanker payudara stadium 3B di usia ke-45 tahun.

Pada saat itu, Rima Melati mulai curiga karena menemukan benjolan di bagian payudaranya. Dalam perjuangannya melawan penyakit ini, Rima sampai jauh-jauh berobat ke Belanda.

Selama bertahun-tahun harus menjalani banyak terapi untuk dapat sembuh dari kanker, Rima akhirnya dinyatakan sembuh dan bebas dari kanker payudara.

Setelah berhasil sembuh, Rima pun aktif dalam menyuarakan semangat serta perhatiannya terhadap para penyintas kanker dan memotivasi mereka karena dirinya dapat sembuh dari penyakit mematikan tersebut.

Namun, kondisi Rima kembali menurun sejak meninggalnya sang suami, Frans Tumbuan pada tahun 2015 lalu. Hingga akhirnya Rima Melati menghembuskan napas terakhir di usia 82 tahun pada 23 Juni 2022 lalu karena sakit.

Sahabat mendiang Rima Melati, Widyawati mengungkap adanya penyakit lain yang diderita sang artis. Antara lain penyakit ukus decubitus atau jenis penyakit yang menimbulkan luka pada kulit karena terlalu lama tertekan.

Penyakit tersebut membuat kondisi Rima terus menurun dan juga menghadapi situasi komplikasi dalam tubuhnya. Rima juga diketahui beberapa kali melakukan cuci darah karena komplikasi yang dideritanya menyerang banyak organ tubuh seperti paru paru dan ginjal.

4. Yana Zein

Berikutnya ada mendiang Yana Zein. Yana Zein diingat sebagai sosok yang berjuang keras melawan kanker payudara sejak tahun 2015. Awalnya, Yana Zein mengetahui ada benjolan di daerah payudaranya. Namun ia tak langsung mengambil jalur medis untuk melawan penyakit tersebut.

"Jadi, dulu, setahun yang lalu, saya merasa ada benjolan di payudara. Tapi karena pada waktu itu saya pikir masuk angin biasa kan biasanya ada kelenjar, terus enggak sakit kan," ungkap Yana Zein, ditermui di ruang perawatan Rumah Sakit Siloam, Tb. Simatupang, Jakarta Selatan pada Desember 2016.

"Di tengah perjalanan (syuting sinetron) kok tambah membesar, tambah membesar, tapi pada saat itu, saya belum berobat medis, masih alternatif. Jadi tiba-tiba sewaktu-waktu pada saat sinetron mau habis, tiba-tiba payudara saya pecah," kata Yana Zein lagi.

Saat itu, pihak pengobatan alternatif pun menyatakan bahwa Yana Zein mengidap penyakit kanker. Ia lantas periksa ke dokter dan kankernya sudah stadium tiga.

"Pada saat saya berobat ke alternatif, mereka mengatakan bahwa saya terkena kanker payudara. Pengobatan (medis) saya terlambat ya, pas saya berobat awal ke dokter, saya kena stadium 3," tutur Yana Zein.

Aktris yang langganan peran jahat ini pun melakukan berbagai upaya mulai dari kemoterapi dan fisioterapi hingga pengobatan di Tiongkok. Sayangnya kanker payudara yang diidapnya menyebar ke liver dan kelenjar getah bening. Yana Zein meninggal dunia pada tahun 2017 setelah menyerah dari penyakit yang dideritanya selama dua tahun.

5. Artis Penyintas Kanker Payudara

Selain nama-nama di atas, ada deretan artis lain yang berhasil melawan kanker payudara dan menjadi penyintas. Beberapa di antaranya adalah Pevita Pearce yang didiagnosa mengidap kanker payudara pada tahun 2013. Ia langsung menjalani perawatan hingga akhirnya dinyatakan sembuh total.

Artis lain yang sembuh dari kanker payudara adalah Andien Aisyah. Penyakit itu muncul ketika Andien masih duduk di bangku SMA. Ia melakukan beragam perawatan termasuk operasi pengangkatan tumor. Sejak dinyatakan sembuh, Andien langsung mengubah gaya hidupnya hingga sekarang.

Selanjutnya adalah Robby Purba. Ya, kanker payudara ternyata tidak hanya menyerang perempuan. Robby Purba didiagnosa menderita kanker payudara setelah mengalami rasa sakit di bagian dada selama 9 bulan. Sempat dikira karena sakit jantung, Robby Purba rupanya mengidap kanker payudara.

Itulah deretan artis yang berjuang lawan kanker payudara. Nantikan info terupdate lainnya di YouTube Sorot Mata.