Ahmad Dhani jadi tersangka ujaran kebencian (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Matamata.com - Ahmad Dhani baru saja ditetapkan sebagai tersangka ujaran kebencian dan pencemaran nama baik. Suami Mulan Jameela tersebut ditetapkan sebagai tersangka video yang diunggah di akun Instagramnya, pada Agustus 2018 lalu.

Kala itu, Ahmad Dhani yang sedang berada di Surabaya menyebut orang yang menghalanginya keluar dan melakukan deklarasi #2019GantiPresiden adalah orang idiot. Karena itu, Ahmad Dhani dijerat dengan pasal Pasal 27 ayat (3) UU ITE tentang pencemaran nama baik dan pasal 28 ayat 2 tentang ujaran kebencian.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung akan melayangkan surat panggilan kepada Ahmad Dhani sesegera mungkin.

Baca Juga:
Ahmad Dhani Tersangka, Postingan Terakhir Maia Estianty Disorot

''Pekan depan kami akan layangkan surat panggilan Ahmad Dhani dalam kapasitas tersangka,'' kata Frans Baru seperti apa yang dikutip dari Suara.com, pada Kamis (18/10/2018).

Selain Ahmad Dhani, sejumlah seleb juga pernah berurusan dengan polisi lantaran postingan mereka, bahkan hingga ditetapkan menjadi tersangka. Berikut ini 3 seleb yang bernasib sama seperti Ahmad Dhani, gara-gara postingan jadi tersangka:

1. Acho

Baca Juga:
Raisa Akan Vakum dari Dunia Musik

Acho. (Suara.com/Ismail)

Komika satu ini juga ditetapkan sebagai tersangka karena tuduhan pencemaran nama baik apartemen yang ia tinggali. Sebelumnya, Acho memosting keluhannya mengenai apartemen yang ia tinggali di blog pribadinya.

Meski menjadi seorang tersangka, Acho tak dikenai penahanan lantaran dalam pasal yang menjerat Acho tak memenuhi unsur penahan.

2. Augie Fantinus

Baca Juga:
Baru Nikah, Jo Jung Suk Dirumorkan Pacaran dengan Idol K-pop

Artis Augie Fantinus. (Suara.com/Ismail)

Aktor yang hobi main basket Augie Fantinus juga baru saja ditetapkan sebagai tersangka. Augie Fantinus ditetapkan jadi tersangka setelah menyebut polisi seorang calo tiket dalam postingan Instagramnya.

Karena video tersebut, Augie Fantinus pun ditetapkan sebagai tersangka pada Jumat (12/10/2018) lalu. Augie Fantinus dijerat dengan UU ITE pasal 27 ayat 3.

3. Lyra Virna

Baca Juga:
3 Seleb Ini Kehilangan Keluarga saat Berada di Bui

Lyra Virna. (Suara.com/Sumarni)

Artis Lyra Virna juga bernasib sama dengan Acho, karena curhatannya di media sosial ia ditetapkan sebagai tersangka. Semua itu bermula saat Lyra Virna curhat mengenai sebuah biro perjalanan haji dan umrah di akun Instagram pribadinya.

Karena postingannya tersebut, Lyra Virna dilaporkan oleh pemilik pada 19 Mei 2017. Karena laporan tersebut, polisi akhirnya menetapkan Lyra Virna sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik melalui ITE.

Lyra Virna melanggar Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE. Saat ini Lyra Virna masih dalam proses penyelidikan dan akan segera disidangkan.

Load More