Minggu, 28 April 2024
Yohanes Endra | MataMata.com Jum'at, 07 April 2023 | 19:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Ahmad Dhani kembali disorot karena secara tegas melarang Once Mekel menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Pelarangan itu membuat perseteruan Dhani dan Once menjadi buah bibir netizen.

Imbas peristiwa itu, netizen juga kembali teringat bahwa ini bukan kali pertama bagi Ahmad Dhani berselisih dengan tokoh serta selebriti. Penyebab perseteruannya pun beragam mulai dari dugaan penghinaan sampai royalti. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah tokoh yang berseteru dengan Ahmad Dhani.

1. Farhat Abbas

Baca Juga:
Isengnya Gak Ada Obat, Ahmad Dhani Kasih Hadiah Pigura Besar Kumpulan Tokoh Berzodiak Gemini ke Lyodra!

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/farhatabbasofficial)

Salah satu tokoh yang pernah berseteru dengan Ahmad Dhani adalah Farhat Abbas. Dimulai sejak 2013 silam, Ahmad Dhani dikabarkan saling serang cuitan dengan pengacara Farhat Abbas di Twitter. Dua pesohor ini saling perang di media sosial, hingga akhirnya berujung pada laporan kepolisian.

Usut punya usut, kasus ini bermula dari cuitan Farhat di Twitter yang dianggap mencemarkan nama Ahmad Dhani. Tak tinggal diam, Farhat juga ikut melaporkan balik Ahmad Dhani.

Barulah pada Februari 2016, Farhat Abbas secara terbuka menyampaikan maaf kepada Dhani. Mereka mengaku sudah tak menaruh dendam terkait perseteruannya itu.

Baca Juga:
Usai Larang Once Mekel Bawakan Karyanya, Ahmad Dhani Kini Berniat Ciptakan Lagu Buat Pedangdut Ini

2. Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/btpnd)

Berikutnya ada nama Ahok yang pernah berseteru dengan Ahmad Dhani pada tahun 2016 silam. Hal itu bermula saat Dhani ikut demo 4 November 2016 untuk menuntut agar Ahok ditangkap.

Orasi yang Ahmad Dhani sampaikan saat demo ternyata membuatnya dilaporkan ke polisi. Sebab ia diduga mengucapkan kata-kata yang dinilai menghina mantan Gubernur Jakarta itu.

Baca Juga:
Once Mekel Senggol Balik Ahmad Dhani: Sebagai Politisi Harusnya Elegan

Meski demikian, Ahmad Dhani dan Ahok sudah terlihat akur ketika keduanya bertemu dalam sebuah acara di Sentul, Bogor, pada Jumat 9 Desember 2022.

3. Presiden Jokowi

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/jokowi)

Mirip seperti kasus perseteruannya dengan Ahok, Ahmad Dhani juga pernah berurusan dengan tokoh penting lainnya. Tak main-main, untuk polemik yang satu ini, Dhani berkonflik dengan Presiden Jokowi sebagai buntut dari demo 4 November yang diikutinya.

Dhani dianggap telah menghina orang nomor satu di Indonesia ini. Walau awalnya santai saja, Presiden Jokowi pada akhirnya angkat bicara dan menegaskan agar hasutan kebencian dan penghinaan terhadap simbol negara harus diproses secara hukum, sesuai aturan yang berlaku.

4. Deddy Corbuzier

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/mastercorbuzier)

Kemudian, ada Perseteruan Ahmad Dhani dengan Deddy Corbuzier. Konon, polemik itu terjadi karena istrinya, Mulan Jameela hadir di acara yang dipandu Deddy.

Kala itu Mulan menceritakan kisah dirinya, Dhani, dan Maia. Hal itu rupanya membuat Dhani berang pada Deddy Corbuzier. Namun, Deddy Corbuzier akhirnya meminta maaf kepada Dhani. Deddy mengaku tak tahu kalau Mulan belum meminta izin kepada Dhani.

"Kalau soal Dhani tahu apa nggak, saya tanya Mulan nggak ada masalah. Di otak saya, mereka suami istri dan Dhani tahu lah. Kalau misalnya Dhani nggak tahu, ya saya minta maaf sama Mas Dhani," kata Dedy Corbuzier di Jakarta, Kamis (17/12/2015) malam.

5. Charly Van Houten

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/charly_setiaku)

Nama lain yang pernah disentil Ahmad Dhani adalah Charly Van Houten. Pada tahun 2014, Dhani mengkritik lagu ciptaan pentolan ST12 itu di sebuah ajang pencarian bakat.

Saat itu, Dhani mengomentari seorang kontestan yang membawakan lagu milik Charly. "Gimana ya, gue sih pilih 'No'. Gue kurang berselera saja dengan kedua-duanya. Dengan lagunya dan penciptanya yang gitu-gitu aja," kata Dhani.

Untungnya Charly tidak mempermasalahkan kritik dari Ahmad Dhani. Bagi Charly, komentar Dhani itu menjadi kritik tajam baginya. Dia pun menilai musisi senior berhak mengomentari lagu-lagunya.

"Terimakasih sekali lagi untuk komentarnya dari Mas Dhani sebagai musisi senior. Sekali lagi misal ada hal yang menjadi pro kontra itu menjadi masukan buat saya," ujar Charly.

6. Erwin Prasetya eks Dewa 19

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/erwin_prasetya_)

Berikutnya, ada nama mendiang Erwin Prasetya, yang merupakan mantan bassist Dewa 19. Erwin dikabarkan sempat menggugat Dhani sebesar 6,7 miliar karena ia merasa tidak terima dengan citra dirinya yang digambarkan dalam sinetron perjalanan karier grup Dewa.

Gugatan itu dilayangkan pada Dhani dan Trans TV tiga tahun setelah ia hengkang dari Dewa 19. Menurutnya, ada penggambaran dirinya yang begitu negatif di sinetron tersebut sehingga ia merasa keberatan.

7. Once Mekel

Tokoh yang Berseteru dengan Ahmad Dhani. (Instagram/oncemekelofficial)

Terkini, Ahmad Dhani berselisih dengan Once Mekel dengan melarang mantan vokalis Dewa 19 itu membawakan lagu-lagu Dewa 19. Once dilarang menyanyikan lagu Dewa 19 di konser atau panggung solonya.

Usut punya usut, pemicunya adalah karena pihak event organizer yang menyelenggarakan konser Once diduga tidak membayar royalti pada Dhani. Padahal Dhani tidak melarang band lain membawakan lagu Dewa 19, seperti Pee Wee Gaskins, lantaran urusan royalti sudah diselesaikan di awal.

Itulah sejumlah tokoh yang pernah berseteru dengan Ahmad Dhani. Nantikan info terupdate lainnya di YouTube Sorot Mata.