Nur Khotimah | MataMata.com
Giselle Aespa (Instagram/@aespa_official)

Matamata.com - Giselle Aespa menjadi perbincangan setelah pergelaran konser SMTOWN LIVE 2022: SMCU Express @Kwangya pada Sabtu (1/1/2021). Giselle tampil bersama anggota NCT yakni Jeno, Yangyang, Hendery, dan Taeyong menyanyikan lagu "Zoo".

Salah satu penampilan yang mencuri perhatian ketika Giselle Aespa nge-rap bareng Jeno NCT. Tarian mereka juga menuai reaksi heboh di media sosial hingga jadi trending.

Giselle belakangan memang terus memperlihatkan berbagai kemampuannya sebagai idol dari grup Aespa. Ingin lebih kenal dengan Giselle? Yuk simak berbagai fakta dan profil Giselle Aespa berikut ini.

Baca Juga:
Geger Hoaks Rio Ramadhan Meninggal, Lutfi Agizal: Malaikat Jangan Di-Prank

1. Biodata Giselle Aespa

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

Giselle Aespa lahir dari ibu Korea dan ayah Jepang dengan nama asli Uchinaga Aeri pada 30 Oktober 2000. Oleh sebab itu, Giselle memiliki dua kewarganegaraan. Seperti namanya, Giselle tumbuh dan menempuh pendidikan di Jepang meski lahir di kawasan Garosu-gil, Sinsa-dong, Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Cewek dengan nama panggilan Eri ini telah menyelesaikan pendidikannya di International School of the Sacred Heart.

2. Posisi Giselle di Aespa

Baca Juga:
Boy William Unggah Foto Ziarah ke Makam Adik, Posenya Ramai Dikritik

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

Giselle debut bersama grup idol Aespa di bawah naungan SM Entertainment. Di Aespa, Giselle berperan sebagai main rapper dan vokalis. Ia hanya menghabiskan masa trainee selama kurang dari setahun sebelum akhirnya resmi debut dengan Aespa pada 17 November 2020. Bahkan Giselle disebut-sebut sebagai idol wanita di SM Entertainment dengan periode pelatihan paling pendek sebelum debut.

3. Fakta Audisi Giselle Aespa

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

Giselle rupanya merupakan satu-satunya anggota Aespa yang masuk agensi dengan mengikuti audisi terbuka SM Saturday Open Audition. Kala itu, Giselle membawakan bagian rap lagu "Cherry Bomb" NCT 127 yang dinyanyikan Mark. Kecilnya kemungkinan lolos di audisi terbuka SM Entertainment membuat Giselle tak menaruh banyak harapan. Namun dalam hitungan hari, Giselle dinyatakan lolos menjadi trainee SM Entertainment.

Baca Juga:
Tretan Muslim Akhirnya Ungkap Wajah Anak, Cantiknya Bikin Jatuh Cinta

4. Fakta Bahasa yang Dikuasai Giselle Aespa

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

Tak hanya multitalenta, Giselle Aespa juga pandai berbicara berbagai bahasa. Giselle fasih berbicara dalam tiga bahasa, yakni Bahasa Inggris, Jepang, dan Korea. Ia juga mampu berbahasa Prancis dan Spanyol tingkat pra-menengah. Mengenyam pendidikan di sekolah Internasional membuat kemampuan berbahasa Giselle semakin berkembang.

5. Fakta Giselle Aespa Anggota Paduan Suara

Baca Juga:
Istri Samuel Zylgwyn Umumkan Hamil Anak Kedua, Banjir Ucapan Selamat

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

SM Entertainment tentu tak memilih Giselle Aespa melalui audisi terbuka dengan sembarangan. Sebelumnya, Giselle telah berlatih vokal dan dance di akademi pelatihan idol AJS. Giselle juga telah lama pandai bermain gitar. Di sekolah, Giselle merupakan anggota paduan suara selama 4 tahun. Ia juga pernah bergabung di paduan suara St. Mary.

6. Fakta Giselle Aespa Seorang Atlet

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

Rupanya masih ada bakat lain selain kemampuan Giselle Aespa sebagai idol dan fasih berbahasa asing. Giselle ternyata juga seorang atlet! Giselle diketahui pernah menjadi pelompat tinggi provinsi Kanto Jepang. Giselle juga atlet lari 200 meter di tahun 2017.

7. Fakta Kontroversi Giselle Aespa Ucap Kata Rasis

Fakta dan Profil Giselle Aespa. (Instagram/@aespa_official)

Kontroversi bermula saat video behind the scene pembuatan album terbaru Aespa yang berjudul "Savage" dibagikan melalui kanal YouTube SM Entertainment. Giselle bersama Karina dan Ningning tampak melakukan lipsync lagu "Love Galore". Namun yang menjadi masalah adalah ketika Giselle mengucapkan kata rasis "N".

Giselle Aespa langsung banjir kecaman dan dituntut meminta maaf. Menurut warganet, Giselle yang mengenyam pendidikan di sekolah Internasional tentu memahami betapa sensitifnya kata tersebut. SM Entertainment pun langsung mengubah privasi video yang meresahkan itu menjadi privat.

Giselle sendiri telah menyampaikan permintaan maaf melalui akun Twitter Aespa. Ia mengaku tidak bermaksud apa-apa dan hanya menyanyikan lagu dari artis favoritnya. Permintaan maaf Giselle Aespa pun diterima karena dianggap berani mengakui kesalahannya.

Itulah sederet profil dan fakta Giselle Aespa yang tak hanya cantik, tapi juga multitalenta! Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More