Nur Khotimah | MataMata.com
Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina/oliviarodrigo)

Matamata.com - Nama dan fakta Choi Yena belakangan ramai diperbincangkan, tak hanya oleh netizen Korea Selatan tapi juga dunia. Hal ini karena title track dalam mini album terbaru Choi Yena menuai banyak kontroversi bahkan sebelum lagunya dirilis.

Choi Yena memilih judul bertajuk Hate Rodrigo untuk lagu dalam album Hate XX. Alhasil banyak yang menuduh jika Choi Yena yang belum lama meniti karier sebagai penyanyi solo membenci penyanyi asal Amerika Serikat, Olivia Rodrigo.

Selain itu, netizen dibuat makin geram karena adanya dugaan plagiat dalam MV Hate Rodrigo. Pasalnya ada banyak adegan yang mirip dalam MV lagu Choi Yena dengan MV lagu deja vu milik Olivia Rodrigo.

Baca Juga:
9 Potret Pesta Ultah Naura Ayu Rayakan Sweet Seventeen, Vibesnya Disebut Mirip Olivia Rodrigo

Lantas siapa sebenarnya Choi Yena yang disorot karena lagu dan MV Hate Rodrigo? Yuk, kenalan dengan sosoknya lewat ulasan fakta Choi Yena berikut.

1. Ikut Produce 48

Fakta Choi Yena. (Twitter/girlsofpd48)

Choi Yena yang lahir pada 29 September 1999 mengawali karier sebagai kontestan ajang survival populer Korea Selatan, Produce 48. Choi Yena berhasil meraih posisi 4 hingga akhir kompetisi dan membuatnya debut bersama IZ*ONE.

Baca Juga:
6 Fakta Olivia Rodrigo, Penyanyi Berdarah Asia Puncaki Billboard Hot 100

2. Main rapper IZ*ONE

Fakta Choi Yena. (Twitter/official_izone)

Ketika masih aktif berpromosi bersama IZ*ONE, Choi Yena memegang posisi sebagai main rapper, lead vocal, dan lead dancer. Kepribadiannya yang ceria membuat Choi Yena disebut sebagai Happy Virus di IZ*ONE.

3. Punya kakak seorang idol

Baca Juga:
Gabung Grup Chat Fans, Kang Hyewon eks IZONE Didepak Gegara Hal Ini

Fakta Choi Yena. (kpopmap.com)

Mungkin tak banyak yang tahu jika Yena memiliki seorang kakak yang juga berprofesi sebagai idol. Kakak Choi Yena adalah Choi Sungmin yang merupakan salah satu member dari boy group SPEED.

4. Penyintas kanker

Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina)

Choi Yena adalah adalah penyintas kanker kelenjar getah bening atau limfoma. Choi Yena menderita penyakit tersebut ketika masih kecil. Sampai sekarang di bagian depan lehernya masih ada bekas luka dari prosedur Endotracheal Tube yang ia jalani selama pengobatan dulu.

5. IZ*ONE bubar

Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina)

Setelah kurang lebih 3 tahun berkiprah bersama IZ*ONE, Choi Yena dan 11 member lainnya keluar dari grup. Bukan tanpa sebab, pasalnya kontrak mereka berakhir sehingga grup dibubarkan. IZ*ONE bubar pada April 2021, semua kegiatan grup diselesaikan pada 29 April 2021 lalu.

6. Debut solo

Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina)

Setelah IZ*ONe bubar, Choi Yena mencoba peruntungan sebagai penyanyi solo. Ia debut solo dengan merilis mini album perdana bertajuk (SMiLEY) pada 17 Januari 2022. Tak lama kemudian ia juga mengumumkan nama fandom resminya yaitu Jigumi.

7. Debut akting

Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina)

Choi Yena makin memantapkan namanya di industri hiburan Korea dengan merambah dunia akting. Ia berhasil debut sebagai pemain utama dalam drama The World of My 17 season 2. Yena mendapat peran sebagai Oh Na Ri.

8. Tersandung kontroversi lagu Hate Rodrigo

Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina)

Choi Yena menuai kecaman karena judul lagunya Hate Rodrigo yang masuk dalam album Hate XX dianggap tidak pantas. Judul lagunya dianggap membawa kesan negatif terhadap penyanyi Olivia Rodrigo. Kata hate dalam judulnya bahkan membuat hater Olivia Rodrigo ikut berkomentar.

Apalagi. Choi Yena menyematkan taggar #haterodrigo dalam postingan media sosial untuk promosi. Choi Yena mengaku lagunya untuk menunjukkan kekaguman dan bukan kebenciannya tapi banyak yang menilai caranya salah dan tidak tepat.

9. MV Hate Rodrigo dihapus YouTube

Fakta Choi Yena. (Instagram/yena.jigumina/oliviarodrigo)

MV Hate Rodrigo yang penuh kontroversi telah dihapus di YouTube. Hal ini karena adanya dugaan pelanggaran hak cipta dalam beberapa konten MV. Banyak yang menemukan kesamaan isi MV Hate Rodrigo dengan MV lagu berjudul deja vu milik Olivia Rodrigo.

Tak hanya MVnya, TikTok challenge Choi Yena juga sudah di take down. Bahkan banyak spekulasi muncul jika alasan dihapusnya MV tersebut karena permintaan dari pihak Olivia Rodrigo. Namun, spekulasi itu segera dibantah oleh Yuehua Entertainment, agensi Choi Yena.

Itu tadi sederet fakta Choi Yena yang sedang disorot karena lagu dan MV Hate Rodrigo.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More