Yohanes Endra | MataMata.com
Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (genius)

Matamata.com - Suga yang juga dikenal dengan namanya Agust D untuk promosi solo, telah menulis dan memproduksi musiknya sendiri sebelum debut bersama BTS. Dia juga beberapa kali memproduksi lagu musisi lain.

Dengan lebih dari seratus lagu dikreditkan kepadanya di bawah Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KMCA), Suga telah menghasilkan banyak lagu hits selama bertahun-tahun.

Lagu-lagu yang diproduksinya bukan hanya untuk BTS atau mixtape solonya, tapi juga untuk musisi lain. Terbaru PSY, berikut ini deretan musisi yang pernah diproduseri Suga BTS.

Baca Juga:
Tampil Memukau di Grammy Awards 2022, Suga BTS Banjir Lamaran Nikah

1. Suran feat. Changmo - "Wine"

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (genius)

Pada 2017, Suga berkolaborasi dengan Suran dan memproduseri lagu "Wine," bersama Suran sendiri, June, dan produser in-house Big Hit Music, Slow Rabbit. "Wine" adalah lagu hip-hop dan R&B groovy yang berbicara tentang cinta yang hilang sambil menampilkan vokal adiktif Suran yang selaras dengan rap Changmo.

2. Epik High - "Eternal Sunshine"

Baca Juga:
Potret Transformasi Suga BTS, Tak Banyak Berubah di Usia 29 Tahun

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (genius)

Epik High, yang menjadi salah satu panutan Suga sebagai seorang rapper, menghubunginya lebih dulu untuk sebuah lagu. Diproduksi oleh Suga bersama dengan Tablo, Mithra Jin, dan El Capitxn, "Eternal Sunshine" menampilkan irama musim panas dan berbicara tentang optimisme dan perjuangan.

3. Heize feat. Giriboy - "We don't talk together"

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (YouTube Heize official)

Pada 2019, Suga memproduseri dan menulis "We don't talk together" milik Heize, sebuah lagu R&B alternatif yang adiktif dan asyik yang bercampur dalam hip-hop, synth, snare, dan beat yang jernih. Lagu ini berbicara tentang pasangan yang putus dan tidak memiliki apa-apa untuk dikatakan satu sama lain saat bersama.

Baca Juga:
Idol Kpop Berjuang Lawan Depresi dan Gangguan Mental, Suga BTS Alami Ini

4. Halsey feat. Suga - "Suga's Interlude"

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (genius)

Bestie BTS ini mempersembahkan album "Manic" untuk Suga. Diproduksi dan ditulis oleh Suga, "Suga's Interlude" adalah lagu ballad yang menampilkan rap dalam bahasa Korea dan suara penuh perasaan Halsey. Lagu ini mengeksplorasi berbagai tema seperti membenci diri sendiri, pemenuhan, dan egoisme, serta mendorong orang lain untuk mengejar impian mereka.

5. IU feat. Suga - "eight"

Baca Juga:
10 Hari Dirawat, Suga BTS Sudah Sembuh dari Covid-19

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (genius)

Pada 2020, Suga memproduseri dan tampil dalam "eight," lagu pop rock yang menggunakan suara rock trendi dan EDM akustik. Secara lirik, lagu ini berfokus pada refleksi diri dan tentang seorang pria berusia 28 tahun yang mengaku menggunakan figur virtual dan berbagai metafora. Suga dan IU sama-sama berusia 28 tahun saat berkolaborasi.

6. ØMI - "You"

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (genius)

Suga bekerja sebagai penulis dan produser untuk penyanyi Jepang ØMI, juga dikenal sebagai single digital Tosaka Hiroomi "You," dari albumnya pada tahun 2021 "ANSWER... SHINE." Lagu tersebut menduduki puncak 42 negara di iTunes dan masuk chart di Billboard's World Digital Song Sales.

7. PSY - "That That"

Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS (twitter/@psy_oppa)

Suga tak hanya memproduseri title track untuk comeback PSY, "Ssada9," tapi juga tampil sebagai artis featuring dan ikut meramaikan video musiknya. Dirilis pada 29 April 2022, "That That" menyuguhkan kombinasi yang fresh dari PSY dan Suga, di mana keduanya tampil bak koboi.

Dari semua lagu garapan Suga BTS untuk deretan musisi di atas, mana favoritmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More