Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Oscar Lawalata. (Instagram/oscarlawalata)

Matamata.com - Desainer Oscar Lawalata ungkap sudah merubah jenis kelaminnya menjadi perempuan. Tak hanya itu, kakak dari aktor Mario Lawalata ini juga telah mengubah identitas termasuk nama dan jenis kelaminya dalam semua dokumen secara administratif dan resmi.

Nama baru yang dipilih oleh Oscar Lawalata setelah resmi menjadi perempuan adalah Asha Smara Darra. Perjalanan Oscar yang kini disapa Asha untuk bisa menjadi perempuan cukup panjang. Namun kini ia sangat bahagia dengan keputusannya dan semakin mesra dengan pacar bulenya.

Yuk kenalan lebih dekat dengannya lewat ulasan profil Oscar Lawalata yang baru saja mengumumkan sudah mengganti kelaminnya jadi perempuan.

Baca Juga:
Oscar Lawalata Makin Mesra dengan Pacar Bule Usai Umumkan Jadi Perempuan

1. Latar belakang Oscar Lawalata

Profil Oscar Lawalata. (Instagram/oscarlawalata)

Sebelum berganti nama menjadi Asha Smara Darra, namanya dulu adalah Oscar Septianus Lawalata. Ia lahir pada 1 September 1977 dari pasangan Reggy Lawalata dan Alexander Polii. Sayangnya orang tuanya memilih untuk bercerai pada saat ia baru berusia 4 tahun.

Oscar dan adiknya pun harus hidup dalam keterbatasan bersama ibunya yang menjadi orang tua tunggal. Oscar sudah menyukai dunia fashion sejak kecil, sehingga ia pun menempuh pendidikan di sekolah mode. Kakak dari aktor Mario Lawalata ini sempat belajar di sekolah mode Prancis, Esmod di Jakarta.

Baca Juga:
Ini Nama Baru Oscar Lawalata Usai Ubah Identitas Menjadi Perempuan

Tapi ia tak menyelesaikan sekolahnya karena krisis moneter tahun 1998. Meski demikian, Oscar mampu mewujudkan mimpinya dan menjadi salah satu perancang busana ternama Tanah Air.

2. Perjalanan karier Oscar Lawalata

Profil Oscar Lawalata. (Instagram/oscarlawalata)

Meski gagal menyelesaikan pendidikannya, tapi Oscar Lawalata tidak putus asa. Ia memilih membuka butik di rumahnya untuk meningkatkan kemampuan menjahit dan membuat pola.

Baca Juga:
Oscar Lawalata Resmi Jadi Perempuan, Semua Dokumen Negara Sudah Diubah

Pelanggan pertama yang mengenakan busana rancangannya adalah penyanyi senior Titi DJ. Perlahan karier Oscar atau Asha makin jaya dan dikenal luas masyarakat Indonesia hingga Asia. Pada tahun 1999, ia menerima 2 penghargaan Asian Young Fashion Designers Contest

Kiprah Asha sebagai desainers juga membawa pengaruh positif dalam kebudayaan Indonesia. Pasalnya ia mengenalkan batik dan budaya Indonesia di ajang fashion dunia dan internasional. Asha kembali mendapat penghargaan di kancah internasional pada 2009 yaitu International Young Creative Entrepreneur yang digelar di London, Inggris.

Selain jadi perancang busana, Oscar Lawalata sempat menjajal dunia akting seperti adiknya. Tepatnya di tahun 2005 silam, ia mendapat peran sebagai Arief dalam film Banyu Biru. Dalam film ini ia beradu akting dengan Tora Sudiro dan Dian Sastrowardoyo. Sekarang ia masih aktif jadi desainers, selain itu bersama ibu dan adiknya, ia mengelola kanal YouTube The Lawalatas.

3. Kehidupan pribadi

Profil Oscar Lawalata. (Instagram/oscarlawalata)

Sejak usia belia, Oscar Lawalata disebutkan sudah tidak nyaman dengan tubuhnya. Ketika SMA dirinya sudah mulai terbuka pada sang ibu Reggy Lawalata tentang perasaannya. Meski demikian, ia beruntung karena sang ibu adalah orang yang berpikiran terbuka.

Sehingga Reggy pun menerima kondisi anaknya dan malah jadi belajar dan mengerti apa yang dirasakan anak pertamanya. Walau demikian, Oscar yang kini sudah resmi menjadi Asha tidak melakukan judgment sendiri atas tubuhnya.

Sebab, ia sempat menjalani tes hormon untuk memantapkan hatinya. Setelah menjalani tes itu, dirinya semakin yakin bahwa saejatian aia adalah perempuan. Tak cuma itu ia juga konsultasi pada psikiater untuk memantapkan langkah selanjutnya yang akan dia ambil. Ini membuktikan jika Oscar sudah melalui banyak pertimbangan untuk sampai pada kondisinya yang sekarang.

4. Operasi ganti kelamin

Profil Oscar Lawalata. (Instagram/oscarlawalata)

Oscar Lawalata memutuskan untuk menjadi transpuan saat usianya 40 tahun. Keputusannya diterima dengan lapang dada oleh ibu dan adiknya. Akhirnya pada tahun 2021, Oscar Lawalata menjalani operasi ganti kelamin di Thailand. Usai operasi butuh waktu sekitar satu tahun baginya untuk memulihkan diri.

Setelah resmi menjadi perempuan, ia pun mengganti namanya menjadi Asha Smara Darra. Semua identitasnya sudah diubah secara administratif melalui pengadilan. Sehingga kini ia resmi menjadi seorang perempuan bernama Asha Smara Darra. Kini dirinya makin bahagia dengan pacar bulenya dan bahkan semakin mesra setiap harinya.

Itu tadi profil Oscar Lawalata yang mengumumkan sudah mengganti kelaminnya menjadi perempuan. Walau begitu dirinya tak keberatan jika masih ada yang memanggilnya Oscar dan bulannya Asha.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More