Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Gaya Busana Lebaran Keluarga SBY dari Masa ke Masa [Instagram/@aniyudhoyono]

Matamata.com - Ibu Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura. Tentu saja hal ini mengejutkan seluruh keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono, apalagi lebaran jelang hitungan hari lagi.

Dalam unggahan Annisa Pohan di akun Instagramnya @annisayudhoyono pada Minggu, 28 April 2019, menantu Ani Yudhoyono ini bercerita bahwa tiap tahunnya sang mertua selali menyiapkan kain-kain tradisional untuk momen spesial termasuk lebaran.

“Bahkan untuk lebaran tahun ini Memo sudah pesankan jauh hari sebelum beliau sakit, kain batiknya baru saja jadi dan segera kami jahit untuk nanti berlebaran di Singapore,” ujar Annisa.

Baca Juga:
Ani Yudhoyono Dimakamkan, Annisa Pohan Berterima Kasih Pada Pelayat

Annisa juga menjelaskan bahwa Ani Yudhoyono tak pernah absen memesankan kain atau baju di acara khusus keluarga SBY. “Sehingga kami sekeluarga bisa tampil spesial dan kompak dengan busana asli Indonesia.”

Suara.com pun merangkum busana lebaran yang dikenakan keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono atau kerap disapa SBY selama beberapa tahun terakhir berdasarkan unggahan Ani Yudhoyono dalam akun Instagramnya.

Baca Juga:
7 Kenangan Annisa Pohan dengan Ani Yudhoyono, Manis Banget!

1. Lebaran 2018

Gaya Busana Lebaran Keluarga SBY dari Masa ke Masa [ig@aniyudhoyono]

Pada lebaran tahun lalu, keluarga SBY kompak mengenakan seragam bertema biru dan ungu. Dalam foto yang diunggah @aniyudhoyono pada 15 Juni 2018, tampak Ani, Annisa Pohan, Amira dan Aliya Rajasa kompak mengenakan busana muslim long dress berlayer dengan payet bunga berwarna senada. Ketiganya juga mengenakan selendang panjang untuk menutupi kepala.

Begitu pula dengan SBY, Agus, Edhie dan kedua cucunya kompak menggynakan koko berwarna biru, kopyah hitam dan celana panjang hitam. Senyum manis merekah dari wajah mereka saat perayaan Idul Fitri 1439 Hijriyah lalu.

Baca Juga:
Annisa Pohan Minta Maaf Pada Sang Mertua: Seharusnya Bisa Lebih Baik Lagi!

Di foto ketiga, keluarga SBY menggunakan seragam bertema ungu. Kali ini, Ani sengaja memilih kain tradisional ikat untuk dijadikan rok yang dipadupadankan dengan brokat berwarna ungu untuk kedua menantu dan cucunya Amira. Begitu pula dengan SBY dan kedua anak lelakinya yang kompak menggunakan busana berwarna ungu dari kain tradisional.

Dalam unggahan ini, Ani menulis: "Setelah sebulan lamanya kita berpuasa di bulan yang mulia ini, hari kemenangan akhirnya tiba. Semoga Allah menerima amal dan puasa kita serta mengizinkan kita bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan. Saya dan keluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin."

2. Lebaran 2017

Gaya Busana Lebaran Keluarga SBY dari Masa ke Masa [ig@aniyudhoyono]

Di lebaran 2017, keluarga SBY kompak menggunakan seragam bertema ungu. Dalam foto yang diunggah Ani Yudhoyono pada 24 Juni 2017 lalu terlihat Ani dan kedua menantunya kompak dengan long dress berwarna ungu dengan detail sederhana di bagian tengah baju. Sementara untuk SBY dan kedua anak lelakinya kompak menggunakan koko dengan kombinasi warna ungu tua dan ungu muda dan celana panjang hitam. Menariknya lagi seragam ini juga berlaku bagi cucu-cucu mereka.

3. Lebaran 2016

Gaya Busana Lebaran Keluarga SBY dari Masa ke Masa [ig@aniyudhoyono]

Di lebaran 2016 ini, keluarga SBY kompak berlebaran dengan busana bertema hitam, abu kebiruan. Ani sendiri tampak menggunakan busana longdress dengan kombinasi warna hitam dan biru dengan kerudung hitam yang menutupi kepalanya. Sementara kedua menantunya, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa kompak mengenakan busana longdress benuansa hitam. Pun dengan Amira, buah hati Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan. Sementara SBY, Agus dan Ibas kompak mengenakan koko berwarna abu kebiruan yang dipadukan dengan celana panjang.

4. Lebaran 2015

Gaya Busana Lebaran Keluarga SBY dari Masa ke Masa [ig@aniyudhoyono]

Dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 2015 silam, keluarga SBy kompak mengenakan busana bernuansa hijau. Dalam foto yang diunggah Ani Yudhoyono pada 18 Juli 2015, tampak Ani, sang ibu, Aliya Rajasa dan Annisa Pohan mengenakan kebaya brokat setelan berwarna hijau. Sementara SBY, Agus, Ibas dan cucunya Airlangga kompak mengenakan kain batik berwarna senada.

5. Lebaran 2013

Gaya Busana Lebaran Keluarga SBY dari Masa ke Masa [ig@aniyudhoyono]

Di lebaran 2013, keluarga SBY kompak mengenakan busana bernuansa Jawa. Ani dan kedua menantunya serta sang cucu, Amira, kompak mengenakan busana kebaya berwarna oranye yang dipadupadankan dengan kain batik. Sementara SBY dan kedua putra serta cucunya, Airlangga juga menggunakan pakaian batik dengan motif senada. 

Suara.com/Firsta Nodia

Load More