Minggu, 28 April 2024
Yulia Rosdiana Putri | MataMata.com Jum'at, 24 Maret 2023 | 19:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Belakangan ini, ramai pemberitaan mengenai anak-anak pejabat yang gemar pamer kekayaan. Sementara di sisi lain, ada banyak artis  yang anak pejabat namun justru lebih senang pamer prestasi. 

Para artis ini yang hidup nyaman dengan harta orang tua ini malah memilih berkarier secara mandiri untuk meraih kesuksesan. Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftar artis anak pejabat yang punya banyak prestasi dan karya.

1. Nirina Zubir

Baca Juga:
Viral Anak Pejabat Usia 14 Tahun Diduga Kendarai Mobil Mewah McLaren: Koruptor Pada Galau

Nirina Zubir. (Instagram/nirinazubir_)

Posisi pertama ditempati tak lain oleh aktris dan presenter Nirina Zubir. Nirina mengawali kariernya sebagai penyiar radio sejak tahun 1981.

Namun namanya mulai dikenal publik setelah membintangi film 30 Hari Mencari Cinta (2004). Banyak yang tidak tahu siapa sosok orang tua di balik kesuksesannya.

Nirina Zubir ternyata putri dari seorang diplomat bernama Zubir Amin. Zubir Amin sendiri pernah menjadi diplomat di Madagaskar pada era 1980.

Baca Juga:
Sudah Jadi Ibu-ibu Pejabat, Penampilan Caca Frederica Kuliah Lagi Bikin Salfok

Menariknya, Nirina juga lahir ketika sang Ayah, Zubir Amin bertugas di negara tersebut. Selain itu, Ayah Nirina disebut pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal RI di Marseille, Prancis.

Zubir Amin meninggal dunia pada hari Kamis (23/12/2021), waktu dini hari. Kabar ini disampaikan oleh Nirina Zubir melalui akun Instagram miliknya.

2. Raline Shah

Baca Juga:
Baru Terkuak, Istri-istri Pejabat Pajak Punya Saham di Perusahaan Terafiliasi Rafael Alun: Ternyata...

Raline Shah. (Instagram/ralineshah)

Kemudian ada aktris dan model Raline Shah yang ternyata berasal dari keluarga berprofesi pejabat. Raline Shah sendiri mulai dikenal sejak  menjadi runner up ketiga dalam ajang Puteri Indonesia 2008. 

Raline berhasil meraih puncak popularitas berkat perannya sebagai Riani dalam film 5 Cm (2012). Namun banyak yang tak tahu mengenai selak beluk pekerjaan Ayah Raline yang ternyata seorang diplomat.

Ayah Raline Shah, Rahmat Shah pernah menjadi diplomat di Turki. Selain itu, Rahmat Shah juga merupakan senator MPR periode 1999-2004 dan DPR periode 2009 hingga 2014. 

Meski Ayahnya memiliki jabatan mentereng, Raline Shah memilih untuk tidak sombong apalagi pamer harta. Keluarganya juga dikenal sebagai filantropis.

Hal ini dibuktikan oleh Ibu Raline Shah, Roseline Shah yang mengabdikan diri untuk menjadi penggiat YPAC Medan (Yayasan Pembinaan Anak Cacat), sebuah sekolah untuk anak-anak cacat mental dan fisik.

3. Sherina Munaf 

Sherina Munaf. (Instagram/sherinasinna)

Selanjutnya, ada Sherina Munaf yang sama-sama memiliki seorang Ayah dengan jabatan mentereng. Ayah dari Sherina Munaf, Triawan Munaf, ternyata adalah seorang pejabat.

Sherina Munaf sendiri sudah dikenal sebagai artis cilik. Sherina jelas meraih sukses karena usaha dan bakat bukan karena jabatan orang tuanya. 

Salah satu film yang berhasil melambungkan namanya adalah Petualangan Sherina. Selain itu, Sherina  mengeluarkan beberapa single seperti Simfoni Hitam.

Memiliki pekerjaan sebagai pejabat, Ayah Sherina Munaf pernah menjadi Komisaris Utama Garuda Indonesia pada 2020. Bahkan sebelumnya, pada tahun 2015, Triawan Munaf ditunjuk  sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Triawan Munaf  menyelesaikan pendidikan strata 1-nya di Universitas Parahyangan Bandung di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sebelum akhirnya menekuni bidang industri kreatif dan belajar ilmu organisasi.

4. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan. (Instagram/ivan_gunawan)

Banyak yang tidak menyangka, sosok desainer kondang Indonesia, Ivan Gunawan juga merupakan seorang artis yang memiliki orang tua pejabat.

Ayah Ivan Gunawan adalah Bambang Cahyo yang pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal RI di Toronto. Selain itu, Ayahnya pernah menjabat sebagai Kabid Protokoler Konsuler di Kedubes RI untuk Hong Kong dan Bangkok.

Tak hanya itu, karir Ayah Ivan Gunawan pun semakin sempurna dengan posisi Asisten Deputi IV Menko Polhukam yang pernah diembannya.

Menurut Ivan Gunawan, semasa hidupnya sang ayah dianggap sebagai sosok family man yang menomorsatukan urusan keluarga. Ayahnya diketahui sangat romantis terhadap ibunya.

"Papa family man banget. Sama mama saya memang sering hidup berdua mengikuti penempatan di mana-mana," ucap Ivan.

5. Velove Vexia

Velove Vexia. (Instagram/vaelovexia)

Mantan kekasih Raffi Ahmad, aktris cantik Velove Vexia juga berasal dari keluarga dengan profesi pejabat. Sang Ayah, OC Kaligis pun cukup dikenal di Indonesia.

OC Kaligis dikenal sebagai salah satu pengacara kondang di negeri ini. Selain itu, Ayah Velove Vexia pernah menjadi anggota fungsionaris Partai Golkar. 

Meski memiliki Ayah dengan profesi pejabat, Velove juga dikenal sebagai artis yang tidak pernah terlibat sensasi apalagi pamer harta.

Namun nama Ayah Velove sempat menjadi viral lantaran dirinya terbukti menyuap majelis hakim dan panitera PTUN Medan sebesar 27.000 dollar AS dan 5000 dollar Singapura.

Uang tersebut didapat dari istri mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, yang ingin suaminya "aman" dari penyelidikan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

6. Ashanty

Ashanty (Instagram/@ashanty_ash)

Istri Anang Hermansyah, Ashanty juga memiliki sosok Ayah dengan profesi pejabat. Meski begitu, Ashanty memilih untuk tidak banyak membicarakan hal tersebut.

Jabatan yang pernah dimiliki oleh ayah Ashanty yaitu Soetjahjo Hasnoputro njuga tidak main-main. Sebab Ayah Ashantu disebut merupakan salah satu staf ahli UNICEF. 

Hal itu terungkap lewat salah satu postingan Ashanty yang sempat memperlihatkan momen saat ayahnya bekerja. Ashanty sendiri merupakan anak bungsu dalam keluarganya.

Selain Ayahnya, kakek Ashanty, juga memiliki jabatan yang tak kalah menarik.  Kakek Ashanty, Prof. Dr. KH Abdulla Siddik SH adalah diplomat pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Sebagai cucu diplomat, Ashanty dan saudara-saudaranya sudah merasakan hidup berkecukupan sejak kecil. Walaupun begitu, Ashanty bukan sosok yang suka memamerkan kekayaan yang ia miliki.

7. Iqbaal Ramadhan

Iqbaal Ramadhan. (Instagram/iqbaal.e)

Terakhir, artis Indonesia yang ternyata anak pejabat adalah aktor Mencuri Raden Saleh, Iqbaal Ramadhan. Sama seperti yang sebelumnya, Iqbaal pun tidak melakukan flexing.

Ayah dari Iqbaal Ramadhan, yaitu Herry Hernawan ternyata adalah Vice President Treasury PT Pertamina. Namun popularitas Iqbaal diperoleh berkat prestasinya bukan latar belakangnya sebagai anak pejabat.

Profesi sang Ayah ini disebut mempengaruhi kehidupannya. Dugaan ini muncul saat Iqbaal Ramadhan dikawal oleh anggota Kopassus saat mempromosikan filmnya yang kemudian menjadi viral.

Jarang memamerkan keluarganya, Iqbaal dikenal sebagai salah satu artis dengan gaya hidup yang sederhana. Hal itu terbukti saat ia menceritakan pengalaman naik KRL menuju Stasiun Bogor sebelumnya.

"Sudah biasa saja. Gue pernah Jakarta-Bogor sendiri pakai masker sama topi enggak ketahuan," ucap Iqbaal Ramadhan sebelum naik ke KRL.

Itulah deretan artis Indonesia yang merupakan anak pejabat, namun memilih untuk tidak pamer harta atau flexing. Baca berita terupdate lainnya di Matamata.