Nur Khotimah Shevinna Putti | MataMata.com
Asha Smara Darra alias Oscar Lawalata. (Instagram/oscarlawalata)

Matamata.com - Oscar Lawalata Resmi Jadi Perempuan, Semua Dokumen Negara Sudah Diubah

Oscar Lawalata blak-blakan menceritakan keputusannya untuk mengganti kelamin. Seiring dengan keputusan itu, Oscar Lawalata telah mengurus dokumen legal miliknya agar sesuai dengan identitasnya sekarang.

Oscar Lawalata diketahui mengganti namanya menjadi Asha Smara Darra. Semua dokumen resmi miliknya pun sudah diubah sesuai dengan identitas barunya sebagai perempuan trasgender.

Oscar Lawalata yang sekarang dipanggil Asha Smara pun telah melakukan persidangan untuk mengganti semua identitas dalam dokumen pentingnya, seperti KTP, paspor dan lainnya.

Potret Oscar Lawalata dan pacar bulenya. (Instagram/@oscarlawalata)

"Semua dokumen sudah sesuai dengan nama saya dan itu resmi. Saya datang ke persidangan melalui pengadilan di Indonesia dan memang prosedurnya begitu. Sebaiknya kalau kita sudah mengganti kelamin kita, semua sebaiknya kita laporkan juga," ujar Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra dalam acara Kick Andy, Minggu (9/7/2023).

Menurut Asha Smara, sebaiknya seorang transgender yang sudah mengganti alat kelaminnya segera memperbarui identitasnya.

Asha Smara juga menyampaikan bahwa hukum di Indonesia pun mengizinkan seorang transgender untuk mengganti semua identitasnya dalam dokumen negara.

Selain mengganti nama, status kelamin Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra dalam dokumen negaranya sudah berubah perempuan.

Load More