Ibu Negara Iriana Joko Widodo - (Biro Setpres/Cahyo)

Matamata.com - Sejak Joko Widodo (Jokowi) dilantik menjadi Presiden RI pada Oktober 2014, sang istri, Iriana, otomatis menjadi ibu negara. Kini Iriana Jokowi telah lebih dari empat tahun menjabat sebagai Ibu Negara Indonesia.

Meski kedudukannya di Tanah Air sangat tinggi, Iriana tak pernah memperlihatkan sikap yang neko-neko. Wanita asal Surakarta atau Solo itu malah lekat dengan sifat sederhana.

Kesederhanaan Iriana kerap terabadikan melalui kamera wartawan saat ia mendampingi Presiden Jokowi bertugas.

Baca Juga:
Diejek Kalah dari Baim Wong, Deddy Corbuzier Ungkap Fakta Sebenarnya

Tak hanya itu, terkadang kesederhanaan Iriana juga tertangkap kamera masyarakat yang bertemu dengannya di tempat umum atau bahkan saat muncul di vlog putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Inilah lima buktinya:

1. Menyapu rumah

Iriana dalam video YouTube Kaesang - (YouTube/Kaesang)

Pada September 2017, Iriana muncul dalam video di kanal YouTube Kaesang. Dalam video tersebut, Kaesang sedang berbincang-bincang dengan kakaknya, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution, yang masih menjadi calon suami Kahiyang kala itu.

Baca Juga:
Komedian Nana Krip Meninggal Dunia

Lalu, ketika Iriana masuk ke sorotan kamera, Kahiyang, Kaesang, dan Bobby terpingkal-pingkal, sementara Iriana hanya tersenyum. Kemudian, saat ditawari Kaesang untuk lebih ke tengah, Iriana justru pergi sambil mengatakan, "Enggak, arep (mau, -red) nyapu dulu."

2. Menenteng minuman dalam plastik

Iriana menontong plastik minuman - (Instagram/@bahrun.najach)

Lini masa Twitter pernah digegerkan oleh potret sederhana Iriana saat menenteng minuman dalam plastik. Foto itu menghebohkan jejaring sosial pada Maret 2018.

Baca Juga:
Foto Ini Bikin Netizen Yakin Syahrini Akan Menikah dalam Waktu Dekat

3. Bonceng Jokowi naik sepeda motor

Iriana dan Jokowi berboncengan naik sepeda motor - (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)

Ketika mendampingi Jokowi berkunjung ke Agats, Asmat, Papua pada Februari 2018, Iriana tak keberatan bonceng sepeda motor yang dikendarai Jokowi. Foto yang memperlihatkan Jokowi mengalungkan noken itu juga sempat viral.

4. Menunggu delay pesawat

Baca Juga:
5 Potret Vernita Syabilla, Wanita Diduga Selingkuhan Richie Five Minutes

Ibu Negara Iriana menunggu delay pesawat - (Instagram/@lambe_turah)

Tak hanya selebritas, ibu negara juga pernah menjadi bahan perbincangan akun Instagram @lambe_turah. Dalam foto yang diunggah pada Desember 2018, Iriana terlihat duduk seorang diri.

Menurut keterangan yang disertakan, Iriana sedang menunggu delay pesawat selama tiga jam di bandara. Saat itu ibu tiga anak ini terlihat jauh dari pengawalan.

5. Menggendong cucu dengan jarit

Iriana menggendong cucunya, Sedah - (Instagram/@jokowi)

Pada Minggu (17/2/2019) lalu, Jokowi mengunggah foto Iriana sedang menggendong Sedah, putri Kahiyang dan Bobby. Dalam potret sederhana itu, terlihat Iriana mengenakan jaket jin dan menggendong cucunya menggunakan jarit, kain tradisional yang kini banyak digantikan oleh gendongan bayi yang lebih modern.

Load More