Yohanes Endra | MataMata.com
Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvelvet.smtown)

Matamata.com - Di awal debutnya pada tahun 2014 silam, grup vokal Red Velvet sempat mendapatkan berbagai cacian. Pasalnya, grup vokal perempuan besutan SM Entertainment ini dirasa kurang matang dan masih “prematur”. Bahkan, mereka disebut-sebut sebagai produk gagal yang tidak akan sukses ke depannya.

Mengabaikan semua komentar jahat yang diarahkan pada mereka, Red Velvet terus maju dan membuktikan kesuksesannya. Dengan deretan prestasi Red Velvet selama tujuh tahun ini, pandangan negatif terhadap mereka pun mulai berubah menjadi pujian. 

Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvelvet.smtown)

Apalagi, penampilan Red Velvet selama ini cukup menarik perhatian karena dianggap berbeda dengan citra idol Korea Selatan yang cenderung imut, seksi, dan pasif. Grup vokal wanita beranggotakan lima orang ini justru tampil berani dengan konsep gelap, ceria, dan dewasa. Tidak mengherankan jika Red Velvet akhirnya sangat populer dan banyak diidolakan oleh para wanita muda dari berbagai penjuru dunia.

Baca Juga:
7 Fakta Menarik Yook Sungjae, 'Mantan Suami' Joy Red Velvet yang Lagi Wamil

Begitu populernya, Red Velvet sukses mendulang banyak prestasi dan memenangkan berbagai ajang penghargaan musik di Korea Selatan selama beberapa tahun berturut-turut. Bahkan, saat merilis album terbaru yang berjudul ‘Queendom’ pada 16 Agustus 2021   kemarin, Red Velvet kembali meraih banyak prestasi membanggakan di berbagai chart musik, baik di Korea Selatan sendiri maupun secara internasional, lho. Ini dia deretan prestasi Red Velvet melalui album Queendom yang belum lama ini dirilis.

1.  Hanteo

Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvnews)

Penjualan album fisik Queendom di Hanteo benar-benar fantastis. Di hari pertama, total album yang terjual mencapai  71,431 album, yang mana tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan album mereka sebelumnya. Bahkan, penjualan album Quuendom di minggu pertama ini sangat mengesankan karena berhasil menduduki peringkat tertinggi kedua dari semua album yang dirilis oleh grup idola Korea Selatan pada tahun 2021.

Baca Juga:
7 Fakta Joy Red Velvet: Mantan 'Istri' Sungjae BTOB Kini Jadi Pacar Crush

2. iTunes

Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvelvet.smtown)

Meskipun hiatus selama satu tahun delapan, popularitas Red Velvet tampaknya tak kunjung memudar. Album terbaru mereka bahkan langsung difavoritkan oleh banyak orang dari berbagai negara. Album Queendom berhasil bertahan di puncak tangga lagu iTunes Top ALbums Chart di 50 negara di seluruh dunia, dari Amerika Serikat, Belanda, Sri Lanka, Brunei, hingga Uni Emirat Arab. Bahkan, Red Velvet merupakan girlband Korea pertama yang selalu menempati posisi pertama di US iTunes Chart dengan 4 album berturut-turut.

3. MelOn

Baca Juga:
7 Fakta Queendom Red Velvet, Kembalinya Queen Summer!

Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvnews)

Hanya dalam waktu satu hari, Queendom berhasil meraih 345,043 pendengar unik di MelOn, menambah deretan prestasi Red Velvet selanjutnya. Tidak hanya itu saja, album Queendom termasuk lagu girlband tercepat yang mendapatkan puluhan ribu likes di MelOn selama pertengahan tahun 2021 ini, sekaligus album pertama yang menduduki posisi MelOn Top 10.

4. YouTube

Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvnews)

Video musik Quuendom juga langsung ditonton oleh lebih dari 16,2 juta penonton dalam satu jam pertama setelah tayang di YouTube. Prestasi tersebut tentunya mengalahkan lagi-lagu Red Velvet sebelumnya. Bahkan, lagu tersebut menduduki posisi sebagai MV ke-7 yang paling banyak ditonton di kanal YouTube SM Entertainment pada hari pertama penayangan.

5. Worldwide iTunes

Deretan prestasi Red Velvet (Instagram/@redvnews)

Selain berhasil menduduki posisi teratas di chart lokal, Queendom berhasil menyapu bersih Woldwide iTunes Album Chart. Lagu tersebut bahkan menjadikan Red Velvet sebagai girlband asal Korea Selatan pertama yang menduduki posisi #1 di Worldwide iTunes Album Chart dengan lima album yang berbeda.
Itulah deretan prestasi Red Velvet lewat album terbarunya, Queendom. Sudah dengerin lagunya, belum?

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More