Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
BoA (Instagram/@boakwon)

Matamata.com - Penyanyi Korea BoA baru-baru ini memposting kata-kata penyemangat untuk kakak laki-lakinya, sutradara Kwon Soon Wook. Hal ini bermula dari ketika sang sutradara berbicara tentang diagnosis kankernya di Instagram.

Dilansir Soompi pada 10 Mei, Kwon Soon Wook memposting di akun Instagram pribadinya soal kondisi kesehatannya. Dia mengisahkan kalau tubuhnya mulai tidak sehat sejak tahun lalu.

BoA dan kakaknya, Kwon Soon Wook (Soompi)

"Halo, ini sutradara Kwon Soon Wook. Mulai tahun lalu, tubuh saya tidak sehat, dan saya terus mengulang siklus istirahat dari pekerjaan dan kembali, menghilang dan kembali. Tetapi sekarang saya telah belajar bahwa saya dalam kondisi serius dan menurut pendapat medis saya tidak punya banyak waktu lagi," katanya dilansir Soompi pada (11/5/2021).

Baca Juga:
BoA Diperiksa atas Dugaan Penyelundupan Obat Ilegal, Ini Tanggapan SM

"Saya telah mengembangkan kanker peritoneal dan telah berkembang ke Stadium 4. Saya menderita peritonitis, dan sekitar akhir Desember tahun lalu, stent di tubuh saya menembus usus hingga menyebabkan perforasi usus. Seiring dengan rasa sakit yang tak tertahankan, saya harus menjalani operasi darurat.

"Prognosisnya tidak baik dan saat ini rumah sakit memperkirakan harapan hidup saya tinggal dua atau tiga bulan. Tidak ada perbedaan prognosis apakah itu di rumah sakit tempat saya melakukan operasi atau rumah sakit lain yang saya kunjungi sejak saat itu.

"Saya tidak percaya bagaimana hal seperti ini bisa terjadi pada saya, bagaimana sesuatu yang tampak seperti mimpi buruk bisa menjadi nyata, tetapi saya menghadapi kebenaran setiap kali saya bangun," lanjutnya.

Baca Juga:
Pernah Debat sampai Pagi, Lee Soo Man Sebut BoA Sangat Menakutkan

Kakak BoA, Kwon Soon Wook (Instagram/@metaoloz)

Kwon Soon Wook tidak bisa makan dua bulan karena gangguan usus dan berat badannya turun drastis. Dia bahkan pertama kalinya memangis karena tak bisa makan sesendok nasi. Namun, dia tak mau kehilangan harapan.

"Saat ini, saya tidak bisa makan selama dua bulan karena gangguan usus dan berat badan saya turun menjadi 36 kilogram (sekitar 80 pon). Tubuh saya tidak dapat menahan bahkan setetes air pun, jadi rasa haus saya melebihi apa yang dapat saya ungkapkan dengan kata-kata. Saya harus hidup dengan cairan infus, jadi sangat sulit bagi saya untuk bergerak.

"Ibu saya berkata bahwa saya akan menjadi lebih baik, tetapi saya kehilangan banyak kepercayaan setelah dokter dan rumah sakit melepaskan saya dari sudut pandang medis dan saya melihat tubuh saya kehilangan lebih banyak fungsinya dari hari ke hari.

Baca Juga:
Karakter Favorit, Begini Penampilan BoA Dandan ala Joker

"Namun, saya melanjutkan perawatan apa yang saya bisa sampai akhir, dan meskipun air mata yang saya tumpahkan setiap hari melalui rasa sakit abadi, saya melakukan yang terbaik untuk tidak kehilangan harapan. Ini pertama kalinya saya menangis karena tidak bisa makan sesendok nasi.

"Karena saya berada pada usia di mana saya harus dipenuhi dengan energi untuk bekerja dan saya baik-baik saja bahkan hanya beberapa bulan sebelumnya, saya telah menyadari lagi kecepatan menakutkan bahwa kanker dapat menyerang bahkan pada seseorang yang masih muda.

"Ketika saya memiliki energi, saya akan membagikan lebih banyak informasi. Saya menyadari betapa melelahkannya membagikan sesuatu seperti ini di media sosial. Saya berdoa agar setiap orang menjaga kesehatan mereka dengan baik dan tidak harus menanggung rasa sakit ini. Selamat tinggal untuk saat ini," tutupnya

Kakak BoA, Kwon Soon Wook (Instagram/@metaoloz)

BoA lalu berkomentar di postingan kakaknya itu. Dia percaya kakaknya bisa memenangkan pertarungannya melawan kanker. Dia sangat mendukung dan menyayangi kakaknya.

Aku mencintaimu, oppa! Kita bisa memenangkan ini bersama! Aku pasti akan membuatkanmu ramyun suatu hari nanti. Kita harus makan bersama. Saya pikir Anda adalah orang yang sangat kuat. Orang terkeren dan terkuat yang saya kenal. Terima kasih telah menunjukkan kekuatan seperti itu setiap hari," kata BoA penuh haru.

Kwon Soon Wook telah mengarahkan video musik seperti "Game" dan "Only One" dari BoA, serta "Twinkle" dari Girl's Day, "Piano Man" MAMAMOO, "Be Natural" Red Velvet, dan banyak lagi. Dia juga menyutradarai drama web "Bong Soon - A Cyborg in Love" dan "The Reward of Waiting For Love" (terjemahan literal).

Load More