Kamis, 16 Mei 2024
Yulia Rosdiana Putri | MataMata.com Senin, 13 Februari 2023 | 20:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Nikita Willy tengah menjadi sorotan publik. Gaya parenting yang ia lakukan kepada Baby Izz dinilai unik dan berbeda oleh publik.

Mulai dari menerapkan sleep training untuk sang buah hati, sampai pada larangan untuk menggunakan gadget karena bisa mengganggu aktivitas yang lain.

Gaya parenting Nikita Willy ini rupanya menuai pro kontra. Lantas seperti apa gaya parenting Nikita Willy? Simak gaya parentingnya secara detail dalam artikel ini.

Baca Juga:
Gaya Parenting Nikita Willy Jadi Idaman, Malah Kena Nyinyir: Gak Bikir Harga Beras

1. Tidak Percaya pada Mitos

Gaya Parenting Nikita Willy (instagram/@nikitawillyofficial94)

Pertama, Nikita Willy menekankan jika dirinya tak percaya pada mitos, untuk urusan merawat sang buah hati, Baby Isaac.

Hal ini dibuktikan dengan dirinya dan Indra Priawan yang mengajak Baby Izz keluar rumah pertama kali. Padahal saat itu, usia Baby Izz belum genap 40 hari.

Baca Juga:
Devano Danendra Makin Nyentrik Pakai Kutek, Gaya Parenting Iis Dahlia Dipertanyakan

Nikita Willy dan suami mengajak putra mereka liburan ke gurun di Taman Nasional Joshua Tree, California. Nikita Willy mengunggah momen tersebut di Instagram pada 8 Mei 2022. 

Aksinya pun mengejutkan publik dan mendapatkan protes dari netizen. Sementara bagi Nikita, momen tersebut adalah liburan yang spesial.

Pasalnya, saat itu merupakan kali pertama Nikita mengajak sang buah hati berpergian jauh menggunakan mobil setelah lahir.

Baca Juga:
Dulu Dikritik, Ini 8 Gaya Parenting Nikita Willy yang Kini Dipuji Beda Kelas dengan Ria Ricis

2. Membacakan Buku Sejak Dini

Gaya Parenting Nikita Willy. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Gaya parenting kedua ala Nikita Willy ini berhasil membuat publik takjub. Lantaran Nikita cukup aktif untuk mengajak Baby Izz untuk berkomunikasi.

Meski masih bayi, Nikita Willy dan Indra Priawan sudah membiasakan diri untuk membacakan buku cerita pada Baby Izz.

Kebiasaan ini pun banjir pujian lantaran, membacakan buku sudah terbukti baik untuk membantu perkembangan anak sejak dini.

Nikita Willy pernah menunjukkan momen dirinya membacakan buku dongeng sebelum tidur. Menariknya, buku dongeng yang dibacakannya justru berbahasa Inggris.

Namun Nikita tak memaksakan diri untuk membacakan dongengnya sampai selesai. Biasanya Nikita hanya membacakan sekitar dua halaman dan selesai.

3. Menerapkan Sleep Training

Gaya Parenting Nikita Willy. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Selanjutnya, gaya parenting Nikita Willy ini sempat membuat publik terkejut. Lantaran banyak orang yang tak memikirkan akan menerapkan hal seperti ini.

Ternyata Baby Izz bisa dibilang berbeda dari bayi pada umumnya. Nikita dan Indra memutuskan untuk membiarkan sang buah hati tidur sendirian di kamar.

Meski begitu, Nikita menggunakan metode bernama sleep train yang membuat anak bisa tidur terpisah dari orang tuanya tanpa rewel.

Tak tanggung-tanggung, Nikita dan Indra selaku orang tua bahkan menyewa jasa sleep trainer untuk bisa melatih Baby Izz ti

Metode ini terbilang masih jarang diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, metode ini bisa dipraktikkan berbeda-beda, tergantung pola tidur dan usia dari si bayi.

4. Memberikan MPASI

Gaya Parenting Nikita Willy. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Beda dari sebelumnya, gaya parenting ala Nikita Willy yang keempat ini justru banyak mendapatkan komentar yang pedas dari netizen.

Bagaimana tidak? Dengan usia Baby Izz yang belum genap satu tahun, Nikita Willy memutuskan untuk memberikan  memberikan MPASI.

Nikita membiarkan sang putra makan sendiri. Bahkan Nikita juga membiarkan putranya makan paha ayam di usianya yang baru 6 bulan.

Metode yang diterapkan oleh Nikita Willy ini dikenal dengan nama metode BLW alias Baby Led Weaning.  Metode ini digunakan untuk perkembangan motorik mulut. 

Meski banyak mendapat komentar negatif, Nikita Willy ternyata menyiapkan sendiri MPASI untuk Baby Izz, tanpa adanya buku resep.

5. Mencoba Toilet Training

Gaya Parenting Nikita Willy. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Nikita Willy ternyata juga menerapkan metode menarik lainnya, yang dikenal dengan nama toilet training. Metode ini sebenarnya sudah cukup terkenal di Indonesia.

Nikita Willy memulainya dengan mengajari Baby Izz cara menggosok gigi dengan sikat khusus. Selain itu, Nikita Willy hanya  memandikan Baby Izz di malam hari. 

Hal itu pernah diungkapnya saat menjawab pertanyaan netizen kenapa tak pernah melihat momen Baby Izz mandi selama unggahan di Instagram.

Bahkan Nikita dan Indra pernah memilih makan di toilet sembari memandikan Baby Izz. Mereka melakukannya karena tak ingin mengganggu buah hatinya yang tertidur.

Konon, Baby Izz sudah terbiasa tidur dalam keadaan lampu dimatikan alias gelap di malam hari. Sepertinya metode sleep train juga berperan dengan baik.

6. Tak Takut Kotor

Gaya Parenting Nikita Willy. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Gaya parenting lainnya dari Nikita Willy adalah tak takut kotor. Gaya parenting ini sebenarnya sudah banyak dipraktikkan oleh para Bunda.

Nikita Willy tak pernah melarang Baby Izz untuk bermain permainan yang mungkin bisa mengotori, tak hanya bajunya, namun badannya.

Nikita juga membiarkan Baby Izz bermain di pantai dengan kaki telanjang. Meski tak masalah jika Baby Izz mengotori badannya, Nikita tetap memperhatikan kebersihan dari sang buah hati.

Dibandingkan menyekolahkan anaknya sebelum berusia satu tahun, Nikita Willy memilih untuk bebaskan anaknya bermain,  dan kotor-kotoran di luar rumah

"Belum ada rencana apa-apa, aku juga nggak ngerti, kadang kan ada orang yang udah masukin anak (sekolah) dari umur 10 bulan. Kayaknya kalau aku nggak, sih. Yang penting dia bebas main apapun, main sekotor apapun," ujar Nikita Willy.

7. Tidak Memberikan Gadget

Gaya Parenting Nikita Willy. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Terakhir, gaya parenting Nikita Willy ini cukup mendapatkan pujian dan diacungi jempol oleh netizen. Tak ingin mengikuti tren, Nikita Willy bersikeras untuk tak memberikan gadget kepada Baby Izz.

Apalagi membiarkan sang buah hati menghabiskan waktunya hanya untuk gadget. Soal gadget ini, Nikita Willy juga mendapatkan saran dari dokter pribadi Baby Izz. Agar nantinya fokus tak teralihkan dan tidak menimbulkan kecanduan.

Termasuk saat makan, Nikita Willy ingin Baby Izz fokus pada makanan yang ada di depannya dan bukan hal lain. Namun beda halnya dengan televisi.

Sesekali Nikita Willy membiarkan sang putra untuk menonton televisi bersama. Dibandingkan dengan gadget, Nikita dan Indra memilih mengajak putranya berenang bersama.

Itulah deretan gaya parenting Nikita Willy, yang mendapatkan cibiran sekaligus pujian dari publik. Baca berita terupdate lainnya di Matamata.