Senin, 29 April 2024
Muhammad Azy Aminullah | MataMata.com Selasa, 14 Februari 2023 | 21:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Gara-gara Gita Savitri, topik childfree atau pilihan untuk tidak punya anak jadi topik hangat di media sosial belakangan ini.

Beberapa artis Tanah Air juga menganut pandangan untuk childfree. Akan tetapi, tidak semua artis yang memilih childfree punya motif sama dengan Gita Savitri.

Lantas, siapa sajakah artis yang memutuskan untuk childfree? Lalu, apa motif mereka memilih tidak punya anak? Mari kita bahas.

Baca Juga:
Pilih Childfree seperti Gita Savitri, Alasan Cinta Laura Banjir Pujian

1. Gita Savitri 

Kontroversi Gita Savitri. (Instagram/@gitasav)

Selebriti pertama yang blak-blakan mengumumkan tidak akan memiliki anak alias childfree adalah Gita Savitri. Keputusan Gita Savitri untuk tidak memiliki anak ini didukung penuh oleh suaminya.

Gita Savitri menilai, dirinya tidak sanggup mengemban tanggung jawab besar sebagai orang tua. Selain itu, dia juga merasa sudah bahagia dengan kehidupan rumah tangganya kendati tidak dikaruniai anak.

Baca Juga:
6 Artis Memutuskan Childfree, Ada yang Tak Mau Tambah Populasi Manusia sampai Ingin Awet Muda

Belakangan ini, Gita Savitri rupanya memiliki motif lain di balik keputusan tidak akan memiliki anak. Gita Savitri mengungkap, dirinya ingin menghindari stres karena kehadiran buah hati.

Dalam opininya, Gita Savitri mengeklaim tidak adanya kehadiran anak bisa membuat penampilan terlihat awet muda.

"Tidak punya anak merupakan rahasia alami awet muda. Kita bisa tidur 8 jam setiap hari, enggak stres dengerin anak teriak. Ketika akhirnya punya kerutan, kita punya uang untuk botox," ujar Gita Savitri.

Baca Juga:
Dian Sastro Sentil Gita Savitri Tentang Childfree Bikin Awet Muda!

Imbas opini kontroversi tersebut, Gita Savitri menuai kritik pedas dari sejumlah netizen hingga beberapa kalangan artis.

Gita Savitri dianggap berlebihan mengglorifikasi pandangan childfree dan merendahkan status primordial seorang ibu.

2. Rina Nose

Rina Nose. (Instagram/@rinanose16)

Selebriti Tanah Air selanjutnya yang menganut pandangan childfree adalah Rina Nose. Selaras dengan Gita Savitri, Rina Nose juga sudah mendapat persetujuan dari suaminya, Joscy Aartsen.

Meskipun suka dengan tingkah imut anak kecil, Rina Nose menyadari kalau punya momongan memiliki tanggung jawab yang besar.

"Gue seneng anak kecil, lucu. Masalahnya, punya anak bukan buat lucu-lucuan. Lucunya sementara, paling beberapa tahun. Nanti, habis itu problem muncul kan?" tutur Rina Nose.

Oleh karena itu, Rina Nose memutuskan untuk tidak memiliki anak karena ingin meminimalisir kemungkinan adnya masalah di waktu mendatang.

"Ibaratnya gini, hidup sudah banyak masalah. Nanti kalau menambah anak, itu akan tambah masalah sudah pasti," sambung Rina Nose.

Pasca melontarkan argumennya, Rina Nose mendapat kritik dari beberapa kalangan. Rina Nose dianggap menyamakan kehadiran anak sama dengan masalah.

3. Chef Juna

Chef Juna Rorimpandey (Youtube.com)

Salah satu juri MasterChef Indonesia, Chef Juna, menambah panjang daftar selebriti yang memutuskan untuk childfree.

Tinggal di Amerika Serikat selama belasan tahun mempengaruhi pandangan hidup Chef Juna. Dia berpandangan untuk menjunjung tinggi kebebasan.

Pandangan hidup Chef Juna yang menjunjung tinggi kebebasan tersebut juga menurun kepada persoalan memiliki momongan.

"Menikah itu tidak harus, punya anak itu tidak harus. Bahkan bukan menikah dan punya anak saja, saya tidak mau membebani hidup dengan kata 'harus'," ucap Chef Juna.

Oleh karena itu, Chef Juna menegaskan jika dirinya tidak ingin memaksa sang istri untuk mengandung dan memiliki anak.

"Kita tidak bisa menginginkan sesuatu, tapi yang bersangkutan, dalam hal ini istri, keberatan. Itu sama dengan memaksakan kehendak," sambung Chef Juna.

4. Cinta Laura 

Potret Cinta Laura dan Arya Vasco di Amerika. (Instagram/claurakiehl)

Berbeda dengan ketiga selebriti sebelumnya, Cinta Laura belum menyandang status sebagai pasangan sah seseorang.

Meski belum menikah, Cinta Laura sudah berprinsip enggan memiliki anak dalam waktu dekat. Cinta Laura berdalih, populasi manusia di Bumi sudah terlalu banyak.

"Dunia kita sangat over populasi. Terlalu banyak manusia tinggal di dunia ini," ucap Cinta Laura.

Alih-alih melahirkan anak sendiri, Cinta Laura memilih untuk mengadopsi anak-anak yang terlantar kelak.

"Kenapa aku harus melahirkan manusia lagi kalau aku bisa mengadopsi anak yang sekarang enggak punya siapa pun yang menjaga mereka?" lanjut Cinta Laura.

5. Anya Dwinov 

Anya Dwinov. (Instagram/anyadwinov)

Selaras dengan Cinta Laura, Anya Dwinov juga belum menjalin bahtera rumah tangga kendati sudah berpacaran sekitar 10 tahun lamanya.

Anya Dwinov merasa sangat bahagia dengan hubungannya yang sekarang tanpa harus mengikatnya dalam sebuah tali pernikahan.

"Aku memang bersyukur untuk bentuk kebahagiaan aku sekarang, sudah luar biasa yang aku rasakan tanpa harus menambahkan tanda tangan di atas materai untuk sebuah ikatan perkawinan," kata Anya Dwinov.

Selain itu, Anya Dwinov juga terang-terangan mengaku enggan memiliki anak. Pasalnya, bintang sinetron Jinny oh Jinny itu takut gagal menjadi orang tua.

"Aku takut gagal jadi orang tua. Aku takut anak aku adalah produk gagal yang akan mengecewakan masyarakat, akan merusak masyarakat," tandas Anya Dwinov.

Keputusan wanita 39 tahun tersebut untuk tidak memiliki anak di waktu mendatang rupanya sudah mendapat restu dari sang ibu.

"Aku akhirnya memutuskan bercerita setelah berhasil menyampaikan kepada mama aku. Aku memikirkan ini sejak umur 20-an," sambung Anya Dwinov.

6. Leony Vitria 

Leony Vitria Hartanti. (Instagram/leonyvh)

Selebriti Tanah Air terakhir yang memutuskan untuk tidak menikah dan tidak memiliki anak adalah Leony Vitria. Keputusan tersebut sudah dia ambil saat usianya 27 tahun.

Personil Trio Kwek Kwek menilai pernikahan adalah suatu hal yang sakral. Oleh karena itu, dia tidak ingin main-main dengan pernikahan.

Akan tetapi, Leony Vitria tidak memiliki niatan untuk menikah. Dia mengaku tidak pernah memilikirkan pernikahan impian untuk masa depannya.

"Saya enggak pernah kepikiran pengin menikah atau apa. Zaman SMA tuh anak-anak ABG cewek kan suka pada bikin dream wedding. Saya tuh enggak pernah ada fantasi-fantasi kayak gitu," tutur Leony Vitria.

Perihal keputusannya enggan memiliki anak, Leony Vitria sudah mengutarakannya kepada kedua orang tuanya.

"Aku bilanglah ke orangtuaku, 'Pi, Mi, kayaknya Leony enggak mau nikah deh. Jadi jangan ngarepin cucu ya'," pungkas Leony Vitria.