Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Jonghyun SHINee (Instagram/@xxteukxx)

Matamata.com - Jonghyun SHINee ultah jadi trending topik di Twitter. Para penggemar ramai-ramai mengucapkan selamat ulang tahun kepada mendiang Kim Jonghyun SHINee pada hari ini, Rabu (8/4/2020).

Sosok Kim Jonghyun rupanya masih dikenang dengan baik oleh fans setianya, Shawol, meskipun telah tiada. 

Semasa hidupnya, Kim Jonghyun memang dikenal sebagai idol yang cukup populer. Namanya melambung semenjak debut bersama boyband besutan SM Entertainment, SHINee.

Baca Juga:
2 Tahun Meninggalnya Jonghyun SHINee, Banjir Kerinduan Rekan Artis

Untuk mengenang kembali sosoknya, kepoin bareng 5 fakta menarik Jonghyun SHINee

1. Debut sebagai penyanyi sejak 2008

Boyband SHINee [soompi]

Kim Jonghyun memulai karier bersama Lee Taemin, Choi Minho, Key dan Onew dengan membentuk boyband SHINee pada 2008. Lagu debut mereka kala itu Replay.

Baca Juga:
Fans Taemin SHINee Histeris, Petugas Sampai Kewalahan

Walaupun begitu, nama SHINee baru meroket setahun kemudian tepatnya saat lagu Lucifer melejit di pasaran. Seiring dengan popularitas Lucifer, nama Kim Jonghyun pun ikut melambung.

2. Seorang produser musik

Jonghyun SHINee (Instagram/@xxteukxx)

Selain piawai bernyanyi, Kim Jonghyun juga mampu menciptakan lagu yang luar biasa. Lelaki kelahiran Seoul, Korea Selatan ini juga terlibat menciptakan lagu untuk musisi ternama lainnya.

Baca Juga:
5 Momen Jonghyun SHINee Bikin Shawol Tersenyum

Sebut saja ada IU (Gloomy Clock), Son Dam Bi (Red Candle), Taemin feat Kai (Pretty Boy), EXO (Playboy), Lee Hi (Breathe).

3. Pernah kecelakaan mobil

Jonghyun SHINee (Soompi)

Kim Jonghyun pernah mengalami insiden kecelakaan mobil pada April 2013. Gara-gara itu, dia sempat hiatus cukup lama dari industri musik K-Pop. Tulang hidung Kim Jonghyun cedera lumayan parah akibat kecelakaan itu. 

4. Penulis novel

Jonghyun SHINee (Soompi)

Semasa hidupnya, Kim Jonghyun juga menulis novel. Karyanya itu diluncurkan 2015 dengan judul Skeleton Flower: Things That Have Been Released And Set Free.

Novel itu menceritakan soal di proses terciptanya lagu-lagu ciptaannya baik untuk SHINee maupun album solonya.

5. Meninggal dunia diusia 27 tahun

Jonghyun SHINee (Soompi)

Kim Jonghyun memutuskan bunuh diri pada 18 Desember 2017. Dia menghirup asap beracun dari briket batubara di apartemen sewaan yang berlokasi di kawasan Cheongdam Dong. Kendati sempat dilarikan ke Rumah Sakit Konkuk University, nyawa Kim Jonghyun tidak terselamatkan.

Meski sudah tiada, sosok Jonghyun SHINee akan terkenang selamanya. [Sumarni]

Load More