Rabu, 19 Februari 2020
Tinwarotul Fatonah | Firna Larasanti : Senin, 10 Februari 2020 | 13:01 WIB

Matamata.com - Parasite sukses memberikan kejutan besar pada malam penghargaan Piala Oscar 2020 yang diselenggarakan di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, pada Minggu (9/2/2020) atau Senin (10/2/2020) waktu Indonesia setempat.

Pasalnya, film ini sukses memborong ragam penghargaan dalam berbagai kategori di ajang Academy Awards 2020.

Bahkan, Bong Joon Ho berhasil dinobatkan sebagai sutradara terbaik. Selain itu, Parasite juga berhasil memenangkan kategori Best Internasional Feature Film.

Padahal kandidat lain terbilang sangat kuat seperti Corpus Christi (Polandia), Honeyland (Makedonia Utara), Les Miserables (Prancis) dan Pain & Glory (Spanyol).

Parasite juga dinyatakan berhak membawa pulang Piala Oscar 2020 dengan kategori Naskah Asli Terbaik (Best Original Screenplay).

Film Parasite (Instagram/@in___ner)

Bahkan, penghargaan ini menjadi karya sineas Asia pertama yang berhasil mencetak sejarah dalam memenangkan kategori tersebut.

Bong Joon Ho (Instagram/@imdb)

Namun, secercah harapan muncul saat si anak tertua yakni Ki-woo direkomendasikan sebagai guru les yang dibayar mahal.

Film komedi gelap yang dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik dan Park So-dam ini sebelumnya berhasil mendapat enam nominasi.

Seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Naskah Asli Terbaik, Film Internasional Terbaik, Desain Produksi Terbaik dan Editing Terbaik.