Ade Wismoyo | MataMata.com
Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (YouTube/dingo music)

Matamata.com - Belajar bahasa isyarat menjadi salah satu perlakuan manis seleb Kpop pada fans mereka. Ya, sejumlah seleb Kpop bisa bahasa isyarat untuk memudahkan fans disabilitas mengerti ucapan dan lagu mereka.

Kemampuan menggunakan sign language menjadi fans service yang diberikan para idol sampai bikin melting netizen. Seperti diketahui fans para idol sangat beragam termasuk para penyandang tunarungu maupun tunawicara.

Hal ini membuat para seleb belajar menggunakan bahasa isyarat agar lagu dan ucapan mereka bisa dimengerti oleh semua fans. Baik bahasa isyarat Korea maupun internasional dikuasai oleh sejumlah idol berikut.

Baca Juga:
Diciduk Polisi, Manajer BCL Gunakan Obat Penenang Sejak 2021

Siapa saja mereka? Simak ulasan daftar seleb Kpop bisa bahasa isyarat berikut.

1. Rose BLACKPINK

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (koreaboo.com)

Ketika BLACKPINK menggelar fansign pada Oktober 2019, Rosé menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan fans. Hal ini membuat BLINK terkejut karena kemampuan Rose itu belum pernah diketahui sebelumnya. 

Baca Juga:
Ria Ricis Akhirnya Ungkap Nama dan Wajah Baby R: Cantik dan Imut Banget!

2. V BTS

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (koreaboo.com)

V BTS pernah memamerkan kemampuannya mengucapkan kata butter dengan bahasa isyarat lewat polaroid Butter. Member BTS pernah memasukkan bahasa isyarat Korea dan Amerika dalam lagu Permission to Dance. Beberapa kata yang diucapkan dalam bahasa isyarat itu adalah menyenangkan, menari, dan damai.

3. Wheein MAMAMOO

Baca Juga:
Sinopsis Lady, Drama Korea Baru Lee Ji Ah dan Lee Sang Yoon Karya Penulis The Penthouse

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (Twitter/silver_swan)

Seorang penggemar MAMAMOO yang merupakan penyandang disabilitas menghadiri salah satu fansign mereka. Wheein mengejutkan penggemar dengan menggunakan bahasa isyarat saat berkomunikasi dengan fans tersebut. MAMAMOO sendiri lewat lagu ‘Starry Night’ menghadirkan koreografi dengan bahasa isyarat. 

4. Sunny SNSD

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (Instagram/515sunnyday)

Member SNSD Sunny mampu menggunakan bahasa isyarat karena ia pernah belajar ketika masih muda. Hal ini ia lakukan agar bisa berkomunikasi dengan orang-orang disabilitas yang ia temui dalam sebuah kegiatan sukarela. 

Baca Juga:
Lirik Lagu Forever 1 - SNSD

5. Luna eks f(x)

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (YouTube/KBS Kpop)

Vokalis kesayangan SM, Luna eks f(x) berhasil membuat penggemarnya terharu ketika tampil di Immortal Song. Selama penampilannya, Luna bernyanyi sambil menggunakan bahasa isyarat. Rupanya Luna mendapat surat dari penggemar beratnya yang tidak bisa mendengar dengan baik. 

6. Sohye eks IOI

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (koreaboo.com)

Saat masih aktif dengan IOI, Sohye pernah belajar bahasa isyarat. Ia pernah memamerkan kemampuannya ketika jadi bintang tamu dalam Star Show 360 bersama Soyou SISTAR.

7. Kang Sung Hoon SECHSKIES

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (YouTube/_h )

Saat fansign SECHSKIES beberapa tahun silam, Kang Sung Hoon, kedapatan menggunakan bahasa isyarat ketika melakukan interaksi dengan penggemarnya. 

8. Seolhyun AOA dan Kim Min Suk MeloMance

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (YouTube/dingo music)

Berkolaborasi dengan Dingo Musik, Seolhyun AOA dan Kim MIn Suk MeloMance bernyanyi dengan sesekali menggunakan bahasa isyarat. Dingo Musik sendiri memang sering kolab dengan artis Kpop untuk bernyanyi dengan bahasa isyarat.

9. Red Velvet

(YouTube/SMTOWN)

Lagu RED Flavor milik Red Velvet sukses mengejutkan fans karena para member menggunakan bahasa isyarat dalam pembukaan MV-nya. Apa yang dilakukan Irene dkk mirip dengan stasiun televisi berita yang menyediakan bahasa isyarat di sudut layar. 

10. Rocky ASTRO

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (koreaboo.com)

Ketika melakukan ending fairy di penampilannya dengan ASTRO, Rocky berhasil menjadi sorotan. Lantaran ia mengucapkan terima kasih dan i love you dengan menggunakan bahasa isyarat. Perlakuan manis Rocky sukses bikin fans melting dan menjadikan namanya jadi bahan perbincangan netizen.

11. Donghyun AB6IX

Seleb Kpop Bisa Bahasa Isyarat. (koreaboo.com)

Melakukan siaran langsung, Donghyun AB6IX memperlihatkan kemampuannya berbahasa isyarat yang baru saja ia pelajari. Ia tertarik belajar bahasa isyarat untuk mengucapkan terima kasih pada supir taksi yang mengantarnya. Hal ini ia lakukan setelah ia sadar bahwa si supir merupakan penyandang disabilitas.

Demi bisa berkomunikasi dengan fans dan orang di sekitar mereka, para idol Kpop tadi belajar bahasa isyarat. Perlakuan manis mereka membuat penggemar makin cinta dan kagum. Dari beberapa seleb Kpop bisa bahasa isyarat tadi ada biasmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More