Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Youn Yuh Jung (Soompi)

Matamata.com - Para pemenang Oscar 2021 sudah resmi diumumkan. Youn Yuh Jung menjadi pemenang dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik dalam film Minari. Kalau kamu penasaran, kepoin berikut ini profil Youn Yuh Jung pemeran film Minari yang berhasil menyabet piala Oscar.

Ajang penghargaan Oscar resmi digelar pada Senin 26 April 2021 di Teater Dolby Hollywood dan Union Station Los Angeles. Namun karena pandemi Covid-19, ajang bergengsi yang sudah berjalan ke-93 ini digelar dengan jumlah tamu terbatas. 

Yang menarik, Youn Yuh Jung merupakan aktris Korea pertama sabet Piala Oscar 2021 dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik dalam film ‘Minari’. Buat yang ingin mengenal sosok nya, berikut profil Youn Yuh Jung supaya nggak penasaran lagi. 

Baca Juga:
Terima Piala Oscar, Reaksi Kocak Youn Yuh Jung Ditanya soal Bau Brad Pitt

Youn Yuh Jung (Soompi)

Profil Youn Yuh Jung

Youn Yuh Jung lahir pada 19 Juni 1947 di Gyeonggi, Korea Selatan. Ayahnya meninggal sejak dia masih kecil. Ia juga pernah menikah dengan Jo Young Nam, tapi mereka berpisah setelah beberapa tahun menikah. 

Dia pernah menempuh pendidikan di Universitas Hanyang, jurusan Bahasa dan Sastra Korea. Sayangnya, Ia memutuskan untuk berhenti dan memilih menjadi aktris tahun 1967. 

Baca Juga:
Youn Yuh Jung Raih Piala Oscar, Ucap Terima Kasih ke Sutradara Minari

Perjalanan Karir Youn Yuh Jung

Youn mengawali karirnya di dunia seni peran dengan mengikuti audisi aktris dan lulus. Ia pun sukses debut melalui drama ‘Mister Gong’.

Aktingnya yang bagus sukses menarik perhatian penonton. Namanya pun melejit dan membuatnya mulai membintangi beberapa judul drama populer.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Youn Yuh Jung, Aktris Korea Pertama Masuk Nominasi Oscar

Adapun beberapa judul drama tersebut yakni Dear My Friends, Daughters in Law, Hotelier, My Husband Got a Family, The King 2 Hearts, Worlds Within dan banyak lagi judul lainnya.

Aktingnya yang apik membuatnya beberapa kali menerima penghargaan. Selaian dunia seni peran, ia juga pernah ikut serta dalam acara variety Korea yang turut melejitkan namanya. 

Youn's Stay (Soompi)

Fasih Berbahasa Inggris

Menariknya lagi, Youn sangat fasih dalam berbicara bahasa Inggris. Ia pun kerap berdialog dalam drama atau film menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini karena dia pernah tinggal bersama suaminya di Amerika Serikat (AS) selama 10 tahun makanya fasih berbahasa Inggris.  Namun, setelah ia cerai dengan suaminya, ia pun memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan untuk menekuni dunia seni peran.

Nah, itulah profil Youn Yuh Jung, aktris Korea Selatan pertama yang menyabet piala Oscar. [Ulil Azmi]

Load More